Akun Shopee Dibekukan karena Dianggap Menyalahgunakan Promo Ongkos Kirim

Pada tanggal-tanggal tertentu Shopee mempromosikan gratis ongkir bahkan bisa sampai 10 kali dalam sehari. Namun anehnya malah akun saya dibekukan setelah saya gunakan berbelanja berbagai produk, alasannya karena saya dianggap menyalahgunakan ongkos kirim.

Sampai saat ini saya sudah menghubungi Tim Bantuan Shopee sebanyak tiga kali. Pertama mereka menyatakan bahwa akun saya tidak dapat dipulihkan, koin Shopee saya juga tidak lagi bisa digunakan, tapi ShopeePay saya yang bersaldo sekitar Rp140.000,- bisa diambil via aplikasi.

Namun kenyataannya saya sama sekali tidak bisa menarik ShopeePay ke akun bank yang terdaftar di aplikasi. Saya diharuskan memberikan data KTP sampai harus mencantumkan nama ibu kandung segala. Padahal itu seharusnya diwajibkan untuk nilai transaksi diatas satu juta, sedangkan transaksi saya hanya seratusan ribu. Apakah ini semacam jebakan? Karena pada waktu pembukaan akun melakukan transfer masuk ke akun ShopeePay dapat dilakukan dengan begitu mudah.

Lagipula di masa sekarang ini apakah ada jaminan keamanan bagi customer memberikan data KTP ke pihak e-commerce untuk terhindar dari penyalahgunaan? Sementara pihak Shopee sendiri sudah membekukan akun kita semena-mena.

Meskipun dengan keberatan tersebut, saya sudah mencoba berkali-kali verifikasi, tapi selalu gagal. Kedua dan ketiga kali, saya minta Tim Bantuan untuk mentransfer manual ke akun terdaftar, tapi mereka menolak dan menutup keluhan saya dengan tetap memaksa saya melakukan penarikan dana via aplikasi.

Berdasarkan pengalaman berbelanja di berbagai e-commerce, saya akui tim promosi Shopee paling bagus. Namun Tim Bantuannya sama sekali tidak bisa diandalkan, setiap ada komplain selalu memandang negatif terhadap customer.

Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya keluhan saya.

Muk Men
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:10    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

12 komentar untuk “Akun Shopee Dibekukan karena Dianggap Menyalahgunakan Promo Ongkos Kirim

  • 26 Januari 2021 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Gua kalo belanja di shopee itu terpaksa, soalnya pelit ongkir, harus pake shopeepay kalo mau dapet gratis ongkir.
    Beda sama bukalapak, mau bayar pake apapun, mau belanja dimanapun, tetap ada gratis ongkir minimal 8ribu

    8
    3
  • 26 Januari 2021 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Hari ini saya dihubungi Pihak Shopee via telephone untuk men-take down keluhan ini, saya juga diminta mengirimkan data rekening Bank via email dan meminta menunggu proses pencairannya selama 2 – 5 hari kerja, meskipun akun saya tidak dapat kembali setidaknya dana saya diShopeepay yang sudah dibekukan selama 537 hari bisa dikembalikan, tidak banyak memang namun sangat berarti.

    Terimakasih Media Konsumen yang selama ini telah menjembatani kami konsumen awam dengan e-commerce – e-commerce besar.

    • 27 Januari 2021 - (13:53 WIB)
      Permalink

      Kalau menurut saya, anda pasti punya akun lebih dari satu. Nama berbeda tapi alamat pengiriman sama. Dan anda termasuk orang yg sering memanfaatkan voucher Cashback. Kalau yg saya sebutkan benar, otomatis algoritma shopee mencium kecurangan. Saran saya, kalau dalam satu keluarga dalam satu rumah punya akun shopee lebih dari satu orang, maka tingkatkan akun ke premium, biasanya dg cara upload ktp dan foto selfie atau foto sambil pegang ktp, dan juga jangan sampai menggunakan nomer hp yg sama, maka algoritma shopee tidak akan mendeteksi kecurangan, karena sudah jelas orangnya berbeda. (Meskipun semua akun itu anda manfaatkan sendiri.)

  • 26 Januari 2021 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Sudah masuk, media konsumen, baru di respon, payah tim bantuan shoopee, ibarat bangkai sdh kecium dulu baumya, baru di bersihkan dan di kubur, bangkainya,

    7
    1
    • 26 Januari 2021 - (23:25 WIB)
      Permalink

      Sy jg heran, ada akun shopee sy yg tdk melanggar ketentuan, tp dibilang melanggar, tdk bisa belanja free ongkir wkt itu dgn melanggar kode F04 atau apalah lupa. Intinya kita mau belanja tp ga bs, bukannya fungsi voucher itu agar kita belanja, trus belanja berapa kalipun atau nominal berapapun bukan urusan siapapun, kok dr tim shopee ada yg larang. Akhirnya sy habiskan sisa shopeepay aja buat blanja snack dengan bayar ongkir, dikosongkan ga usa dipake lg.

      • 27 Januari 2021 - (01:07 WIB)
        Permalink

        F04 itu kl tidak salah anda punya lebih dari 1 akun dengan alamat yg sama. Atau anda dan anggota keluarga lainnya juga akun shopee dengan alamat yg sama. Itu tidak boleh. Di semua marketplace jg begitu, tdk percaya buktikan saja. Saya dan istri saya jg punya akun shopee, alamat sama jg error pas pakai free obgkir atau voucher lainnya, begitu alamat istri saya diganti ke alamat mertua semua juga normal smp skrng.

  • 27 Januari 2021 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Penyalahgunaan promo free ongkir itu gimana maksudnya gan? Bukannya tiap akun itu masing2 punya jatah buat klaim voucher free ongkir yg disediakan Shopee?

    • 27 Januari 2021 - (10:39 WIB)
      Permalink

      Iya benar, tp kalau punya 2 akun dengan alamat yg sama, atau ada orang lain atau sekeluarga dgn alamat yg sama itu masuk penyalahgunaan ongkir. Tdk cm di shopee, marketplace lain jg begitu kl tdk salah.

      • 27 Januari 2021 - (12:14 WIB)
        Permalink

        Selama ini di rumah saya ada beberapa orang, masing2 punya akun sendiri, yg menggunakan alamat pengiriman sama saat bertransaksi, baik di Shopee maupun di Toped. Aman2 aja sampai saat ini.

        Yang harus dipertegas itu adalah batasan objektif wajar atau tidaknya seperti apa. Bisa saja menurut kita penggunaannya masih wajar, tapi menurut sistem mereka sudah masuk kategori penyalahgunaan.

  • 27 Januari 2021 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Belanja di shopee
    Ongkir mahall gila …
    Angguran belanja pas ada gratis ongkir aja..
    Kadang jg ongkir sengaja di mahalin bilang nya gratis ee ujung2 nya mahall jg
    Pake Lazada jg ok
    Cod ok
    Ongkir nya masuk akal

  • 9 Februari 2021 - (14:36 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pemilik penjual sangat merasa kecewa pasa pihak Shope. Karna tidak sengaja melakukan penyahgunaan promo jadi 3 akun penjualan saya di blokir.
    Ada uang sekitar 40 juta lebih di dalamnya.
    Kronologi yg sangat saya sesalkan adalah pada tgl 4 bulan feb 2021 ini sore nya akun akun saya sudah tidak bisa bikin buka lagi. Lalu saya bertanya pada cs yg biasa menelfon saya,. “Kak ini akun saya kenapa ga bisa di buka kak, dan pesanan hari ini bagai mana kak. Di pendibg dulu atau ttp di kirim aja? Tanya aaya, lalu cs nya menjawab ttp di kirim saja kak. Dan terkirim lah semua pesanan peda hari itu. ” Setelah beberapa hari menunggu dan menelfon berulang kali ke cs nya tak ada tanda tanda akun penjualan saya di kembalikan. Bahakan sampai hari ini malah ada pesan lewat email kl uang saya di bekukan dan blm bisa di kembalikan.
    Lalu sekarang bagaiman adengan nasip saya yg punya tanggungan hutang dan bank yg harus di bayar, sedangakan akun untuk jualan di blokir serta uangnya nya di bekukan. Saya dan suami sayangat terpukul dengan hal ini.
    Saya mohon pada pihak shoppe agar uang saya segera di kembalikan.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dibekukan karena Dianggap Menyalahgunakan Promo Ongkos Kir…

oleh Muk Men dibaca dalam: 1 min
12