Rekening BRI Terblokir dan Saldo Minus Gara-gara Progam Bantuan UMKM yang Tidak Jelas

Saya adalah nasabah BRI yang terdaftar di Bank BRI Cabang Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Rekening BRI saya gunakan untuk transaksi jual beli online dan mencairkan profit saya dari investasi online serta trading.

Pada Hari Minggu tanggal 03 Januari 2021 kemarin, saya mendapatkan transfer dari salah satu customer jual beli online saya dari Bali. 1 jam kemudian saya ke ATM BRI untuk mengambil uang transferan tersebut. Ternyata di saldo rekening BRI saya malah tertera “minus” Sekitar Rp1.600.000.


Esoknya, pada Hari Senin tanggal 4 Januari 2021, saya datang ke BRI Cabang Desa Sekapuk untuk menanyakan keanehan di rekening saya tersebut. Setelah diperiksa oleh customer service BRI, rekening saya katanya TERBLOKIR karena mendapat bantuan UMK dari BPUM.

Anehnya, katanya bantuan itu belum bisa dicairkan karena belum jelas. Jadi harus menunggu konfirmasi dari BPUM, apakah saya jadi mendapat bantuan sehingga rekening saya bisa kembali dibuka dan uang bantuan tersebut bisa sekaligus dicairkan. Ataukah saya tidak jadi mendapatkan bantuan sehingga uang tersebut kembali balik ke pemerintah dan rekening saya baru kembali bisa dibuka blokirannya.

Masalahnya, kapan waktunya hal itu bisa dilakukan dan rekening BRI saya kembali bisa dipulihkan, customer service BRI tidak bisa memastikan. Saya hanya disuruh menunggu kabar dan pengaduan saya katanya sudah diajukan.

Setelah hampir lewat 1 bulan, masih belum ada juga laporan dari pihak customer service BRI dan saya cek ke ATM berkali kali ternyata rekening saya masih terblokir dan saldonya masih “minus”.

Saya tidak mempermasalahkan apakah jadi akan mendapat bantuan atau tidak. Sebab saya pun sudah cek berkali kali ke situs EFORM BPUM BRI, nomor KTP saya pun tidak terjatah sebagai penerima bantuan pemerintah. Yang saya inginkan agar rekening BRI saya tersebut secepatnya dipulihkan. Saya hanya pedagang kecil, penghasilan saya hanya bergantung dari jual beli online dan keluarga saya sehari hari menggantungkan hidup dari jual beli online saya itu. Terblokirnya rekening BRI saya, mempengaruhi omset jualan. Saya tidak punya rekening bank lain dan hanya punya rekening Bank BRI itu satu-satunya.

Selain itu, uang hasil profit investasi online dan trading, hanya bisa dicairkan melalui rekening bank yang sudah didaftarkan saja. Sedangkan rekening yang terdaftar, adalah satu satunya rekening BRI saya yang terblokir itu. Meskipun saya mendaftar rekening baru lagi dengan nama saya sendiri, pencairan ke rekening tetap tidak bisa dilakukan dan hanya bisa lewat rekening yang sudah di daftarkan sebelumnya saja. Itu memang peraturan dan kebijakan dari bisnis investasi online dan trading mata uang.

Pemblokiran rekening BRI saya ini sungguh terasa menjadi beban berat bagi perekonomian saya sekeluarga. Apalagi di musim wabah pandemi seperti sekarang. Karena itu saya mohon kepada pihak yang berwenang di BRI, agar sudi kiranya mendengar pengaduan wong cilik seperti kami dan secepatnya masalah ini diselesaikan.

Terima kasih.

Teddy Johan Prawiro
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

      • Sama pa saya juga dari majalengka seperti itu kasusnya,sampe 1 bln sekarang msh terblokir juga mana cuma punya 1 rekening BRI saja untuk transaksi online

        • Punya saya jg seperti itu tadinya ada saldo 350rb lebih sekarang menjadi -2.050.000, saya dari majalengka jg

    • Jika pengaduan saya di tanggapi secara serius, tolong konfirmasi ke nomer HP yang sudah saya sebutkan. Saya tentu saja tidak bisa membuka nomer rekening ke publik. Tanpa meminta kejelasan nomor rekening BRI saya itu untuk di tanggapi, bagaimana mungkin fihak contact BRI benar benar bisa menanggapi pengaduan saya?

    • Atm Sy jg sm di blokir ....
      Sy kecewa dan merasa di hambat usaha sy...
      Krena sy jg pedagang oline aktipitas transaksi jual beli sy di di atm. Di blokir ny atm sy dah 1 bln... usaha sy di atm jadi ga bisa...
      Tolong pihak bri beri kejelasan...

  • Anda akan mendapatkan bantuan UMK itu inisiatif Anda yang mendaftar atau didaftarkan? Tapi logikanya tetap nggak masuk di saya, kenapa harus diblokir, kecuali karena ada indikasi aktifitas ilegal.

    • Saya belum pernah mendaftarkan diri ke situs bantuan apapun. Saya tau jika rekening BRI saya yg terblokir akibat adanya transfer bantuan UMKM dari pemerintah, karena informasi yg diberikan oleh CS Bank BRI sewaktu saya melapor ke BRI terdekat. Dan kenapa juga uang bantuan tsb harus di kirim ke rekening saya, jika ternyata saya dinyatakan belum jelas mendapatkan bantuan atau tidak. Apakah dana bantuan itu keliru atau nyasar ke rekening saya hingga sampai perlu di blokir, itu juga tidak dijelaskan oleh fihak BRI. Yang jelas terblokir nya rekening BRI selama hampir 1 bulan tanpa kejelasan ini, bagi saya sebagai nasabah merasa di rugikan.

    • Dan memang salah satu hal yang membuat saya merasa sangat diperlakukan secara tidak adil adalah pemblokiran rekening secara se fihak oleh bank BRI tersebut. Menurut peraturan perbankan, hanya pelaku kejahatan yang boleh di blokir rekening nya secara se fihak. Saya bukan kriminal, bukan maling, bukan koruptor, tetapi tau tau rekening saya terblokir tanpa alasan yang jelas. Jika pun itu karena dana bantuan UMKM dari pemerintah, apabila nyasar ke rekening saya, bukan saya yang membuat kekeliruan tersebut. Jika memang saya bukan orang yang terdaftar sebagai penerima bantuan UMKM dari BPUM, lantas kenapa uang bantuan tersebut bisa keliru masuk ke rekening saya. Saya sebagai orang kecil malah merasa sangat di rugikan dengan masalah ini. Kekeliruan semacam ini mungkin dianggap sepele oleh orang orang berduit. Tapi bagi masyarakat wong cilik seperti kami, dampak nya bisa sebulan kesulitan mencari nafkah untuk menghidupi keluarga.

  • Memang konyol bank yang satu ini 😁 sama sekali nggak berminat jadi nasabahnya kalau nggak "terpaksa" sekali.

    • Iya mas. Saya juga merasa di rugikan dengan kejadian semacam ini. Sebenar nya banyak kasus keanehan rekening BRI yang saya alami. Tapi ini yang terparah. Customer atau nasabah seperti kami, merasa terabaikan dan mendapat pelayanan yang mengecewakan.

    • Rekening BRI saya sudah 4 kali ini tiba tiba minus tanpa sebab yang jelas. Tapi kali ini yang terparah. Sampai hampir 1 bulan belum dipulihkan juga. Dan kabar nya banyak juga nasabah BRI yang mengalami kasus aneh seperti yang saya alami.

  • Kasus sama malah keblokir 2,4.
    Uang nya mau di pake malah di blokir.
    Laporan ke bri,Bri gag ksh kepastian kapan buka blokir.
    Katanya dapet bantuan umkm
    Yg jadi pertanyaan kalo emang dapet bantuan kenapa harus pake blokir2 uang di rekening.
    Bantuan gag jelas

    • Iya, kasus pemblokiran di rekening saya juga alasan nya karena bantuan UMKM dari BPUM.
      Anehnya kalo memang ada bantuan kenapa sudah hampir 1 bulan tidak bisa di cairkan? Dan jika bantuan tsb tidak bisa diambil, kenapa rekening nasabah tidak segera dipulihkan?
      Respon fihak Bank seharusnya tidak berlarut larut seperti ini.

  • Sampai sekarang rekening BRI masih juga di blokir. Sudah terhitung 1 bulan terblokir sejak tanggal 03 Januari 2021.
    Respon dari BRI hanya disuruh bersabar karena masih dilakukan pencocokan data dg fihak BPUM.
    Sudah 1 bulan berlalu tapi persoalan nasabah tidak di tangani dengan cepat. Sungguh pelayanan yang sangat mengecewakan bagi saya pribadi. Rekening itu adalah alat untuk mencari nafkah via bisnis online.
    Dengan terblokir nya selama 1 bulan, saya sebagai nasabah merasa sangat di rugikan.

  • saya baru saja mengalami hal yg sama dengan pak johan,betapa sakit hatinya saya ketika saldo tiba tiba minus senilai 2,4 juta,padahal itu dana transfer untuk digunakan hal urgen,saya bela bela ujan ujanan dateng ke atm tp pas di sana uang yg sangat di harapkan itu lenyap bgtu saja,saya pernah mndapatkan bantuan umkm 3 bln yg lalu,tp setau saya itu dana hibah,bukan bank minjemin uang ke nasabah yg harus di bayar,saya merasa tidak ada keadilan di negri ini knp saya hnya pedagang kecil,tidak sehatusnya pihak bank tiba tiba memotong hak nasabah secara sepihak ,jika saja dari sebelumnya di informasikan akan adanya penarikan dana bantuan tersebut saya tidak minat untuk mencairkan dana tersebut sblumnya,,,Ya Allah sedih dan teroukul sekali saya saat ini😭

  • Sayajuga mengalami hal yang sama. Saldoku terblokir. Taunya saat mau kirim uang tp saldo tdk mencukupi.akunya jadi heran, ko bisa bgini padahal menurut saya saldo saya masih cukup untuk transakasi. Setelah sy ke BRI s3tempat katanya ada pembekuan dana karena perna mendapat blt umkm.nah blt umkm itu kan dana hiba dan kita juga tak perna minta atau daftar. Anehnya penerima blt umkm yang lain saldonya tak dibekukan. Pihak bank hanya berkata bahwa uang itu tdk akan hilang dr rekening hanya saja ada pembekuan dari kantor pusat, mungkin mereka belum memvalidasi data yang dikirim. Saya juga perna menghubungi call center BRI tapi tak ada respon. Nah sekarang pertanyaannya yang salah itu pihak nasabah atau pihak bank sih?? Lama2 jadi hilang kepercayaan pada bank BRI. Mungkin ada diantara tman2 yang tinggal ditempat adanya bank BRI pusat, tolong pertanyakan pada mereka. Saya tinggalnya dipelosok.

  • Secara umum sih bank BRI bagus dari bank yang lain karena bank BRI ada sampai dipelosok. Yang kurang serknya itu orangorang yang didalamnya. Pelayanannya tak maksimal ada yang hanya menipu nasabahnya garagara pinjaman. Kasian nasabah yang melakukan pengembalian dana pinjaman lewat rekening selalu potongannya melebih dari angsuran yang telah ditetapkan. Ada nasabah yang sadar akan hal ini dan mengajukan pengaduan hingga uang mereka dikembalikan, tapi ada juga nasabah yang tak tau kalaw hal itu terjadi.