Surat Pembaca

Rekening BRI Terblokir dan Saldo Minus Gara-gara Progam Bantuan UMKM yang Tidak Jelas

Saya adalah nasabah BRI yang terdaftar di Bank BRI Cabang Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Rekening BRI saya gunakan untuk transaksi jual beli online dan mencairkan profit saya dari investasi online serta trading.

Pada Hari Minggu tanggal 03 Januari 2021 kemarin, saya mendapatkan transfer dari salah satu customer jual beli online saya dari Bali. 1 jam kemudian saya ke ATM BRI untuk mengambil uang transferan tersebut. Ternyata di saldo rekening BRI saya malah tertera “minus” Sekitar Rp1.600.000.


Esoknya, pada Hari Senin tanggal 4 Januari 2021, saya datang ke BRI Cabang Desa Sekapuk untuk menanyakan keanehan di rekening saya tersebut. Setelah diperiksa oleh customer service BRI, rekening saya katanya TERBLOKIR karena mendapat bantuan UMK dari BPUM.

Anehnya, katanya bantuan itu belum bisa dicairkan karena belum jelas. Jadi harus menunggu konfirmasi dari BPUM, apakah saya jadi mendapat bantuan sehingga rekening saya bisa kembali dibuka dan uang bantuan tersebut bisa sekaligus dicairkan. Ataukah saya tidak jadi mendapatkan bantuan sehingga uang tersebut kembali balik ke pemerintah dan rekening saya baru kembali bisa dibuka blokirannya.

Masalahnya, kapan waktunya hal itu bisa dilakukan dan rekening BRI saya kembali bisa dipulihkan, customer service BRI tidak bisa memastikan. Saya hanya disuruh menunggu kabar dan pengaduan saya katanya sudah diajukan.

Setelah hampir lewat 1 bulan, masih belum ada juga laporan dari pihak customer service BRI dan saya cek ke ATM berkali kali ternyata rekening saya masih terblokir dan saldonya masih “minus”.

Saya tidak mempermasalahkan apakah jadi akan mendapat bantuan atau tidak. Sebab saya pun sudah cek berkali kali ke situs EFORM BPUM BRI, nomor KTP saya pun tidak terjatah sebagai penerima bantuan pemerintah. Yang saya inginkan agar rekening BRI saya tersebut secepatnya dipulihkan. Saya hanya pedagang kecil, penghasilan saya hanya bergantung dari jual beli online dan keluarga saya sehari hari menggantungkan hidup dari jual beli online saya itu. Terblokirnya rekening BRI saya, mempengaruhi omset jualan. Saya tidak punya rekening bank lain dan hanya punya rekening Bank BRI itu satu-satunya.

Selain itu, uang hasil profit investasi online dan trading, hanya bisa dicairkan melalui rekening bank yang sudah didaftarkan saja. Sedangkan rekening yang terdaftar, adalah satu satunya rekening BRI saya yang terblokir itu. Meskipun saya mendaftar rekening baru lagi dengan nama saya sendiri, pencairan ke rekening tetap tidak bisa dilakukan dan hanya bisa lewat rekening yang sudah di daftarkan sebelumnya saja. Itu memang peraturan dan kebijakan dari bisnis investasi online dan trading mata uang.

Pemblokiran rekening BRI saya ini sungguh terasa menjadi beban berat bagi perekonomian saya sekeluarga. Apalagi di musim wabah pandemi seperti sekarang. Karena itu saya mohon kepada pihak yang berwenang di BRI, agar sudi kiranya mendengar pengaduan wong cilik seperti kami dan secepatnya masalah ini diselesaikan.

Terima kasih.

Teddy Johan Prawiro
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga demikian merasa di kecewakan sama bank bri
    saudara saya yang mentransfer uangnya 3 j kepada saya juga di bekukan/atau hilang saldonya 2,4 j ,Setelah saya mendapat bantuan umkm 2,4 j.
    Padahal uang umkm 2,4 j yang saya dapatkan telah habis buat bayar hutang dan keperluan lainnya
    Otomatis uang saudara saya yang hilang menjadi tanggung jawab saya
    Dan saya pun berhutang lebih besar lagi
    Saya pun berkonsultasi kepada consumer bri
    Tetapi alasan uang saya yang di bekukan
    Itu karena saya mempunyai hutang dengan bank syariah
    Padahal menurut saya itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan masalah hutang saya
    Dan sampai sekarang tidak ada kejelasan
    Dari bank bri
    Saya merasa terbebani dengan hutang saya yang sekarang
    Karena saya hanya pedagang warung yang berjualan es dan makanan ringan yang keuntungannya tidak seberapa
    Intinya saya sangat kecewa dengan bank BRI

    • Saya juga mengalami hal serupa,,
      Saya kecewa sama kebijakan ini yang ahir nya menyusahkan,ATM saya minus sudah 7 bulan lebih,, uang transferan dari saudara saya pun gak bisa ke ambil akibat terbelokir sampai sekarang,saya udah berkali kali datang ke Kantor BRI cabang KARWANG,sampe lelah cari info berusaha pingin Rekening saya bisa aktif lagi gak di bokir kaya bgini.
      Saya sangat kecewa prihal seperti ini tidak ada solusi padahal saya tidak punya hutang ke bank mana pun,,
      Pihak bank pun tak bisa mengatasi ini,, walau kecil uang di rekening saya menurut pihak bank tapi sangat berarti untuk saya. ?

  • Sy jg alami yg sama bank BRI blokir sebagian dana tanpa ada pemberitahuan ke nasabah.. yg di blokir di rekening gaji padahal kami kredit usaha kecil di tawarkan BRI di rekening lainnya .. uang tersebut di pakai utk keperluan sehari hari tentu sangat menyusahkan... orang kecil di negara ini selalu di persulit hidupnya.. sdh hubungi bank pun prosesnya berbelit belit.. :'(