Surat Pembaca

Agen CS Smartfren Dendam Kepada Saya (Pelanggan) atau Agen CS-nya Tertidur?

Antara memang dendam sama saya atau cs-nya memang tertidur dalam WFH?

Awalnya memang mau beli paket khusus Netflix, di sana saya bingung disana tertera kata “booster”. Saya penasaran takut salah paket, lalu saya langsung menuju CS Live Chat Smartfren. Di sana saya bertemu CS Agen Raka.

 

 

Pukul 23:27 WITA, CS Raka tersebut mengatakan akan mengecek paketnya terlebih dahulu, Ok, “sambut saya.” 23:27 WITA.

Untungnya saya merekam kejadian tersebut, dan disana saya Ditinggal tidur sama Cs Raka selama setengah jam! Di ss atas sudah terlihat pukul 13.36 sekitar 9 menitan, dan sampai hampir 30 menitan!

Ini videony:  https://streamable.com/23rhug (video kadaluarsa sebulan, jadi saya simpan di wa jika diperlukan)

Cuma sampai 11 menitan, 13:38 WITA, dan tidak mungkin saya terus merekamnya sampai 30 menitan, yang ada berGgiga nanti videonya. Dan sampai-sampai saya lengah melewatkan survey Cs tersebut. Entah survey di mata Cs itu sepertinya berharga sekali, sampai-sampai saya ditelpon 4 kali untuk hanya menanyakan survei kenapa diberi bintang 1? Ya jelas bintang 1 urusan belum selesai sudah menanyakan survei.

Okelah ini  surveyi terlewat karena Cs tersebut langsung menutupnya dan saya lengah. Tak apa-apa yang penting bisa memviralkan di Media Konsumen, dan saya sangat berterima kasih kepada Media Konsumen, karena dengan begini para kualitas Cs Cs dimana pun itu agar ketahuan mana yang baik dan tidak sama sekali dan agar dapat mengevaluasi kualitas layanan mereka termasuk kualitas layanan mereka Smartfren ini Paling Buruk Sekali!

Cs dendam bisa jadi karena data-data pelanggan komplain sepertinya tercatat permanen saya tidak peduli itu, jika tidak itu, Cs ini tertidur! Coba bayangkan masalah ngecek paket itu paket Booster atau tidak sampai 30 menitan?? Maksudnya apa brother? Loe ngapain aja di rumah, kalau loe Cs Raka WFH sambil ya mungkin saja 30 menitan, apa Anda tidak tidur kemarin jadi Anda ketiduran saat WFH?

Ngecek paket setengah jam logikanya dimana pak bapak wkwkw sistemnya, primitifkah bapak Raka? 🙂 Dan masalah saya yang kemarin adalah deposit belum diterima dan harus viral dulu gak harus masuk tv sih, masuk berita begini saja sudah gimana gitu..Harus viral dulu baru dilakukan tugas nya, gak viral diem aja kayak gak ada beban seenak jidat santai tidur lagi.

Dan mohon maaf jika Cs. Deflin, Cs teman saya, bukan teman sih saya anggap dia teman di galeri sekota sebelum ada masalah deposit ya. karena saya juga kesal masa enak wkwk. Beliau berdalih bahwa dia Cs. Delfin yang ditugaskan untuk merefund daya saya kemarin, ada kesalahan di tiketnya bahwa, Cs. Delfin tersebut menaruh tiket nya di nomornya, bukan di new ticket trouble-nya.

Dan liat sendiri aja sodara, mas, tante dan hadirin sekalian. Saya tuh pelanggan setia Smartfren sebelum pandemi Cs nya bagus-bagus, dan lebih bagus dan responsif saat smartfren dengan MoJo nya: Smartfren Anti Lelet. Pas MoJo tersebut CS-CS-nya wuissshh cepat menangani permasalahaan apapun itu, sigap, cepat sesuai iklan MoJo-nya. Dan sekarang? Berbanding bukan 360 derajat lagi, tapi berbanding 9999999999999°. 🙂

(((Saya tahu ini pasti akan diedit oleh anda, dan saya berharap anda untuk mempublishkan aja agar mereka2 calon2 pelanggan akan pintar memilih operator apa yang di inginkan, saya tidak mau beribu bahkan jutaan orang yang kena beginian, cukup saya saja yang kena. )))

Saran saya kepada semua siapapun itu, masih banyak operator yang lain selain ini ya bahkan Cs2 mereka kecuali ini yang sangat bobrok. Mungkin saja anda menganggapnya ini hal yang tidak penting, ya betul karena anda belum merasakannya atau belum terkena/ belum menghadapi Cs Smartfren ini siapapun itu tidak akan bisa membantu anda kecuali anda akan mendengar ribuan kata “follow up”, kecuali diviralkan dulu baru mereka benar2 di follow up.

Jika saya menjadi Anda juga akan mengatakan ini cuma omong kosong. Dan lihat sendiri sudah, masalah sepele cek paket saja setengah jam tertidur masalah belum kelar bagaimana dengan masalah yang berat seperti deposit atau sinyal? Anda lapor sinyal beribu kali juga bodo amat tu Cs wkwk. I’m sorry to say, smartfren is totally scammer unless you’d make them viral.

Ingat penyesalan datang di akhir, di awal namanya pendaftaran.

Dari pelanggan setia “Smartfren Anti Lelet”. Sekarang really, so really good bye.

Iqbal Maulana
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Smartfren atas Surat Bapak Iqbal Maulana

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Iqbal Maulana di MediaKonsumen.com pada 2 Februari 2021 di kolom...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kirain kehilangan duit banyak gitu. Gak taunya cuma masalah gini doang di besar-besarin. Sia-sia banyak dari awal sampe akhir hahaha

    • Hahahaha ini berita akan langsung menuju ke penghilangan uang ya bozque, kayaknya tidak di baca semua di skip2 ya memang sepele hahaha sepele begini saja Cs buruk ini tidak dapat menyelesaikan, bagaimana masalah di atas sepele ini??. ?

  • Gw pikir rugi uang, ternyata cuma kaya gitu penulisannya berantakan pula ejaan "loe" loe" dan singkatan lainnya yang bikin ga enak dibaca sumpah ini clickbait sekali terimakasih mengambil 5 menit saya untuk membaca tulisan yang absurd ini ?

    • Hahahaha ini berita akan langsung menuju ke penghilangan uang ya jika apapun di sepelekan?. ?

      Hahaha saking kesel nya ngapain harus menggunakan bahasa yang benar kalau Cs nya lebih dari salah alias sudah bobrok. ?

  • Ayo keluar nak antek2 smartpret, cs2 smartpret dll. Monggo agar ke up terus?. Liat ya guys, masalah sepele begini aja di tinggal tidooorrrr, apalagi masalah sinyal apalagi teruntuk deposit? ngeri bozkeuu. ?

      • Oh fakta ya bosku..
        Masih sekolah kelas brp bosku?
        Apa lg nganggur?

        Tulisan ente yang bahasanya ga jelas & sulit dingertiin bisa bikin pengangguran tambah banyak bray..
        Sampe disini paham?

        • Kalau tidak di tulis makin banyak scammers dong bozkeuu, dan argumen anda tidak ada hubungannya sama thread ya bozkeuu
          Sampe disini paham?

          • Lah scammer.. LOL
            Ente blm jawab pertanyaan ane bos..

            Sekolah kelas berapa?
            Atau lagi nganggur?
            Belom pernah jd tulang punggung keluarga ya?

            Dilingkungan pasti lu ga punya temen ya?
            Soalnya kaya cepu bosku..

          • Ga bisa jawab yah bosku?
            Susah emg nanya sama bocil ep-ep..
            Cb liat2 yg komen bro.. Bukannya muji lu tp pada kesel ya sama lu..

            Kesian.. Padahal masih muda..
            Masa depan lu masih panjang bos..

  • BERITA GAK PENTING BANGET, YANG NULIS ARTIKEL MOHON BELAJAR BAHASA INDONESIA YANG BENAR TERLEBIH DULU.

    • Kalau gak penting kenapa berita di acc ya cil? Saya tidak berharap ini di acc sama sekali loh???...

      • Saya sebagai pembaca, saya berhak dok berkomentar. Saya hanya mengingatkan Karma is Real mas iqbal apabila anda menjelekan atau menjatuhkan kepribadian seseorang dalam pekerjaannya, kedepannya anda bisa saja merasakannya. :)

        • Saya bertanya kepada Cs. Raka, lalu dia diam selama hampir 30 menit. Itu sopan saya tanya?

        • Nge cek paket, adek saya yang masih kecil aja tidak sampai 3 menit wajar dia masih kecil, lah ini sistem sudah ada, tinggal ngecek doang loh itu booster apa tidak. "Iya" atau "tidak", tapi dia diam 30 menit kalau tidak tidur saat WFH, ngapain? Dan saya tidak ada bentak dia "saya diam", saya Tidak ada mengatakan "woy kok lama anj*ng". Saya diemin ya saya cuma liat kualitasnya aja. Oh seperti ini. Biar smart people yang menilainya. ?

      • Jadi pengen nulis jg ttg kekecewaan gw sama media konsumen yg publish tulisan gak jelas kaya gini..

  • Belajar nulis dulu tong , baru bikin aduan yg bener. Pusing bgt baca nya, sepele pula permasalahan nya rugi nya anda di mana ? apa anda kena tipu ? Sekolah yg benar dulu.

    • Kualitas pelayanan adalah hal yang di janjikan produsen, jika kualitas seperti itu, biarkan smart people yang menilainya. Saya hanya menyampaikan suatu kejadian yang saya benar-benar saya alami bozkeuu. ?

  • Kalo bisa saya simpulkan.
    Sodara kita dek Iqbal ini mau beli paket netfilx. Entah sudah dibeli atau belum karena tidak dijelaskan secara eksplisit. Dek Iqbal ini berinisiatif menghubungi CS Raka. Nah yang saya bingung dek Iqbal ini meminta CS Raka untuk memeriksa paket yang sudah dibeli atau memeriksa paket yang akan dibeli.
    Tetapi kemungkinan dek iqbal ini emosi karena di tinggal selama 30 menit oleh CS.
    Yang saya tanyakan apakah Smartfren punya app buat mengecek sendiri paket nggak? Kalo ada mungkin dengan simple google search bisa menemukan penjelasan terkait paket yang sudah dibeli.
    Contoh:
    httpss://www.smartfren.com/id/explore/news/smartfren-luncurkan-booster-unlimited-dengan-harga-mulai-rp2-000

    Selanjutnya mungkin dek Iqbal emosi setelah di tinggal tidur setengah jam karena paket yang dia beli tidak sesuai dengan yang diinginkan. (Pengen murah kuota wah, ternyata salah beli) akhirnya dia minta retur data. Atau retur deposit. Dst. Nah proses retur mungkin di arahkan ke CS lokal yang ada di kota Dek Iqbal. CS lokal pun pasti mikir apaan sih ini. Jadi nggak di proses malah disimpan di kontak hape nya. (Sesuai dengan keterangan dek Iqbal)
    Sampai sini mungkin jelas yah. Karena belakang dari artikel ini dia hanya marah-marah saja. Terimakasih.

    • Wah belajar fitnah dari mana om cs?, pengen murah kuota wah apaan lagi om? Ini mah kaga nyambung dari thread ya om, retur data apaan om, thread ini hanya menyampaikan pelayanan customer service kepada pelanggan dengan bertanya saja apa itu khusus booster atau tidak. Bukan retur ini retur itu?.

      Cari di google lebih cepat? Ok benar juga, tapi kegunaan live chat itu untuk apa ya kalau ada google. ?
      Seharus nya tu Cs akan lebih tau juga tanpa mikir panjang, dengan menjawab "iya" atau "tidak" atau dengan membagikan link tersebut kepada saya dan cs tersebut memilih diam atau ngapain sekitar hampir setengah jam-an?, bukan begitu??. ?

      Customer Service mana sih yang biarin customernya diam hampir setengah Jam-an coba mana kalau ga... ?