Uang di Tabungan BritAma Saya Hilang 52 Juta Rupiah Lebih

Dear BRI dan Media Konsumen,

Melalui media ini saya ingin menceritakan kronologi uang di tabungan BRI yang hilang dalam sekejap dan nominalnya sangat besar. Berikut kronolginya:

Tanggal 10 Januari 2021 pukul 21.44 ada notifikasi SMS yang masuk ke HP saya atas nama yang tertera di HP adalah BRI-NOTIF. SMSnya berisi telah terjadi transaksi TopUP BRIVA sebesar Rp49.900.000. Semenit kemudian, lebih tepatnya 21.45 ada notifikasi SMS lagi dengan isi terjadi penarikan tunai sebesar Rp2.500.000.

Karena saya tahu telah terjadi transaksi yang tidak dilakukan oleh saya (karena kartu ATM dan buku tabungan ada di saya), saya segera blokir kartu saya melalui line telepon Call Center BRI dan nomor pelaporan saya: 32856320.

Tanggal 11 Januari 2021 saya mendatangi kantor cabang BRI di Kota Wisata untuk print rekening koran. Jawaban dari pihak call center BRI maupun kantor cabang adalah saya harus menunggu 20 hari kerja, tanpa ada kepastian dari BRI bahwa uang saya akan kembali.

Setiap minggu saya selalu mencari update terbaru mengenai pelaporan saya ini. Namun jawaban dari call center BRI atau WA Sabrina BRI selalu menjawab sedang dalam proses penyelesaian.

Tiba di tanggal 5 Februari 2021 kemarin, 20 hari setelah saya menunggu, saya menghubungi Call Center BRI, tapi jawabannya kami harus menunggu lagi sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Yang membuat saya semakin kecewa adalah jawaban call center BRI ketika saya telepon, responnya tidak baik.

Uang ini akan dipakai untuk biaya berobat dan pihak Call Center BRI hanya meresopon dengan kalimat: “Oh untuk berobat, baik, akan kami sampaikan untuk dipercepat prosesnya”. Saya meminta bukti kepada pihak Call Center bahwa pelaporan saya dinaikkan statusnya menjadi “dipercepat”, tapi mereka tidak bisa dan tidak lama setelah saya telepon, masuk notifikasi SMS ke nomor hp saya yang berisi jika kasus pelaporan belum selesai dan minta waktu lagi.

Tolong Kepada BRI untuk dapat segera menindaklanjuti kasus saya ini. Jumlah uang yang hilang itu sangat besar dan ingin digunakan untuk berobat. Sampai kapan saya harus menunggu tanpa kepastian dan tanpa penjelasan resmi dari BRI kasus pelaporan ini sudah sampai tahap mana.

Terima kasih.

Nico Theodorus Simamora
Citeureup, Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

34 komentar untuk “Uang di Tabungan BritAma Saya Hilang 52 Juta Rupiah Lebih

    • 11 Februari 2021 - (08:48 WIB)
      Permalink

      Ditunggu responds BRI saya liat ada konsumen BRI juga yg hilang uangnya 90jtan dan kejadian yg sama bisa dikembalikan oleh BRI dalam tempo 25 hr kerja…. ada di media konsumen juga…

        • 17 Februari 2021 - (15:20 WIB)
          Permalink

          Cabang Citeureup mas..sama persis kejadiannya sm Aliran dananya jd pasti pelaku sama semoga pihak BRI bs segera menyelesaikan, saya jg butuh uangnya buat berobat jd ngutang dl deh…

          • 17 Februari 2021 - (16:13 WIB)
            Permalink

            Soal nya saya terakhir ngambil sebelum kejadian di bri cabang nya tgl 17 desember 2020 maka nya aneh

          • 20 Februari 2021 - (13:07 WIB)
            Permalink

            Gmn bang nico Udah ada kabar belum dari bank bri masalah saya belum ada kabar nh dari bank bri

    • 22 Februari 2021 - (10:34 WIB)
      Permalink

      Ditunggu pengembalian yang saya yg hilang karena skimming, BRI saya percaya bisa segera menyelesaikan masalah ini…

    • 22 Februari 2021 - (10:37 WIB)
      Permalink

      Saya tidak pernah menginformasikan atau memberikan informasi perbankan saya kepada oranglain dan tetap saja bisa hilang….kan tujuan ditabung karena Bank memberikan jaminan perlindungan pada uangnya nasabahnya, jadi ditunggu tgg jwb BRI untuk pengembalian uang saya yg hilang…

  • 7 Februari 2021 - (10:27 WIB)
    Permalink

    walah , gimana ini bank. masa uang nasabahnya hilang terus.
    mending bank nya tutup sementara dulu deh. perbaiki dulu sistem keamanannya.
    cari orang IT security nya yang mahal dikit, jangan yg fresh graduate atau anak magang.

    7
    1
    • 7 Februari 2021 - (16:02 WIB)
      Permalink

      BRI sering banget kasus uang hilang. Masih ada yg berani simpen di BRI? Kemungkinan kembali ada tapi kan tetep aja was2. Makan ga enak, tidur ga tenang, harus buat pelaporan berulang-ulang habis waktu, tenaga, pulsa. Uang kembali berbulan-bulan, kalau lagi butuh gimana? Buat berobat, buat bayar kredit yg kalau telat kena denda apakah pihak BRI mau ganti rugi? Permintaan maaf aja ga ada.

  • 7 Februari 2021 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Sama kejadianya sama dengan saya pak hilang pada tanggal yg sama 10 januari 2021 jam 21:57 ada 3x transaksi total nominal nya 45.300.000 belum ada jawaban malah harus menunggu perpanjangan waktu proses penyelesaian

    3
    1
    • 8 Februari 2021 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Sama2 di Bogor yah gan? Berarti ATM daerah situ gak aman, ada yg dipasangin alat skimmer. Coba cek apakah yg agan juga dipake buat top up ke virtual account yg sama. Jangan2 pelakunya orang yg sama.

        • 8 Februari 2021 - (10:28 WIB)
          Permalink

          Tulis aja di sini nomor VA BRIVA nya gan, biar jelas itu uang mengalirnya ke mana. Karena virtual account bisa untuk top up e-money seperti Gopay, OVO, dll, bisa juga buat pembayaran ke marketplace seperti Shopee, Toped, dll, atau bisa juga dilarikan buat top up bitcoin seperti kasus di atas.

          • 17 Februari 2021 - (15:10 WIB)
            Permalink

            : Transaksi TopUp BRIVA126132072912782089ATM KIEMAS Rp. 40.300.000 10/01/21 21:57:43

  • 7 Februari 2021 - (17:15 WIB)
    Permalink

    sebelah hilang 40jt++ anda 50jt++
    sebaiknya klo dah selesai dan uang kembali,
    cepatan tutup rekening dan pindahin ke bank lain

  • 7 Februari 2021 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Atm nya masih magnetic kah? Segera minta ganti ke chip. Kemungkinan itu lewat skimming, data2 nya bisa diambil. Tp gmn caranya ya bisa ttansaksi mbanking, sms banking? Kl cm transfer atm atau ambil atm itu sudah biasa.

  • 7 Februari 2021 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Waduhh BRI lagi, Bank satu ini benar2 yaa sistem keamanan nya lemah rentan di bobol oleh oknum tidak bertanggung jawab. Mirip seperti yang terjadi di Akun Akulaku…

  • 7 Februari 2021 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Sepertinya kena skimming kartu ATM-nya. Uangnya dilarikan buat beli bitcoin sama si pembobolnya. BRI Ngeri…

  • 8 Februari 2021 - (04:00 WIB)
    Permalink

    Sering banget ya BRI, warga jadi bosen baca pengaduan tentang BRI, kayanya gak ada perbaikan, ada apakah gerangan? Hmmmm

  • 8 Februari 2021 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Kalau diliat trx nya si kayanya skimming atau penggandaam kartu atm. Kalau skimming masih ada harapan besar bakal kembali uangnya kecuali bapa infoin otp no kartu sama cvc. Itu mah gausah diharapin kembali.

    Saran si kalau misalnya uangnya udh kembali baiknya tutup rekening aja. Khawatirnya nanti ngalamin hal yg sama. Kalau kaya gitu kan berarti kemungkinannya mesin atm yg dipake ngga aman ga ada pengecekan berkala dari teknisi mesin atm nya.

    • 8 Februari 2021 - (10:57 WIB)
      Permalink

      Susah buat kembali.
      Walaupun itu skimming.
      Uang suami saja yang dari bulan Juli 2020 sampai saat ini tidak kembali.
      139 juta.sudah pernah tulis di media konsumen juga,tapi tetap saja.
      Kejadian nya persis seperti kasus ini.
      Mbanking dan di transfer ke Briva.
      BRI memang payah

      • 8 Februari 2021 - (16:54 WIB)
        Permalink

        Kirain saya udah kelar mbak tri ternyata belom ya..kasus nya masih proses apa udah dapet sms kasus ditutup dari BRI nya

      • 17 Maret 2021 - (13:51 WIB)
        Permalink

        Puji Tuhan BRI sudah mengembalikan semua Uang saya yang telah diambil oleh pihak tidak bertanggung jawab pada tanggal 5 Maret 2021.
        Semua Uang dikembalikan oleh BRI sesuai nominal yang diambil.

        Yang saya lakukan : Follow up via WA Resmi BRI, Tlp CS BRI mengatakan kepada mereka Saya butuh Uang ini utk Berobat (memang akan dipakai utk Berobat dan pihak CS menginfokan menaikan status laporan saya menjadi Urgent) lalu saya mendatangi kantor cabang utama dan langsung menemui kepala Cabang nya. Kepala Cabang yang langsung menelepon dan follow up ke kantor pusat.
        Tidak lama berselang, Uang dikembalikan dengan Notifkasi via sms ke no HP saya.

  • 11 Februari 2021 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Korban skimming lagi. Sebagai sesama nasabah BRI, saya sarankan untuk tidak menggunakan kartu debit (ATM) untuk tarik tunai, lebih baik gunakan penarikan tanpa kartu, lebih aman dari aksi skimming. Saya sendiri tidak berani menaruh duit banyak di rekening BRI karena khawatir hal serupa bisa menimpa saya.

  • 22 Februari 2021 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Mana ini tanggapan dari pihak BRI, sudah 30 hr kerja semenjak laporan uang hilang saya tp belum ada pengembalian…jangan BRI menjanjikan penyelesaian 20hr kerja klo ngak bisa menepati…ditunggu pengembalian Dana saya oleh BRI…

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Akun Bank BRI?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Uang di Tabungan BritAma Saya Hilang 52 Juta Rupiah Lebih

oleh Nico dibaca dalam: 1 menit
34