Surat Pembaca

Kecewa Cara Penagihan Shopee PayLater yang Baru Telat Sehari

Semangat pagi.

Perkenalkan saya Dita Priska, pemilik akun Shopee dengan id Depriska (member Platinum)

Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada Shopee karna banyak membantu, satu satunya aplikasi olshop yang saya gunakan dan tidak pernah berpaling ke aplikasi olshop lain. Saya pembeli juga penjual di Shopee. Shopee mudah sekali digunakan dan dipahami oleh saya cara penggunaannya.

Tapi bulan ini saya kecewa sekali dengan pihak Shopee. Bulan ini saya mengalami kendala telat pembayaran Shopee PayLater dikarenakan saya pindahan rumah sehingga dananya terpakai. Pada hari jatuh tempo saya langsung menghubungi CS onlinenya bernama Asi dan menjelaskan kenapa saya telat membayar.

Saya juga berjanji untuk membayar di minggu depan karna saya juga terkendala kartu ATM saya kedaluwarsa jadi saya harus ke bank dulu (kebetulan itu hari Sabtu). CS Asi merespon sangat baik juga memaklumi kendala saya dan saya mulai tenang.

Pada hari Minggunya saya dapet telepon berkali-kali. Karena saya punya anak bayi, saya baru bisa angkat telepon sekitar pukul 14.00 WIB, ternyata dari Shopee, namanya ALFA. Dia menagih pembayaran Shopee PayLater. Saya jelaskan lagi kenapa saya belum membayar, dan karena itu hari Minggu saya berjanji membayar hari Senin/Selasa. Ternyata mbak-mbak Shopee yang namanya Alfa ini nyolot.

Dia bilang bahwa saya melakukan transaksi pembayaran mandiri tanpa Shopee Paylater. Ya saya jawab bahwa itu pesanan customer saya, jadi saya bayar transfer dan transaksi itu sebelum jatuh tempo PayLater. Ada hal lain yang paling menyakitkan ketika dia bertanya saya karyawan atau wiraswasta? Saya jawab karyawan tetap. Lalu dia bilang “Nah ibu kan karyawan perusahaan kan? Harusnya ibu tahu dong aturan perusahaan itu gimana? Shopee juga punya aturan yang harus ibu patuhi sedangkan ibu ada pembayaran mandiri tidak melalui PayLater, pokoknya saya tunggu ya bu hari Senin jam 12″, langsung ditutup teleponnya.

Ya ampuuunnn.. dengan nada agak tinggi dan menurut saya tidak sopan, saya shock dan hanya terdiam. Padahal biasanya kalau saya dapet telepon dari pihak Shopee, ramah-ramah banget CS-nya. Selalu mengucapkan salam di awal dan di akhir, apa karena telat membayar lantas begitu cara bicaranya?

Mohon maaf saya juga sebelum bekerja di posisi ini pernah ada di posisi CS, dan saya diajari bagaimana BERBICARA kepada klien.

Okey poinnya, saya tahu saya salah, tapi saya nggak kabur dari tanggung jawab. Toh di hari jatuh tempo, saya chat online ke CS atas nama Asi dan sekarang lagi pandemi, bukannya ada larangan menagih secara kasar yaaa? Atau aturannya nggak dibaca oleh Mba Alfa???

Saya nulis di sini karena saya kecewa bangetttttt. Saya pengguna setia Shopee untuk semua fitur, tapi ini balasan buat saya? Kalau tanpa saya atau pengguna Shopee lainnya, Mbak Alfa dan teman-temannya mau digaji pake apa? Setidaknya saya baru telat SEHARI yaaaaaaaa dan SUDAH lunas saya bayar beserta DENDANYA.

Setelah kejadian ini saya memutuskan untuk tidak menggunakan ShopeePay lagi atau fitur apapun di Shopee. Saya kecewa, saya kapok. Ini nomer telepon yang digunakan oleh Mbak Alfa – 0889 65905**

Salam dari pengguna Shopee.

Depriska
0812951505**
Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Tidak perlu kecewa banget, itu hal biasa saja, namanya juga ngutang pasti ditagih. Dari cerita diatas, penagihannya juga gak kasar-kasar amat, itu masih normal. Soal tersinggung atau tidak dengan cara penagihan mereka, itu tergantung pribadi masing-masing, mereka juga bekerja, ada target yang harus diselesaikan.

    Spaylater juga sebuah fasilitas utang untuk membayar transaksi di Shopee, dimana repayment bisa dilakukan secara full payment atau cicilan, sesuai tanggal jatuh tempo yang dipilih, telat sehari saja sudah dianggap wanprestasi.

    Menggunakan Spaylater mirip dengan kartu kredit, sebagai pengganti uang tunai, dimana nasabah harus memiliki sumber keuangan yang pasti untuk membayar kembali pada saat jatuh tempo, tidak peduli dalam situasi apapun, mau pendemi, mau lahiran atau pindahan.

    Sorry, saya bukan orang Shopee atau DC Spaylater, cuma sekedar opini, mohon maaf jika tidak berkenan. ?

  • telat sehari dari jatuh tempo.. ceritanya ada yang janggal,
    infonya anda mengechat CS shopee Asi di tanggal jatuh tempo (sabtu)

    kemudian di hari minggu nya, anda dapat telpon dari CS Alfa, dan berjanji membayar senin.

    terus anda bayar di hari senin.. bukan nya telat 2 hari ya itu?

  • "SPayLater merupakan produk layanan pinjaman yang disediakan oleh:

    Pihak penyelenggara pinjaman yaitu PT Lentera Dana Nusantara, berupa cicilan 1x/Beli Sekarang Bayar Nanti.

    Perusahaan pembiayaan PT Commerce Finance, berupa cicilan 2x, 3x, 6x, dan 12x.

    PT Lentera Dana Nusantara dan PT Commerce Finance diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

    Anda hanya bisa mengaktifkan SPayLater melalui aplikasi Shopee. Pengajuan aktivasi SPayLater akan diperiksa oleh tim terkait dalam 2x24 jam. Per 4 Februari 2021, setelah SPayLater berhasil diaktivasi, Anda dapat memilih tanggal jatuh tempo yang tersedia yaitu pada tanggal 5 dan 25 setiap bulannya"

    beda perusahaan antara Shopee dan SPayLater. Dan SPayLater juga berbeda dengan Shopeepay.
    jadi wajar jika CS shopee dirasakan "sopan" sdeangkan yang menagih adalah CS SPayLater yang dirasakan "nyolot:

  • Saya pake spinjam dah 2 bln,dan ga prnh telat,nah tagihan k 3 saya telat 2 hari dmn jatuh tempo tgl 5,tagihan awalnya 517rb krn telat per harinya denda 25rb,lalu saat sya mw byr kok tagihan sya jd 1.060rb,sya kaget lah,apa bs sya byr tagihan yg telat nya beserta denda nya,jngn d gabung dngn tagihan yg bru akan dtng,kira" gmn tuh

    • kak, waktu telat 2 hari gitu pihak penagihan langsung hubungi keluar kondar ga kak? karena yg saya baca katanya penagihan shopee kejam-kejam..

  • hi Mba, mau tanya apakah dalam 1 hari telat dari jatuh tempo itu, penagihan langsung menghubungi keluar kondar mba?

  • Cara penagihan shopelayer terlalu berlebihan ,
    Saya pelanggan setia ,
    Biasanya gak pernah telat ,bayar lebih awal terus tapi ini kejadian telat karna kendala gaji belum cair cair ...
    Kita sadar kena denda 5% gak masalah saya enggak keberatan masih mampu bayar .
    Cuman telat 1hari ,2 hari ditelpon kayak dikejar harimau , bolak balik bunyi
    Walaupun sudah diangkat kita beri alasannya dijelaskan saya mundur bayarnya karna gajinya cair diawal bulan ,
    Tanggapannya seakan Bicaranya gak mau tau ,
    "tolong Bu ya dibayar hari ini ,hari ini Mulu ...
    Trus saya cicil duit seadanya ...
    Esok hari Masih saja ditelpon berkali kali kyak dikejar macan kembali 👹...
    Percuma saja kita ngomong alasan dan menjelaskan ,tiada guna ...
    Ketika saya laporan shope cs gakpapa bulan ini saya kena denda 5% tapi apa bisa Saya minta perubahan tanggal jatuh tempo dibulan depan ganti tanggal karna gaji cairnya sekarang di awal bulan?
    Jawabanya adalah tidak bisa

    Kebayang galaknya telat sehari duahari ditelpon terus ,
    Kok gak telat 1 bulan barulah ketat ketir gak dibayar barulah telpon penagihan🤣