Surat Pembaca

Lazada Belum Membayar Hasil Penjualan Seller

Dear Lazada,

Saya bergabung menjadi seller di Lazada sejak tahun 2020. Saya ada kendala, karena sampai sekarang saya belum bisa menarik/menerima saldo hasil penjualan saya. Sampai hari ini saya sudah 4 kali membuat laporan via livechat di aplikasi seller centre Lazada. Saking tidak tahu saya harus mengadu ke mana, karena dari Lazada belum memberikan solusi sampai saat saya menulis surat ini.

Pada tanggal 18 Januari 2021, saya mencoba mengubah data rekening pada seller centre LAZADA, yang sebelumnya atas nama anak saya, menjadi nama saya. Setelah mengubah data rekening, saya coba konfirmasi ke layanan live chat LAZADA, dan kata admin live chat Lazada, saya tidak bisa merubah data rekening dengan nama yang berbeda. Sehingga saya pun tidak jadi untuk mengubah data rekening.

Kemudian pada tanggal 27/01/2021 saya komplain ke LAZADA via live chat untuk menanyakan pembayaran saya di periode 18/01/2021 s.d. 24/01/2021 yang belum masuk ke rekening. Lalu saya menerima email dari LAZADA yang berisi: Pembayaran untuk period 26-01-2021 (nomor rekening 157032****, nama penerima An*** V*****) ditolak oleh Citibank karena rincian informasi bank yang salah. Harap perbaharui rincian bank yang benar di Seller Center untuk menghindari pembayaran yang gagal di periode berikutnya.

Kemudian saya menanyakan kembali perihal pembayaran melalui live chat LAZADA, dan tanggapan dari Lazada bahwa saya harus menunggu maksimal sampai pukul 23:59. Ternyata sampai besok nya saya masih belum menerima pembayaran saya. Kemudian saya coba menanyakan kembali via live chat, saya bilang kepada admin live chat LAZADA kalau memang pengajuan perubahan rekening saya ditolak, tolong transfer saja ke rekening sebelumnya, atas nama anak saya. Tanggapan dari LAZADA bahwa pembayaran akan saya terima pada hari Selasa berikutnya tanggal 02/02/2021.

Setelah menunggu sampai tanggal 2 Februari 2021 ternyata pembayaran saya masih belum bisa saya terima. Kemudian saya coba menanyakan lagi via live chat LAZADA, alhasil jawaban dari pihak Lazada masih tetap tidak membantu, saya masih disuruh menunggu sampai maksimal hari Rabu tanggal 3 Februari jam 23:59. Ternyata di tanggal 4 Februari 2021 saya cek masih belum ada pembayaran dari LAZADA. Saya kembali menanyakan via live chat lagi, karena saya coba telpon ke nomor call centre LAZADA tidak bisa dihubungi. Saya bingung harus kemana lagi saya mengadu.

Sampai hari ini saya menulis surat ini, pembayaran saya masih belum saya terima, entah saya harus mengadu ke siapa. Saya coba chat ke live chat LAZADA supaya bisa menghubungi saya via telpon, tapi jawaban admin live chat-nya bilang tidak bisa.

Saya mohon dibantu dengan sangat, uang saya Rp26 juta masih belum bisa cair, dan saya sudah tidak ada modal untuk jualan lagi, sehingga toko saya sementara saya tutup.

Mohon dibantu Bapak/Ibu, terima kasih.

Sholtan Mohamad Fikri
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Lazada atas Surat Pembaca Bapak Fikri

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 10 Februari 2021, mengenai “Lazada Belum Membayar Hasil Penjualan Seller”,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Maaf saya awam soal cara pembayaran lazada ke seller
    Jadi sistem lazada itu bayarnya per periode ya bukan per uang masuk??
    Kalo e-commerce lain kalo uang masuk langsung bisa ditarik ke rekening

    • Biasanya sih seminggu sekali tiap hari selasa, jd total penjualan dari minggu lalu di bayar selasa depan begitu, dan kalo untuk pengubahan nomer rekening setauku emang agak ribet dan malah bikin delay waktu pembayaran nya krn prosesnya itu loh memakan waktu yg lbih lama belom lagi kalo gagal.

      • Saya sebagai seller juga merasakan hal yg sama pembayaran ke seller sangat berbelit belit, katanya Selasa terus paling lambat Rabu eh ketemu Selasa lagi Rabu lagi hati" uang seller pastinya dipakai sama lazada kalau jujur bayar uang seller sesuai hak nya jgn alasan ini itu potong sana sini benar benar kurang ajar ini aplikasi

  • hi k aku cuman mau berbagi pengalaman aja ya karena pernah mengalami kejadian yg sama. setau aku karena ada perubahan (atau pengajuan perubahan data) maka system akan me-verifikasi ulang untuk memastikan tidak ada kejanggalan atau kesalahan pada saat pembayaran, mungkin untuk keamanan kita juga ya atau mungkin karena tim finance kerjanya lambat aku juga ngga tau :P anyway.. karena aku tau betapa stressnya berhadapan dengan cs / robo call, apalagi duitnya kita butuh banget, menurut aku kasih waktu 30 - 90 hari, ditunggu aja sambil kontak2 live chat 3 hari sekali untuk minta bantuan follow up. setau aku lagi nih, belum ada sih yg sampai duitnya ngga dibayarkan sama sekali (kalo ada angkat tangan ya :)) cuman ya itu lambaaatt.. semoga info ini membantumu agak tenang yaa

    • iya kak, alhamdulillah pihak LAZADA ada telpon, katanya sih selasa depan tgl 16/02/2021 akan di bayarkan, kemarin emg saya melakukan perubahan data bank, mudah2 an tgl 16 cair, saya tunggu aja......makasih kak masukan nya. :)

  • Saya juga ada toko yang di blokir lalu uang di tahan terus tidak di bayarkan sampai sekarang sudah 6 bulan saya sudah live chat dan akan di bayarakn pada 14 desember tepat nya di hari selasa tapi pas di cek di rekening malah tidak masuk lalu saya tanyakan lagi kata nya tidak bisa di proses pembayaran kan jadi informasi dari lazada tidak akurat dan mohon pihak lazada bayarkan uang saya yang di tahan Atas nama TOKO LEE HONG

  • saya juga punya pengalaman buruk jualan di lazada, toko di nonaktifkan sepihak olah lazada tanpa bisa memberikan bukti-bukti pelanggaran yg di maksud dan penjualan setelah periode penonaktifan akun saya tidak diakui/hilang. saran saya pemerintah atau lembaga-lembaga perlindungan konsumen lebih intensif melakukan follow up terhadap permasalahan yg berhubungan dengan perusahaan ecommerce sehingga permasalahan yg merugikan penjual kecil bisa terselesaikan dan kasus serupa tidak terjadi lagi. pengennya jualan biar bisa kembang dapat untung eh malah buntung