Surat Pembaca

Mediator Shopee Memenangkan Pembeli Nakal dan Merugikan Penjual

Saya sebagai seller di Shopee merasa keputusan mediasi dari Shopee atas nomor pengajuan pengembalian 210204132943420 tidak fair. Pembeli mengajukan pengembalian barang, karena barang yang diterima tidak lengkap. Padahal saya sebagai penjual mengirim paket sesuai dengan pesanan. Malah saya tambah bonus gantungan kunci dan masker karena rasa terima kasih saya kepada pembeli yang sudah memborong jualan saya. Berikut ini kronologinya:

Pembeli melakukan pengembalian barang dengan nomor pengajuan: 210204132943420. Dari awal saya sudah curiga dengan bukti foto paket yang dia unggah, karena berbeda dengan foto bukti paket dari saya.

Setelah beberapa kali terjadi diskusi saya dengan pembeli, tetapi belum diajukan ke mediator Shopee, saya mengunggah bukti foto yang saya punya. Selang beberapa menit, pembeli membatalkan pengajuan tsb. Mungkin karena merasa bukti dari dia berbeda dengan saya dan dia merasa tidak akan menang kali ini.

Kemudian pembeli mengajukan pengembalian baru dengan nomor 210204150043220 dan mengunggah bukti foto yang berbeda dengan pengajuan pertama tadi. Dalam nomor pengajuan ini, pembeli terlihat me-repack ulang paket sedemikian rupa sehingga menyerupai paket dari saya yang saya unggah di nomor pengajuan sebelumnya.

 

Saya tidak tahu bukti-bukti seperti apa yang diunggah pembeli nakal ini sehingga bisa memenangkan pengajuan ini. Kekurangan saya adalah tidak punya bukti video pengemasan barang. Namun seharusnya dari foto bukti kedua belah pihak sudah bisa membuktikan siapa yang berniat jahat.

FYI, pembeli adalah pengguna baru, foto profil tidak ada dan nama akun terkesan asal. Namun sebelumnya saya tidak terlalu memperhatikan hal tsb.

Nafik Nuryanti
Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya penjual di shopee, alami hal yang sama dengan kakak. Nama pembelinya cendana128, video unboxing katanya uda diberikan ke tim untuk NONTON bareng mereka aja, kongkalikong? Mungkin. Kesimpulan sifat pembeli yang saya liat: arogan, curang, hanya merusak dagangan orang aja terus dibalikin. Karena dari awal chat uda tidak beres. Saran saya untuk semua penjual online di seluruh dunia, pembeli yang tidak beres dari awal tolak aja, kalo perlu diblokir jadi kita ga perlu susah2 balas chat daripada retur dak jelas. Trus 2 kali ajuan, pertama shopee menangkan penjual, eh ajuan kedua shopee menangkan pembeli karena nonton bareng itu, padahal foto ada bekas blur di resi indikasi kena air mungkin ujan dari ekspedisi. Saya merasa ekspedisi yang salah, tp apalah pendapat kita, ekspedisi tidak akan dibebankan untuk produk rusak. Yg saya tanyakan ke shopee tadi hanya siapa nama orang yang tangani kasus saya, jadi saya ga perlu repot2 untuk join diskusi, karena dia uda pintar sendiri. Trus 1 hal lagi kenapa ajukan masalah ke shopee, penjual harus masukkan alamat pengembalian dulu baru bisa klik pengajuan? Alhasil saya minta tuliskan di paker returnya untuk kurir aja, mungkin lebih membutuhkan produknya.

    • saya Juga mendapat Kasus yang sama, FYI nama pengguna tersebut : galerimbahsan . sebaiknya di report untuk teman2 seller karena pengguna tersebut juga berjualan disana dan sudah ada Review dari Seller lain dan di block saja. hati2.
      saat ini saya bingung mau di ajukan atau tidak karena kredibilitas Mediator Shopee yang meragukan

    • lah ini sama kaya pembeli yg minta retur karna lingkar dada ga sesuai deskripsi kata dia, katanya cuma 80cm pas barang balik dan saya ukur ternyata 90cm seperti di deskripsi. si pembeli arogan, nyinyir. selalu ngatain saya penipu, toko fiktif, benalu shopee dll. sakit pokoknya.

  • sudah jelas kasat mata begitu masih memenangkan klaim penipu??
    itu CS shopee kalau bukan IDIOT ya pasti komplotan si penipu deh.. oooohh... makanya koq ada yg bilang lagi marak terjadi, bisa jadi memang permainan oknum orang dalam tuh..

  • Update informasi :
    Pada tgl 15 Feb 2021, saya telah menerima saldo penjual ke akun saya sesuai yang sudah disepakati antara saya dengan team shopee. Saya nyatakan masalah ini sudah selesai. Dengan adanya keluhan yg saya tulis ini semoga menjadi pembelajaran untuk kita semua, mohon pembaca bijak untuk mengambil hal baiknya dan buang yg tidak baik.

    Saya ucapkan terimakasih kepada media konsumen, teman2 yg membaca/ memberikan komentar di artikel ini, tak lupa team shopee yg telah membantu untuk menyelesaikan masalah ini.

    Ps:
    Untuk pembeli yg bersangkutan dengan masalah ini krn di shopee anda sudah saya block, apabila anda membaca artikel ini (karena sy pernah share link artikel ini & anda tau). Saya sampaikan bahwa kapas yg anda kirim sudah saya terima. Saya minta izin untuk sedekahkan kapas itu ke org yg membutuhkan krn itu bukan hak saya. Terlepas anda menipu atau tidak, semoga sedekah kapas tsb bernilai pahala untuk anda.

  • Sy barusan jg kena buyer scam, barangsdh terima tp ngaku belum. SaatJNE sedang investigasi, shopee malah memutuskan batang hilang dan refund. Bbrphr kmudian JNE beri info bila barang konfirm sdh di terima dgn baik oleh buyer dan sy ditunjukkin bukti WA antara JNE dgn buyer. Sysdh komplain ke shopee dan minta dana sy di ganti full bila gk maka sy akan posting di media konsumen

  • Pada hari inii saya juga merasa dirugikan atas pengembalian barang dari pembeli curang namun hasil keputusan dimenenagkan oleh pembeli.

  • sma dgn kasus saya , pembeli sdh trima barang rokok yg saya jual , mereka beli 2item diakun satu trus beli lg 2 item di produk berbeda, saya jual rokok mild50 dan djarum 50 tp dgn alasan pembeli, alasan 2 batang rokok katanya basah dan alasan di 2 akun itu sama dan ternyata pembeli ini 1 nama 2 akun dialamat yg sama, padahal saya juga minta bukti foto kepembeli klo memang basah knp hanya 2batang yg di foto, padahal saya juga minta bukti smua rokok yg basah itu saya suruh buka smua klo memang basah kita tanggung jwb, tp memang pembeli ini pemain dan tau aturan main dan dimenang kan oleh pembeli, tetep saya minta pengembalian barang ke pihak shopee, malah dr shopee enak saja pencairan dana kepembeli tanpa ada opengiriman barang kan enak malingnya sdh dpt duit dan barang, tetep hrs kita kejar aja biar gak kurang ajar shopee ama penjual

  • saya juga mengalami kasus yg hampir sama. Pembeli ini --> https://shopee.co.id/shop/252915/
    Membeli Tas yg saya jual seharga 800rb, kemudian menukar tas dengan tas 100rb an. saat return barang sampai ke saya, sudah saya lampirkan foto stok barang saya dengan barang yg di return pembeli secara detail. beda semua sisi barangnya...namun pihak mediator shopee ga peduli. kahirnya saya rugi 800rb.
    Sekedar indfo..ini buyer nya https://shopee.co.id/shop/252915/ (Buat kakak - kakak hati hati kalau orang ini belanja)

  • kasus kita sama
    Buat kk yang jualan barang-barang harga tinggi di shopee…hati hati dengan buyer ini –> https://shopee.co.id/shop/252915/
    modus dia membeli barang-barang harga mahal….lalu merekayasa video unboxing paket seolah olah seller salah kirim produk dan minta return. ketika barang return kita terima..barang sudah di ganti dia dengan barang murahan. saya sudah menjadi korban orang ini…dan rugi jutaan rupiah. jadi buat kk seller di shoppe hati hati kalau orang ini belanja.
    ini data alamat waktu belanja di toko saya :
    Nina Nur Isnaryana, 088242136*** – 085241909***
    Jalan Kandea 3 Tepi Kanal No.32a, Baraya, Bontoala, KOTA MAKASSAR, BONTOALA, SULAWESI SELATAN, ID, 90153