Pembelian Paket Nelpon Telkomsel yang Gagal, Berujung Pulsa Terpotong

Dear Media Konsumen,

Saya adalah pengguna Telkomsel dari tahun 2008 di nomor 08129934**2, dan ingin menyampaikan keluhan terkait aktivasi “Paket Nelpon” dari Telkomsel. Pada tanggal 10 Februari 2021 pukul 00.05, ketika saya melakukan pembelian Paket Nelpon 2.000 menit Telkomsel dan 100 menit all operator sebulan seharga Rp60 ribu, muncul pesan “error payment” dengan menggunakan credit/pulsa di MyTelkomsel. Setelah saya tunggu sekitar 5 menit dan mencobanya lagi, masih juga muncul error yang sama.

Setelah gagal melalui MyTelkomsel, saya melakukan aktivasi melalui *999# sebanyak 2 kali dan muncul error message “Jaringan bermasalah, mohon dicoba lagi kembali”. Setelah saya biarkan selama 20 menit, mendadak masuk SMS yang isinya “Paket telepon berhasil diaktifkan”. Setelah itu selang 5 menit berikutnya masuk lagi SMS yang kedua, selang 10 menit berikutnya masuk lagi SMS yang ketiga, isinya sama “Selamat paket nelpon berhasil diaktifkan”. Lalu masuk lagi SMS yang keempat yang isinya “Sisa pulsa tidak mencukupi”. Setelah itu saya melakukan pengecekan di MyTelkomsel, sisa pulsa saya sisa Rp35 ribuan dari sebelumnya Rp210 ribu.


Keanehan muncul pada pukul 00.05, sebelumnya saya mendapatkan bukti pesan dari 5111 yang isinya “Maaf, transaksi pembelian gagal dengan kode referensi i17787be97733403200021664196d3Saa1980e0100” dan setelah saya cek di histori MyTelkomsel pembelian dengan kode referensi tersebut dinyatakan berhasil (capture terlampir).

Saya sudah menelepon ke 188 dan sudah dibuatkan laporan pada tanggal 10 Februari 2021 sekitar pukul 01.35 dan dijanjikan akan dikonfirmasi oleh pihak IT telkomsel secara langsung dalam 4 hari kerja. Namun besoknya saya cek laporan sudah ditutup tanpa ada follow up dari tim IT Telkomsel.

Melalui surat pembaca ini saya berharap agar pihak Telkomsel mau mengembalikan pulsa saya yang didebet sebanyak 3x tersebut, sebesar Rp180 ribu, karena transaksi tersebut statusnya adalah error payment dan ada bukti tertulis dari sistem Telkomsel sendiri, yang mana isinya transaksi pembelian gagal.

Fredi
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Fredi

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 11 Februari 2021 oleh Bapak Fredi mengenai pembelian paket nelpon Telkomsel yang...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Pembelian Paket Nelpon Telkomsel yang Gagal, Berujung Pulsa Terpotong

  • 11 Februari 2021 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Dulu saya mengalami kejadian yg sama, saya menelpon ke CS saya malah disalahkan, karena menurut prosedur mereka transaksi gagal atau pending wajib menunggu 1×24 jam sebelum dicoba transaksi selanjutnya. Saya tanya logis tidak aturan seperti itu, jawab CS sudah ketentuan dari pusat Pak, saya tidak tahu. Intinya jangan berharap bisa kembali itu pulsa. Perusahaan plat merah begitulah, berlindung dibalik aturan birokrasi.

  • 27 Juli 2021 - (07:57 WIB)
    Permalink

    sama seperti kasus bahwa kartu offline dapat melakukan pembelian paket tampa request dari user. Sangat jelas ini ada indikasi KUAT bahwa jaringan mereka sedang di RETAS/SADAP/HACK. sistemnya seperti sulit di kontrol. bahkan internal team meraka tak mengetahu itu dengan alasan sudah seperti itu. Dan mereka tak dapat mengauditnya. Jelas hal ini VATALITY jika sistem dapat di retas oleh oknum atau kelompok tertentu.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pembelian Paket Nelpon Telkomsel yang Gagal, Berujung Pulsa Terpotong…

oleh Fredi Huang dibaca dalam: 1 menit
3