Surat Pembaca

PRUaccident Guard Plus dari Prudential UOB

Pada bulan Februari 2020 lalu, saya ditelepon oleh marketing prudential UOB menawarkan polis asuransi prudential yang sebenarnya sedikit memaksa sehingga saya mengiyakan untuk mengambil polis asuransi tersebut

Pada saat itu saya sudah menanyakan kepada marketing tersebut apa yang terjadi jika saya mau tutup kartu , katanya tidak ada masalah, bisa ditutup kapan saja, dan dana dikembalikan walaupun tidak full (sedang saya pastikan dengan pihak Prudential untuk mendengarkan rekaman pembicaraan pada saat itu).

Bulan ini Kartu Kredit UOB menagih iuran tahunan kepada saya, kemudian saya ingin menutup kartu kredit tersebut, tetapi oleh CS UOB diinfokan harus menutup polis asuransi terlebih dahulu dan tidak ada pilihan lain untuk menghapus iuran tahunan selain poin, sementara poin saya tidak mencukupi (memang saya jarang sekali menggunakan kartu kredit ini)

Saya telah menggunakan kartu kredit UOB minimal sejak 2017 (tagihan di email saya ada yang bulan Juni 2017) dan selalu mendapatkan penghapusan iuran tahunan setiap tahunnya, baru kali ini tidak bisa dihapus

Kemudian saya menelepon CS Prudential untuk menutup polis tersebut dan menanyakan dana yang sudah saya tabung, saya bisa tarik berapa kalau ditutup polisnya. Tapi ternyata oleh pihak CS Prudential menyatakan bahwa saya tidak mendapat dana sama sekali jika ingin menutup polis tersebut. Saya juga menawarkan untuk tukar dengan bank lain selain UOB karena saya ingin tutup kartu kreditnya tapi tetap tidak bisa. Jadi saya seperti terjebak dengan Prudential UOB ini.

Jika saya mau tutup maka saya harus kehilangan semua dana yang telah saya berikan kepada Prudential selama 1 tahun belakangan (tidak dapat dikembalikan 1 rupiah pun). Atau jika tidak mau tutup dan tidak mau kehilangan dana tersebut maka saya DIPAKSA untuk membayar iuran tahunan yang biasanya diberikan penghapusan sebelum saya setuju untuk ikut PRUaccident guard plus dari Prudential – UOB.

Saya merasa sangat dirugikan dalam hal ini, belum lagi jika tahun depan saya harus membayar iuran tahunan lagi sedangkan kartunya saya juga jarang sekali memakainya. Saran dari saya berhati-hatilah menerima tawaran asuransi dari bank supaya jangan terjebak seperti saya. Saya sangat membutuhkan saran solusi untuk masalah ini

Terima kasih.

Jeffrey Rusli
Bekasi. Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank UOB Indonesia atas Surat Bapak Jeffrey Rusli

Dengan hormat, Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Jeffrey Rusli yang dimuat dalam rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com tertanggal 14...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Setahu saya pembayaran tahun pertama ikut asuransi akan digunakan untuk 100% biaya. Jadi tidak akan ada dana yg menjadi investasi.
    Dan anda mengikuti asuransi pada saat pandemi begini menurut saya bukan keputusan yg baik. Saya amati di berbagai sosial media ada banyak sekali komplain klaim asuransi yg sengaja diulur-ulur atau bahkan ditolak dengan berbagai alasan tidak masuk akal. Bahkan ada beberapa nasabah asuransi yg terkena covid mau pakai asuransi tidak bisa alasannya ada penyakit bawaan yg tidak sesuai kriteria. Menyedihkan sekali membaca kasus-kasus mereka.

    Perusahaan asuransi menurut saya pada masa-masa sekarang ini lebih mengutamakan profit dan downline agen mereka, bukan melayani nasabah/klien.

    Dalam kasus anda, bahkan pembayaran anda gunakan kartu kredit. Ini ibarat terperosok dalam lumpur hidup. Yg satu menarik semakin dalam, yg satu lagi enggan menyelamatkan.
    Semoga ada harapan jalan keluar yg terbaik. Saran saya relakan saja dana tahun pertama. Lebih baik segera ditutup sebelum terperosok semakin dalam.

    • terima kasih pak untuk komen nya, informasi dari CS prudential program "PRUaccident Guard Plus dari Prudential UOB” tidak dapat diambil sama sekali dananya sebelom 5 tahun, jika mau di ambil maka nasabah tidak mendapat dana sama sekali

      semoga ada jalan keluar untuk masalah ini

      • @Jeffrey Rusli

        Apakah PRUaccident Guard Plus merupakan produk Unit Link? Apabila memang produk Unit Link, uang yang kembali bisa kurang atau lebih.

        Apa itu Unit Link? Bisa Pak Jeffrey google sendiri.

  • Saran saya, jgn ikut produk apapun dari CC jika mengharap free iuran tahunan.
    Karena jika ikut semisal program yg bapak ikut ini atau cicilan 1 tahun atau lebih, atau program lainnya, saat iuran tahunan keluar maka ada kemungkinan tidak bs di free kan tanpa syarat, karena bpk terikat produk2 mereka (kecuali ada perjanjian jika ikut produk mereka, maka akan di free kan annual fee nya dan jika memang spt itu harus minta nomor pelaporan).

    Jika memang sudah terlanjur sebaiknya sebelum annual fee keluar, segera bereskan semua pendingan. Saya sendiri punya CC UOB yang tagihan iuran tahunan ditagihkan di awal bulan Feb ini dan bisa dihapuskan tanpa syarat.

    • terima kasih pak untuk comment nya, saya selama ini juga bisa mendapatkan iuran tahunan free,

      dengan hal ini bukti semakin jelas bahwa apa yang disampaikan CS UOB bertolak belakang dengan FAKTA yang sebenar nya dimana saat di telp CS UOB menyampaikan kepada saya bahwa program penghapusan iuran tahunan tahun lalu memang ada, tetepi tahun ini tidak ada program penghapusan iuran tahunan

      tapi ternyata memang tidak ada program penghapusan iuran tahunan UNTUK NASABAH YANG TERJEBAK dengan program "PRUaccident Guard Plus dari Prudential UOB"

      saran untuk yang lain nya jg yang belom terjebak agar jangan pernah ikut produk apapun dari CC jika mengharap free iuran tahunan

    • Tetapi seingat saya, saya sudah sampaikan juga hal ini kepada pihak marketing yang menawarkan produk “PRUaccident Guard Plus dari Prudential UOB” ini, saya menyatakan bahwa saya tidak mau ikut program ini karena bisa saja saya tidak akan mendapatkan free iuran tahunan di tahun berikut nya, tetapi oleh marketing, saya di buat percaya bahwa ikutan produk ini tidak akan membuat saya tidak mendapatkan free iuran tahunan tentu saja dengan sangat memaksa , ternyata hanya jebakan , terima kasih UOB dan Prudential yang telah membuat saya terjebak untuk membayar iuran tahunan 1,3 juta setiap tahun nya

      saya sudah memakai kartu kredit belasan tahun , selalu dapet free iuran tahunan, hati2 kepada yang belum terjebak , jangan sampai terjebak seperti saya

  • @Jeffrey Rusli
    Jika masih bisa komen, karena sekarang sudah lewat 2 tahun lebih..
    Saya penasaran solusi nya.. karena sedang merasakan hal yang sama, apakah akhirnya ditawarkan free annual fee oleh pihak UOB?