Proses Mudah Pengembalian Dana di Tokopedia atas Barang yang Dinyatakan Rusak

Terima kasih Tokopedia, SiCepat dan pihak-pihak yang terkait atas kerjasamanya. Pada tanggal 19 Januari 2021 saya melakukan transaksi pembelian di salah satu toko online. Tanggal 21 Januari 2021 saya coba tracking (Note: Broken). Saya langsung menghubungi pihak penjual untuk dibantu konfirmasi ke pihak kurir.

Konfirmasi dari pihak kurir, barang tetap akan dilakukan pengantaran dan disarankan untuk merekam/video saat unboxing, serta barang tersebut diserahkan kembali ke pihak kurir untuk keperluan investigasi.

Tanggal 23 Januari 2021 barang dalam pengantaran dan saya terima barang dalam kondisi rusak total, lalu saya ikuti apa yang sudah disarankan dari pihak kurir.

Tanggal 1 Februari 2021, pihak kurir menginformasikan, agar saya menghubungi marketplace terkait dan dibantu dengan bukti invoice (INV/20210119/XXI/I/730310163). Akhirnya saya menghubungi marketplace Tokopedia dengan mengunggah beberapa bukti pendukung dan ternyata tanggapan/arahan – arahan TIM Tokopedia sangat membantu sekali.

Tanggal 12 Februari 2021, TIM Tokopedia mengkonfirmasi bahwa klaim barang rusak telah disetujui pihak asuransi. Tanggal 14 Februari 2021, pengembalian dana/refund sudah masuk di saldo akun Tokopedia senilai full harga barang dan ongkos kirim.

Terima kasih atas kerjasamanya, MANTAB!! 🙏👍

Siti Patimah
Jetis, Bantul

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Hai Kak, guna kami bantu pengecekan lebih lanjut mohon infokan nomor invoice yang berkendala ya :)

  • tangal 20 januari 2021 sy melakukan pembelian hp melalui tokopedia, tetapi barang tersebut sampai dengan batas waktu penerimaan tidak sampai ke tangan saya dan telah dinyatakan hilang oleh gerai si cepat. sampai dengan hari ini tanggal 15 februari 2021 proses pengembalian dana ke limit cc sy belum ada, dan hari ini saya cek bank terkait mengenai total pengembalian hanya sebesar Rp.181.440 padahal total belanja saya sebesar Rp 20.499.000 dengan total pembayaran Rp.22.252.644 karena ada tambahan biaya layanan program cicilan. mohon dibantu untuk segera proses pengembalian dana ke limit cc sy.

  • @mimien
    Sebelumnya sudah menghubungi (PUSAT BANTUAN)
    TOKOPEDIA CARE belum kak?

    Jika belum di segera di hubungi kak, biar di arahin proses2 nya 🙏

  • Hal ini juga yang sedang saya alami dengan Tokopedia.
    Saya menerima barang rusak pada 14 Agustus 2021, mengajukan komplain ke seller and Tokopedia. Pada 28 Agustus Tokopedia Care sudah konfirm bahwa ini akan diuruskan lebih lanjut dan claim pada asuransi yg terkait dengan pengembalian dana paling lambat ke CC saya pada 23 September. Namun sampai hari ini, 9 Oktober, saya belum menerima sama sekali . Pada tgl 4 Oktober saya sudah memfollow up ke Tokopedia Care namun jawab CS nya sudah dilimpahkan ke Tim Investigasi.
    Saya sangat kecewa dengan service dari Tokopedia, komplainnya langsung ditutup pada tgl 28 Agustus lalu namun sampai sekarang tidak ada bukti penyelesaiannya.
    Bila Tokopedia Care membaca keluhan ini, tolong diselesaikan secepatnya terkait Transaksi dengan Invoice no : INV/20210812/MPL/1494663113.