Surat Pembaca

Kewajiban Mengganti PIN ATM Bank BNI Setiap 6 Bulan

Halo, perkenalkan nama saya Muntasir, pelanggan setia Bank BNI sejak 2012. Nomor rekening: 02759953** dan kartu ATM: 526422081555****. Saya ingin menceritakan hal saya alami sekaligus saran untuk Bank BNI.

Selama kurang lebih 1-2 bulan ini saya tidak pernah tarik tunai melalui ATM BNI karena setiap mau tarik tunai di ATM, muncul pesan “Transaksi tidak dikenal”. Karena saya malas ke kantor cabang, yang menurut saya membuang waktu, jadi saya mengakalinya dengan mengunakan mobile banking, lalu transfer ke akun bank saya lainnya, kemudian tarik tunai. Itu saya lakukan setiap kali mau transaksi atau pindahin dana dari BNI ke bank lain, karena kebetulan BNI jadi jadi akun penerima gaji saya.

Nah kebetulan juga tadi saya lupa password transaksi mobile banking, dan ketika klik lupa password susah masuk OTP-nya. Akhirnya saya berinisiatif untuk telepon ke call center BNI. Setelah menunggu sekitar 5 menit, barulah dapat tersambung ke CS-nya. Saya utarakan masalahnya kalau mobile banking saya terblokir dan sudah diberi solusi untuk mengganti internet yang digunakan jangan pakai WiFi, dan coba berkala. Okelah nanti saya lakukan.

Nah sekalian saya tanya untuk kartu ATM saya kenapa gak bisa taransaksi. Lalu saya disuruh menunggu untuk dicek. Setelah dicek, CS memberikan informasi bahwa kartu ATM saya sudah 6 bulan tidak diganti PIN, makanya tidak bisa dipakai.

Yang saya sesalkan, kenapa harus ganti setiap 6 bulan? Dijawab itu untuk keamanan. Nah yang saya ingin kasih saran sekaligus juga sebagai keluhan, seharusnya jika begitu di ATM keterangannya “Anda Tidak Dapat Transaksi Karena ATM Anda Belum Ganti PIN” gitu, bukannya malah “Transaksi tidak dikenal”, kan saya bingung kalau begitu. Saya saran juga agar tidak mewajibkan ubah PIN setiap 6 bulan, pusing nginget PIN, kan gak cuma punya Bank BNI aja harus inget PIN yang lain.

Terima kasih Media Konsumen.

Muntasir
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BNI atas Surat Bapak Muntasir

Menanggapi surat Bapak Muntasir di www.mediakonsumen.com pada tanggal 22 Februari 2021 berjudul “Kewajiban Mengganti PIN ATM Bank BNI Setiap 6...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Betul. Saya jg merasakan. Sampai harus tulis di buku biar ingat. Bank lain ga gt. Harusnya bni yg mempekuat sistem keamanan mereka. Sampai lupa sendiri pin di bni mobile.

    • Masukan maaf
      Jgn terlalu Lebay ah case seperti ini aja sampe di up ke media itu kan untuk keamanan kita sendiri toh misal gamau ribet tinggal buat 2 pin cadangan aja, itu aja kan simple kenapa di buat ribet!!!
      Susah sih ya kalo orang maunya serba mudah tp giliran udah kebobol reknya malah bank ybs yang disalahkan. Teknologi udah semakin canggih kalo gamau mengikuti prosedur yang sudah ada ya mending ditutup aja reknya.. SIMPLE !!!

      • Terimakasih atas komentarnya...
        Itu menurut saya menyusahkan karena seperti yg saya tulis ketika atm harus ganti pin. Menu yg muncul di atm ketika tarik tunai ialah. TRANSAKSI TIDAK DI KENAL.
        ketika saya menggunakan mesin atm link.
        Jadi di sini saya juga bungung bukan menu anda harus ganti pin.. jadi saya harus ke cabang atau ke call ce ter dan menurut saya agk ribet..
        Tapi kembali lagi ke bagaimana sudut pandang sampean ya terserah aja.setiap.orang memiliki sudut pandang yang berbeda

  • Lah itu buat keamanan sendiri ko ngeluh
    Ntar kalo ada pembobolan nyalahin pihak bank lagi kalo pin ga diganti ganti!!
    Trus minta ganti ke pihak bank

    Liat BRI ga mewajibkan pergantian pin 6 bulan sekali akhirnya banyak yang kebobolan rekeningnya dan proses nya lama

    • Banknya donk yg harus mempekuat keamannya bambamg. Jgn lihat bri nya doank. Mandiri bca cimb dll jg ga mesti ganti tiap 6 bulan. Asik di ganti. Gimana hapalnya tu? Sampe catat di dompet. Kalau ilang dompet plus atm langsung wassalam

      • Nah loenya ga bisa ngakalin padahal mah gampang loe siapin aja 2 pin ganti gantian ga usah banyak banyak angka
        Ntar tiap 6 bulan tinggal diganti antara 2 pin itu

        Bank mah udah berusaha semaksimal mungkin buktinya keluhan pembobolan di BNI sedikit masalah di bni kebanyakan hanya uang nyangkut!!
        Masa dari nasabahnya kaga mau ikut bantuin mengamankan uang sendiri

        Dari sistem IT nya juga bank BNI diatas BRI dan mandiri

        • Wajar kalau kamu ga ada kerjaan cuma mesti ingat pin yg sering ganti aja. Kalau pelupa kek saya . Yg sudah ganti atau blm aja lupa. Ataupun mungkin kamu cuma pake satu atau 2 bank aja. Jd pasti hapal.

          • Lah kocak ni orang loe yang pelupa masa malah ngatain orang ???
            Gue pake bank bca,bni,mandiri belum lagi CC ada 2
            Lagian ngapain pake rekening banyak banyak nyusahin karna fungsinya sama aja
            Loe pelupa ya obatin penyakit lupa nya jangan menyalahkan orang lain atau pihak bank karna loe pelupa
            Kalo kebobolan ntar bikin surat di media konsumen BNI keamanannya buruk atau segala macamnya
            Lagian seperti yg saya bilang uang anda sendiri ya harus ikut bantu mengamankan selain dari pihak bank
            Bank udah berusaha semaksimal mungkin

    • Keamaan bisa dari aspek lain untuk hal ini sangat merepotkan dan kita harus gonta ganti pin ingat2 pin ulang. Menurut saya ini merepotkan dan menyebalkan.. ya kembali lagi itu dari pandangan saya si.

      • Lol. Keamanan kl di liat 6 bulan sekali jg beresiko masih, gimana kl rek atau ATM di embat bulan depan pas orang lain tau atau nyolong ATM kita? Ngakak sih ini. Kl saya sih akalin dengan ganti aja baru ubah ke pin sebelumnya lg wakkaka beress

  • "CS memberikan informasi bahwa kartu ATM saya sudah 6 bulan tidak diganti PIN"
    Bukan berarti setiap 6 bulan sekali ganti pak.
    Apa ada peryataan dari CS kalau pin ATM harus diganti SETIAP 6 BULAN SEKALI ?

  • nah saya baru saja mengalami hal yang sama, bukanya saya gak suka atau gak bisa ganti pin, tapi pelayanan BNI memang kurang dalam mengatasi kebingungan nasabah soal masalah ganti pin rutin ini. pesan yang di sematkan saat gagal transaksi kalo saya tadi sih tulisannya "time out" atau sejenisnya, karena saya bingung maksudnya apa saya langsung hubungi cs nya, dan ternyata disuruh ganti pin. saran saya kalo emang harus ganti pin 6 bulan sekali secara rutin ya diingetin donk lewat email, sms coba isi pesan lengkap dengan cara mengganti pinnya supaya tidak terjadi kebingungan.

Penulis
Muntasir .