Korban Pembobolan Rekening BCA dengan Modus Twitter Resmi HaloBCA

Pada tanggal 20 Februari 2021, saya menjadi korban pembobolan rekening Bank BCA dengan nomor 01836928** atas nama saya, oleh akun bodong yang menyamar sebagai twitter resmi HaloBCA. Modusnya dengan mengarahkan kepada nasabah yang mentweet ke twitter resmi HaloBCA untuk menghubungi mereka melalui link palsu live chat dan nomer WA palsu HaloBCA.

Semua ini berawal ketika saya ingin melaporkan masalah uang tidak keluar dari mesin ATM, tapi saldo terpotong. Saat itu saya secara tidak sadar masuk ke dalam salah satu link palsu yang disebar oleh akun akun bodong tersebut. Setelah saya masuk saya disuruh mengklik link yang menyuruh saya mengisi nomer kartu ATM dan password BCA mobile saya.

Setelah itu mereka mengirim SMS dan menyuruh saya meneruskan SMS tersebut ke nomor resmi SMS BCA yaitu 69888. Setelah itu saya lakukan, langsung seluruh saldo saya terkuras. Saat itu juga saya melaporkan ke HaloBCA melalui telepon 1500888, dengan nomor pelaporan 2081929531 agar dibatalkan transaksi yang saya tidak merasa melakukannya.

Kemudian saya disuruh menunggu proses investigasi selama 14 hari kerja, padahal itu seluruh sisa uang saya satu-satunya untuk membayar tagihan listrik, PDAM dan lain-lain yang jatuh tempo tanggal 20 semua.

Saya sudah memohon kepada BCA untuk bisa menyegerakan proses pengembalian uang saya, tapi jawaban yang saya dapatkan tidak memuaskan. Mereka tidak berjanji bisa mengembalikan dana saya dan disuruh menunggu proses investigasi 14 hari kerja. Padahal hanya itu satu-satunya uang yang saya punya.

Melalui surat ini saya ingin meminta kepada pihak BCA untuk:

  1. Sebaiknya tutup saja layanan twitter HaloBCA bila pihak BCA tidak bisa menertibkan akun-akun bodong yang ada di sana yang memberikan informasi palsu yang menyesatkan.
  2. Mohon percepat proses investigasi laporan saya di nomor 2081929531 agar uang saya bisa kembali, karena uang hanya itu satu-satunya uang saya dan sangat berarti bagi saya.

Semoga pengalaman saya ini tidak terjadi kepada pihak lain. Terima kasih.

Rommy Marciano Manuve
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Rommy Marciano

Menanggapi keluhan Bapak Rommy Marciano Manuve melalui Surat Pembaca di Media Konsumen tanggal 22 Februari 2021 dengan judul “Korban Pembobolan...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Walah membedakan akun resmi dan bodong aja ga tau ko malah nyuruh bca nutup akun resminya!!
      Dari gambar aja saya udah tau itu akun bodong penipu soalnya tanda checklistnya ada di foto bukan di samping tulisan halo bca

      Dan bca ga mungkin ngirim link yg nyuruh ngisi nomer kartu atm atau kode cvv dibelakangnya harus nya kalo dikasi link itu ga usah diisi

      • Mengapa bapak memberi password BCA dengan mudahnya?bahkan ketika membuat pasword di bank saja pihak bank tidak boleh mengetahuinya..
        Ditunggu kabar selanjutnya setelah 14 hari kerja., Mari belajar ikhlas jika memang bukan rejekinya insha Allah akan diganti sama rejeki lain pak..berdoa dan berpasrah ke Allah saja

  • Saran saya buat anda, jangan gunakan aplikasi yang berbau digital keuangan seperti internet banking dan segala macam bentuk paylater. Sepertinya secara mental anda belum cukup kuat untuk menghindari 1001 macam tipuan didunia digital. Naluri anda belum kuat utk membedakan mana yang bodong dan mana yang asli.

    Untuk pengembalian uang, saya rasa itu sangat kecil. Bahasa kasarnya, gak mungkin dibalikin karena anda yg membuka jalan masuknya.

    Anggap saja ini pembelajaran buat anda yang sewaktu sekolah suka main2.

    • Betul sekali saya aja ditawarin m baking gak mau Krn takut ada masalah.klo cek tinggal ke ATM klo ada masalah langsung ke kantor BCA langsung biar aman

      • Mbanking kan ada password dan PIN nya jadi tetap aman, asal ga diberikan pada orang lain

    • Pengen dosa takut ketawa.
      Ini ibaratnya seperti jangan bikin iPhone kalo apple ga bisa menertibkan HDC dan KW.
      Twitter resmi Halo BCA dan BAnk BCa sangat membantu koq, jangan sampai ditutup. Ini murni kesalahan anda, kenapa harus menyalahkan oranglain.
      Ikhlaskan saja, mungkin anda kurang sedekah

    • Akun twitter penipu tetap berkeliaran dan sulit dibasmi, jadi ga mungkin pihak BCA bisa sehebat itu menertibkan akun² bodong. Untuk saldo di BCA saya sendiri usahakan cuma dijatah sedikit, jadi misalkan suatu saat saya kena pembobolan, pihak pembobol cuma dapet uang sedikit

  • Kayae gak mungkin dikembalikan om.
    Karena pasti uang sudah lenyap diambil dari rekening penampung diputar ke rekening lain atau aset lain.
    Bca gak akan mengembalikan uang yang disebabkan kelalain kita.
    Karena kalo seperti itu, banyak orang yang pura2 tertipu agar diganti oleh bank.
    Lebih hati2 saja bapak, jika ragu langsung saja ke bank, bank sekelas bca pastinya punya banyak cabang yang mudah ditemukan.

  • dia yang ketipu yang disalahkan bank nya tidak dengan segera mengeluarkan uang nya.. tidak semudah itu untuk proses investigasi, jangan kira nasabah BCA hanya dirimu.

    permintaan mu pada pihak BCA sangat-sangat tidak masuk akal yang nomor 1:
    apabila akun haloBCA resmi ditutup, itu akan semakin memberikan celah pada akun-akun bodong, karena tidak ada akun resmi untuk orang bisa hubungi. Yang harus dihapus itu akun twitter kamu, karena sudah jelas anda yang tidak tahu cara pakai nya, sangat bisa membedakan akun resmi haloBCA dengan akun yang bodong, akun resmi haloBCA mempunyai verified checkmark, yang anda bisa lihat di sebelah nama akun nya, dan sudah pasti handle twitter nya @haloBCA , selain itu sudah pasti PALSU.

  • Mohon maaf nih kak, Investigasi tidak semudah itu dan semua itu ada proses dan prosedur yang harus diikuti, disini kakak kan yang lalai, silahkan tunggu progsesnya aja meski semua tau kakak butuh uang tsb, namun harus semua butuh proses apalagi disini Nasabah yang lalai, sangat kecil kemungkinan uang kembali.

  • Biarpun bukan anda yg melakukan transaksi tp kalau anda sudah memberikan password ke org lain itu sama saja anda memberikan akses utk bertransaksi & itu tanggung jawab anda.

    • 2021 pak masih ajah bingung mana akun bodong mana akun resmi? emang gak pernah liat sosmed artis ya? kalo resmi pasti ada centang birunya..

      lah ini udah tau akun bodong,, msh ajah mau dikibulin.. dan untuk uang bapak 99% iklaskan saja,, anggap saja ini pembelajaran hidup..