Korban Pembobolan Rekening BCA dengan Modus Twitter Resmi HaloBCA

Pada tanggal 20 Februari 2021, saya menjadi korban pembobolan rekening Bank BCA dengan nomor 01836928** atas nama saya, oleh akun bodong yang menyamar sebagai twitter resmi HaloBCA. Modusnya dengan mengarahkan kepada nasabah yang mentweet ke twitter resmi HaloBCA untuk menghubungi mereka melalui link palsu live chat dan nomer WA palsu HaloBCA.

Semua ini berawal ketika saya ingin melaporkan masalah uang tidak keluar dari mesin ATM, tapi saldo terpotong. Saat itu saya secara tidak sadar masuk ke dalam salah satu link palsu yang disebar oleh akun akun bodong tersebut. Setelah saya masuk saya disuruh mengklik link yang menyuruh saya mengisi nomer kartu ATM dan password BCA mobile saya.

Setelah itu mereka mengirim SMS dan menyuruh saya meneruskan SMS tersebut ke nomor resmi SMS BCA yaitu 69888. Setelah itu saya lakukan, langsung seluruh saldo saya terkuras. Saat itu juga saya melaporkan ke HaloBCA melalui telepon 1500888, dengan nomor pelaporan 2081929531 agar dibatalkan transaksi yang saya tidak merasa melakukannya.

Kemudian saya disuruh menunggu proses investigasi selama 14 hari kerja, padahal itu seluruh sisa uang saya satu-satunya untuk membayar tagihan listrik, PDAM dan lain-lain yang jatuh tempo tanggal 20 semua.

Saya sudah memohon kepada BCA untuk bisa menyegerakan proses pengembalian uang saya, tapi jawaban yang saya dapatkan tidak memuaskan. Mereka tidak berjanji bisa mengembalikan dana saya dan disuruh menunggu proses investigasi 14 hari kerja. Padahal hanya itu satu-satunya uang yang saya punya.

Melalui surat ini saya ingin meminta kepada pihak BCA untuk:

  1. Sebaiknya tutup saja layanan twitter HaloBCA bila pihak BCA tidak bisa menertibkan akun-akun bodong yang ada di sana yang memberikan informasi palsu yang menyesatkan.
  2. Mohon percepat proses investigasi laporan saya di nomor 2081929531 agar uang saya bisa kembali, karena uang hanya itu satu-satunya uang saya dan sangat berarti bagi saya.

Semoga pengalaman saya ini tidak terjadi kepada pihak lain. Terima kasih.

Rommy Marciano Manuve
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:16    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

37 komentar untuk “Korban Pembobolan Rekening BCA dengan Modus Twitter Resmi HaloBCA

    • 22 Februari 2021 - (09:17 WIB)
      Permalink

      Walah membedakan akun resmi dan bodong aja ga tau ko malah nyuruh bca nutup akun resminya!!
      Dari gambar aja saya udah tau itu akun bodong penipu soalnya tanda checklistnya ada di foto bukan di samping tulisan halo bca

      Dan bca ga mungkin ngirim link yg nyuruh ngisi nomer kartu atm atau kode cvv dibelakangnya harus nya kalo dikasi link itu ga usah diisi

      • 23 Februari 2021 - (10:01 WIB)
        Permalink

        Mengapa bapak memberi password BCA dengan mudahnya?bahkan ketika membuat pasword di bank saja pihak bank tidak boleh mengetahuinya..
        Ditunggu kabar selanjutnya setelah 14 hari kerja., Mari belajar ikhlas jika memang bukan rejekinya insha Allah akan diganti sama rejeki lain pak..berdoa dan berpasrah ke Allah saja

  • 22 Februari 2021 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Saran saya buat anda, jangan gunakan aplikasi yang berbau digital keuangan seperti internet banking dan segala macam bentuk paylater. Sepertinya secara mental anda belum cukup kuat untuk menghindari 1001 macam tipuan didunia digital. Naluri anda belum kuat utk membedakan mana yang bodong dan mana yang asli.

    Untuk pengembalian uang, saya rasa itu sangat kecil. Bahasa kasarnya, gak mungkin dibalikin karena anda yg membuka jalan masuknya.

    Anggap saja ini pembelajaran buat anda yang sewaktu sekolah suka main2.

    15
    • 22 Februari 2021 - (13:59 WIB)
      Permalink

      Betul sekali saya aja ditawarin m baking gak mau Krn takut ada masalah.klo cek tinggal ke ATM klo ada masalah langsung ke kantor BCA langsung biar aman

      • 23 Februari 2021 - (10:07 WIB)
        Permalink

        Mbanking kan ada password dan PIN nya jadi tetap aman, asal ga diberikan pada orang lain

    • 22 Februari 2021 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Pengen dosa takut ketawa.
      Ini ibaratnya seperti jangan bikin iPhone kalo apple ga bisa menertibkan HDC dan KW.
      Twitter resmi Halo BCA dan BAnk BCa sangat membantu koq, jangan sampai ditutup. Ini murni kesalahan anda, kenapa harus menyalahkan oranglain.
      Ikhlaskan saja, mungkin anda kurang sedekah

      5
      1
    • 23 Februari 2021 - (09:05 WIB)
      Permalink

      Akun twitter penipu tetap berkeliaran dan sulit dibasmi, jadi ga mungkin pihak BCA bisa sehebat itu menertibkan akun² bodong. Untuk saldo di BCA saya sendiri usahakan cuma dijatah sedikit, jadi misalkan suatu saat saya kena pembobolan, pihak pembobol cuma dapet uang sedikit

  • 22 Februari 2021 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Kayae gak mungkin dikembalikan om.
    Karena pasti uang sudah lenyap diambil dari rekening penampung diputar ke rekening lain atau aset lain.
    Bca gak akan mengembalikan uang yang disebabkan kelalain kita.
    Karena kalo seperti itu, banyak orang yang pura2 tertipu agar diganti oleh bank.
    Lebih hati2 saja bapak, jika ragu langsung saja ke bank, bank sekelas bca pastinya punya banyak cabang yang mudah ditemukan.

  • 22 Februari 2021 - (09:12 WIB)
    Permalink

    dia yang ketipu yang disalahkan bank nya tidak dengan segera mengeluarkan uang nya.. tidak semudah itu untuk proses investigasi, jangan kira nasabah BCA hanya dirimu.

    permintaan mu pada pihak BCA sangat-sangat tidak masuk akal yang nomor 1:
    apabila akun haloBCA resmi ditutup, itu akan semakin memberikan celah pada akun-akun bodong, karena tidak ada akun resmi untuk orang bisa hubungi. Yang harus dihapus itu akun twitter kamu, karena sudah jelas anda yang tidak tahu cara pakai nya, sangat bisa membedakan akun resmi haloBCA dengan akun yang bodong, akun resmi haloBCA mempunyai verified checkmark, yang anda bisa lihat di sebelah nama akun nya, dan sudah pasti handle twitter nya @haloBCA , selain itu sudah pasti PALSU.

    11
  • 22 Februari 2021 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf nih kak, Investigasi tidak semudah itu dan semua itu ada proses dan prosedur yang harus diikuti, disini kakak kan yang lalai, silahkan tunggu progsesnya aja meski semua tau kakak butuh uang tsb, namun harus semua butuh proses apalagi disini Nasabah yang lalai, sangat kecil kemungkinan uang kembali.

  • 22 Februari 2021 - (09:33 WIB)
    Permalink

    Biarpun bukan anda yg melakukan transaksi tp kalau anda sudah memberikan password ke org lain itu sama saja anda memberikan akses utk bertransaksi & itu tanggung jawab anda.

    • 23 Februari 2021 - (00:43 WIB)
      Permalink

      2021 pak masih ajah bingung mana akun bodong mana akun resmi? emang gak pernah liat sosmed artis ya? kalo resmi pasti ada centang birunya..

      lah ini udah tau akun bodong,, msh ajah mau dikibulin.. dan untuk uang bapak 99% iklaskan saja,, anggap saja ini pembelajaran hidup..

  • 22 Februari 2021 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada semua yang telah membalas, saya penulis artikel tersebut, disini saya ingin menyampaikan bahwa tidak semua orang mengerti perbedaan antara akun resmi dan akun bodong, contoh nya seperti saya, saya akuin saya bukan orang pintar, saya hanya orang bodoh yamg ingin membagikan pengalaman saya kepada yang lain agar tidak terjadi lagi kepada pihak lain, yang saya sayangkan dari pihak bca sendiri kenapa tidak memblokir akun akun bodong tersebut agar tidak bisa membalas komentar ataupun mentweet di twiter resmi halo bca, karena sampai dengan saat inipun akun akun bodong tersebut masih berkeliaran dan mencari korban di twiter resmi halo bca, terima kasih

    • 22 Februari 2021 - (10:01 WIB)
      Permalink

      Yang berhak memblokir tuh bukan bca tapi pihak twitter nya
      Bca mah hanya pengguna sama kaya bank bank lainnya
      Masa gitu aja ga ngerti

      • 22 Februari 2021 - (10:10 WIB)
        Permalink

        Dalam menyikapi hal tersebut, Twitter pun menyediakan fitur blokir yang memungkinkan para penggunanya untuk mengontrol cara berinteraksi mereka dengan akun lain di platform tersebut.

        Fitur ini membantu pengguna bisa membatasi akun tertentu untuk menghubungi, melihat Tweet, dan mengikuti mereka. Sehingga akun yang telah diblokir tidak dapat mengikuti Anda dan sebaliknya.

        Akun yang diblokir tidak akan menerima notifikasi yang memberi tahu bahwa akun mereka telah diblokir. Namun, jika akun yang diblokir mengunjungi profil akun yang telah memblokir mereka, maka mereka akan melihat bahwa telah diblokir.

        Selain itu, akun yang diblokir juga tidak bisa mengirim Direct Message, melihat daftar follower dan following, likes, media serta tweet yang ada di akun Twitter Anda.

        Tweet dari akun yang diblokir pun tidak akan muncul di timeline Anda. Tapi, hal ini bisa terjadi sebaliknya jika ada seseorang yang Anda ikuti menyebut akun yang telah diblokir tersebut.

        Berikut adalah tata cara memblokir akun Twitter seseorang yang dianggap meresahkan dan mengganggu kenyamanan Anda saat menggunakan platform jejaring sosial tersebut.

        Memblokir dari Tweet

        Klik ikon seperti panah yang terletak di bagian atas Tweet dari akun yang ingin diblokir
        Klik blokir (block), kemudian pilih Blokir untuk mengkonfirmasi

        • 22 Februari 2021 - (10:34 WIB)
          Permalink

          interaksi akun penipu bukan dengan akun resmi haloBCA, interaksi penipu adalah dengan pelanggan! percuma apabila akun resmi haloBCA memblock akun penipu, karena akun penipu masih dapat melihat akun-akun pelanggan yang berinteraksi dengan akun resmi haloBCA.

        • 22 Februari 2021 - (19:27 WIB)
          Permalink

          Anda sudah terbiasa maen twitter tapi kenapa akun bodong BCA saja Anda tidak bisa mengenalinya ? 🤔harusnya tau lahh mana yang resmi BCA atau yang palsu atau Bodong…

          • 23 Februari 2021 - (22:24 WIB)
            Permalink

            Untuk nasabah BCA yang mau komplain cepet bisa lewat WA +628111500998 (WA Resmi Centang Hijau, bukan WA bodong)

        • 23 Februari 2021 - (01:09 WIB)
          Permalink

          ya udh deh iklasin aja, paling aman klo mau komplain ttg layanan jgn by sosmed klo emang msh blm paham2 bgt ama sosmed,mending call center ato lgs dtg ke cabang terdekat, klo masalah akun bodong,tiap detik lahir akun bodong yg baru…ya kaga mungkin bs dicek satu persatu dong

        • 23 Februari 2021 - (18:37 WIB)
          Permalink

          bisa nulis ga bisa baca tsnya.itu yg lo tulis cara blokir org perorangan .kl bcanya blokir juga dia tetap bisa dm org2 yg ga blokir akun itu.kecuali kl akunnya di suspend pihak twitter baru itu akun koit. lol nyimpan uang di dalam bh aja kayak ibu2 jaman dl yg dagang di pasar. di jamin aman

    • 22 Februari 2021 - (10:32 WIB)
      Permalink

      anda bukan hanya orang bodoh yang ingin membagi pengalaman, anda orang bodoh yang menuntut BCA menurut i kemauan bodoh anda, itu masalah nya. Akun-akun bodong apabila di blok oleh akun haloBCA hanya tidak memperbolehkan akun bodong tersebut tweet langsung ke akun haloBCA resmi, tapi akun bodong tersebut tetap dapat membalas tweet yang ditujukan ke akun resmi haloBCA oleh akun pelanggan.

      jadi memblock tidak banyak guna, mungkin anda belum tahu mekanisme twitter memang, tapi kembali lagi, ketidaktahuan bukan alasan untuk melakukan kesalahan. apabila anda putar balik di jalan, sementara anda tidak kelihatan/tahu ada tanda tidak boleh putar balik, anda akan tetap ditilang, karena anda salah, terlepas anda merasa tahu atau tidak

      11
      1
  • 22 Februari 2021 - (10:17 WIB)
    Permalink

    kalau saran saya sih anda saja yg tutup twitter, kesalahan murni dari anda, tp menyalahkan orang lain,,, ckckckck Tak patut.
    ipin : Betul kan upin?
    upin : Betul, Betul, Betul…!

  • 22 Februari 2021 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Waduh, judul nya klik bait.
    Kirain memang akun twitter resmi BCA. Ternyata twitter bodong mirip akun resmi.

    Saran: Hapus saja aplikasi twitternya ya Pak… selain itu hapus juga aplikasi Tokopedia atau marketplace lainnya, saya lihat ada juga tuh aplikasi tokopedia terinstal d hape bapak. Mencegah lebih baik drpd mengobati kan.

    Untuk uang yg hilang, relakan saja, anggap biaya sekolah dari Tuhan. Terima kasih juga sudah berbagi pengalaman gratis untuk saya.

    Kalau bisa, jangan ngeyel, biar gak tambah d bully netizen.Semoga dapat rezeki lain sebagai uang yg hilang. Amin.

  • 22 Februari 2021 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Betul saran teman-teman lain, jika awam msaalah dunia internet, medsos lebih jangan masuk karena sangat banyak penipuan. Contoh: orang tua saya karena awam dunia internet, saya melarang punya akun medsos dan internet/mobile banking, lebih aman cara konvensional yang sudah paham.

    Tuntutan anda untuk BCA mengembalikan uang rasanya sangat susah dipenuhi karena kesalah ada pada anda.

  • 22 Februari 2021 - (20:37 WIB)
    Permalink

    dari yg saya baca dari akhir sampe semua komentar TS adalah
    1. anda tertipu akun bodong haloBCA
    2. anda menyalahkan BCA ( padahal anda yg salah, dg memberikan semua data ke penipu )
    3. anda ingin BCA nutup semua akun twitter bodong ( emang y BCA yg punya twitter )
    4. anda ingin uang anda kembali ( anda yg salah ko malah membebankan BCA )

    dari semua poin di atas, saran saya anda perbanyak belajar menyikapi segala sesuatu dg hati dan kepala dingin, karena dalam hal ini BCA tidak salah sama sekali, tapi kesalahan mutlak karena kebodohan anda, jadi saran dari saya cuma 1. tutup akun twitter anda ( karena anda ga bisa bedain akun verify atau bodong, kedua ikhlasin duit yg sudah di garong penipu, karena itu kesalahan anda

  • 22 Februari 2021 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Waduhh judulnya klik bait, ternyata permasalahan ini disebabkan kelalaian anda sendiri. 90% uang anda itu tidak bisa dikembalikan, sebab itu kelalaian anda sendiri. Jadikan pembelajaran saja untuk berhati hati di dunia internet, pastikan selalu teliti untuk melihat akun sosial media BCA seperti ada centang di twitternya, usernamenya yang sesuai(akun fake biasanya membubuhkan nama username agar semirip mungkin), followers yang banyak(biasanya yang fake followersnya sedikit bahkan tidak ada), jangan klik link sembarangan kecuali memang itu resmi. Saran saya jika terjadi kendala, langsung telpon saja di telponnya halo BCA. Dan satu lagi, ikhlaskan saja uang anda. Semoga diganti lebih oleh Tuhan. Semangat

  • 22 Februari 2021 - (21:30 WIB)
    Permalink

    1. BCA tidak bisa “menertibkan” akun twitter seseorang, yg berhak adalah Twitter. dan percuma BCA memblok akun twitter bodong karena tidak berinteraksi dengan mereka tapi dengan pelanggan, dan akun bodong ini tidak pernah akan hilang, meski dihapus nanti akan dibuat lagi karena memang mudah membuat akun twitter
    2. mengapa dari awal melaporkan permasalahan harus via Twitter, mending pilih yang aman via Call Center resmi meski harus habis pulsa (jangan karena mau irit pulsa), atau langsung ke kantor cabang saja
    3. saat ini anda hanya berharap “kebaikan” dari BCA agar mau mengganti uangnya (jangan terlalu berharap nanti kecewa nya lebih besar)

  • 23 Februari 2021 - (01:57 WIB)
    Permalink

    Anda yang salah kok minta BCA tutup akun Twitter, apakah pengguna BCA Anda sendiri? Kesalahan Anda jangan dijadikan alasan untuk meminta yang tidak perlu, jadikan sebagai pelajaran buat kedepannya.

  • 23 Februari 2021 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Prihatin sihh ….. tpi dsni ksalahan mutlaq dri si pemilik rekning … bkan dri pihak BCA …. klau pun komplin mau gk mau hrus mngikuti prosedur dri BCA ….. dn apa pun hsilnya pmilik rekning hrus mnerima dgn lapang dada …..

    Jdikan aj pmbelajaran …. PIN BCA mobile adlah kode yg sangat privacy ….. klau sdah mmberikan kpda orang lain , brarti qt sdah mrelakan ntuk brbagu uang tabungan qt kpd orang lain ….

  • 23 Februari 2021 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Gabakal Balik itu mah duitnya. Kesalahan nasabah. Kedepannya lebih awware sama hal hal kaya begitu.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Korban Pembobolan Rekening BCA dengan Modus Twitter Resmi HaloBCA

oleh Delta dibaca dalam: 1 min
37