Surat Pembaca

Kurir J&T Melakukan Manipulasi Data Penerimaan Barang

Saya membeli koloni lebah madu di Tokopedia pada tgl 28 Jan 2021 dan menggunakan layanan kurir J&T, no resi JT6486644359 dengan alamat delivery ke sebuah kantor di Ubud-Bali, dengan catatan bahwa delivery hanya dapat dilakukan pada jam dan hari kerja.

Pada tanggal 1 Feb 2021, pukul 18.48 di sistem Tokopedia terlihat status barang telah diantar dan diterima oleh Bu Asti. Ini tidak mungkin terjadi karena alamat tsb tidak mungkin buka di jam itu.

Pelacakan paket di Tokopedia

Keesokan siangnya, tgl 2 Feb 2021, berulang kali kami menghubungi CS J&T untuk membantu melacak paket, menghubungi kurir dan meminta agar barang diantar segera karena isinya adalah hewan hidup. Namun staf CS sangat tidak membantu dan hanya bisa mengatakan akan menghubungi kantor cabang untuk menyampaikan keluhan. CS memberikan nomor telepon kurir, namun kurir mematikan telponnya begitu tahu bahwa kami menghubungi karena adanya keluhan.

Belakangan kurir mengakui dia melakukan manipulasi status pengantaran paket di sistem karena jika barang gagal antar dia akan kena denda Rp200 ribu dari kantornya. Untuk menghindari denda, paket ditulis telah diantar di sistem padahal barangnya dibawa kembali ke kantor. Kuernrir kemudian berbohong bahwa hari itu paket akan diantarkan oleh temannya. Tapi kenyataannya paket tidak diantar.

Tanggal 3 Feb 2021 kami menghubungi CS kembali dan tidak mendapatkan bantuan apapun. Kami mencoba menghubungi kurir dan akhirnya ybs bersedia mengantar barang ke alamat tujuan. Barang diterima pada sore hari pukul 15.45.

Paket diterima dalam kondisi lebah banyak yang mati karena terlalu lama di perjalanan. Barang harusnya telah diterima tgl 1 Feb, tetapi karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab dan ketidakpedulian CS J&T paket baru diterima tanggal 3 Feb! Terlambat 3 hari!

Dalam proses melacak paket, kami mencoba mencari nomor telpon kantor cabang J&T di Peliatan Ubud. Review di Google Maps ternyata memperlihatkan banyaknya keluhan yang persis sama dengan insiden di atas: bahwa status paket menurut sistem telah diantar, padahal kenyataannya belum sama sekali. Disinyalir praktek yang terjadi memang suatu kelaziman untuk kurir2 J&T di lokasi ini.

Kami sangat kecewa dengan ulah kurir yang sangat tidak bertanggung jawab, ketidakpedulian CS dan staf di kantor cabang J&T di Peliatan dan pelayanan secara keseluruhan. Sangat-sangat memalukan bahwa setelah terbukti adanya manipulasi data pengiriman sama sekali tidak ada bantuan dari staf yang lain untuk melakukan tindakan yang mengurangi dampak negatif. Malah terkesan ada unsur pembiaran!

Djunadi Satrio
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • SOP J&T sangat buruk..SOP yg tertera Resmi dan di lapangan berbeda.. itu dikarenakan system Frences.. Setiap Cabang J&T punya aturan sendiri tanpa memperdulikan SOP aslinya.. berbeda dengan Expd Lainnya.. saya bisa ngomong begini karena teman saya kerja bagian input barang dan akhirnya resign, karena tidak tahan dengan aturan yg ketat dan tekanan dari atasan.

  • Yg saya suka dgn jnt, kurir tidak pernah gonta ganti, 5 tahun terakhir belum pernah ganti, sampai hafal. Kedua pengambilan paket lebih dekat, tidak harus ke kantor pusat spt jasa kirim lainnya, ini dikarenakan adanya pembagian drop point/cabang. Misal drop point A, membawahi paket di kecamatan A,B,C,D.

  • Telat sehari seharusnya gan, karena tgl 1 kan juga tutup kantornya, gak bisa kirim kan.
    Kalo sesuai sop dan catatan harusnya dikirim tgl 2nya, karena kantor tutup bukan kesalahan kurir.
    Jadi telat 1hari, dr tgl 2 jadwal, smpnya tgl 3.

    • Seperti judul keluhannya, masalah utamanya adalah manipulasi data pengiriman! Barang BELUM DIANTAR, akhirnya juga diakui oleh kurir bahwa masih di gudang dan sama sekali blm diantarkan, tetapi sdh di log di antar kan dan diterima oleh orang fiktif. Dan ternyata ini adalah kejadian yang berulang kali terjadi dengan pelanggan lain di cabang yang sama. Ada sesuatu praktek yang jelas2 tdk benar di situ!

    • sdh jelas² di system tgl 1 Februari paket sdh delivered. itu artinya barang sdh dibawa kurir. dan tgl 1,2,3 itu kan bukan hari libur.... knp dibilang kantor ttup???? ????

      • ya demikian lah. saya kejar2 lewat call center, kurir dll tidak membuahkan hasil. Bahkan kurir sempat berbohon bahwa barang akan diantarkan temannya, tapi tidak terjadi juga. Lalu waktu di konfrontasi dia bilang temannya tiba2 ada acara lain. heh?!

  • ini pengiriman dari Jawa Timur ke Bali. tidak mungkin menggunakan layanan delivery ojol gan.

  • Saya malah 2 kali menjadi korban manipulasi data... yang terakhir malah bikin gemes sudah dimanipulasi ternyata barang hilang walaupun terus ketemu selang 3 hari itu saja saya sampai ke kantor langsung dan chat via wa si koordinator setiap hari ?bikin kapok pakek ekspedisi jnt...

  • Saya juga pernah ngalamin kemaren2 waktu belanja di sh*pee. Karna sedang ada banyak freeongkir jadi saya pake untuk belanja banyak kebutuhan. Ada 10 barang yang saya pesen waktu itu ditoko yg berbeda & dikirim dengan ekspedisi yg berbeda2. 3 barang diantaranya dikirim lewat ekspedisi jnt. Dan pembayaran saya waktu itu langsung pake shopeepay. Awalnya juga saya gak ngecek & gk tau kalo semua paket saya itu diantar pake ekspedisi apa. Yg pasti 3-4 hari pesenan saya udah banyak yg sampe kerumah. Tapi kok saya ngerasa kyk masih ada yg kurang? Terus saya cek lagi semua pesanan saya ternyata emg masih ada 2 paket lagi yg belum saya terima. Tapi di status paketnya kok pesanan sudah saya terima semua? Sampai akhirnya saya tanyain orang seisi rumah. Tapi gk ada satupun yg nerima 2 paket saya yg blm sampai & ntah ada dimana. Dan saat itu juga saya langsung komplain ke pihak toko dan si sellernya pun langsung komplain ke cs sh*pee. Si seller juga kasih no wa kurirnya biar saya bisa tanyain langsung. Pas saya tanyain 2 paket saya kenapa belum sampe? (sambil kasih bukti no resinya) Terus si kurir jnt bilang klo paket sudah saya terima kemaren. Emang bener waktu itu si kurir udah kerumah saya & kirim paket. Tapi yg saya inget cuma 1 paket aja yg dia kasih waktu itu. Dan masalahnya itu knp gk ada bukti foto pengiriman? Si kurir juga gak mau ngaku karna status paket sudah saya terima & malah banyak alesan. Yaudhlah pas hari itu juga saya jadi ngajuin pengembalian dana ke seller. Tapi si seller malah nolak. Terus langsung ada notif kalo paket saya sedang diinvestigasi oleh tim sh*pee. Eh pas beberapa menit kemudian tiba2 si kurir ngebales wa saya & bilang klo 2 paket saya ternyata emg bener masih ada di dia. Dan alasan dia itu katanya barang saya ketuker. Lah kok bisa gitu? :) logikanya klo emg ketuker mestinya saya nerima paket punya orang laen juga. Inimah saya cuma nerima 1 paket punya saya sendiri yg dikirim lewat jnt. Dan klo seandainya waktu itu saya gk teliti apalagi klo udah terlanjur klik "pesanan diterima" mungkin dari pihak seller maupun pihak kurir gk akan ada yg mau tanggung jawab atas 2 paket saya yg hilang ntah kemana tapi distatus paketnya sudah saya terima. Saya heran, kok bisa2nya kurir mengkonfirmasi pesanan sudah diterima padahal belum saya terima semua? Dan kecewanya itu gak ada bukti foto pengiriman juga. Paket saya yg dikirim expedisi laen aja mulai dari (spx,anteraja,idx,sicepat) semua ada bukti fotonya kecuali jnt. Kecewa banget sih soalnya hampir aja waktu itu saya ngalamin kerugian. Dan sangat meresahkan buat saya klo kejadian seperti itu sampai terulang lagi !!

  • Sama gan ini kejadiannya saya barusan, di lokasi daerahku padahal udah 3hari paket ada di kantor situ. tapi gak di antar2 ke rumah pas 4 harinya ada tulisan barang sudah di terima lah panik dong gua, akhirnya saya cari nomor kantor daerahnya dan dapatlah nomor kurirnya akhirnya pas saya tanya baru di kirim. Padahal barangnya aku butuhkan mulai dari 2 hari yang lalu. Dan akibat lebih 3 hari itu acara syuting brabe. Parahnya lagi nih di daerah probolinggo tepatnya di daerah clarak. Malah gua sering suruh jemput ke kantornya kan tolol, buat apa gua bayar kalo ujung2nya gua yang jemput!

  • Ini saya di lokasi berbeda yang pertama waktu saya ada di Lumajang dan yang kedua waktu saya ada di Probolinggo. Dari sini saya menyimpulkan ternyata j&t sama saja di manapun daerahnya.

  • Ini terjadi sama saya juga minggu ini. Pembelian diatas 300rb. Tertulis sudah terkirim, namun barang ga ada. Untung nya ada cctv dan memang terekam tidak ada kurir yang datang. Kurir minta jangan lapot olshop, lah kalo ga lapor saya ga dapet refund, kurir juga ga mau ganti walaupun dia yang hilangin. Setelah request refund, 3 kurir lain whatsapp dan telepon2 saya, mengintimidasi dengan berlindung kalo mereka orang kecil tolong dibantu. Saya juga mau bantu, tapi ya jangan dirugikan begini. Sangat mengganggu sekali sampai nomor saya di whatsapp dan ditanya2 seakan2 saya berbohong kalo memang paket ga sampai. Ditantang balik untuk liat rekaman cctv juga ga ada yang mau. Tapi bolak balik saya di teror. Proses refund dari kamis, saya bolak balik di wa sampai akhirnya saya marah dan bilang mau lapor ke pusat kalo masih ganggu dan ga selesai2 masalahnya. Baru di transfer uang gantinya.