Sudah Bayar Kredivo Sesuai Cicilan, Malah Disuruh Bayar Double

Keluhan atas Sistem Kredivo yang Tidak Bereesss!! Sudah Bayar Sesuai Cicilan, Malah Disuruh Bayar Double

Di sini saya dirugikan sejumlah waktu, uang, psikologi, dan lain-lain. Jadi singkat cerita, Saya melakukan peminjaman uang tunai sejumlah Rp.4.700.000,-,dengan biaya angsuran Rp963.330 selama 6 bulan. Pembayaran saya di bulan 1-3 sebelumnya lancar. Hanya saja di bulan ke-4 saya ada keterlambatan pembayaran selama 1 hari yang seharusnya saya bayarkan tanggal 2-02-2021, saya bayarkan pada tanggal 03-02-2021 pukul 00:19. Saya melakukan pembayaran melalui M-Banking sebesar Rp963.330. (Saya bayar sesuai yang tertera di sistem)

Saya pikir untuk payment sebelumnya sudah beres karena saya bayar cicilan ke 4 sesuai nominal yang ada di sistem, nyatanya pada tanggal. 4 Februari saya mendapati payment saya belum terposting LUNAS. Benar saja pada tanggal 5 Februari ada telepon CS menanyakan tentang pembayaran saya yang sudah jatuh tempo sebesar 1.069.370 plus dengan dendanya. Saya gak habis pikir, padahal pembayaran saya melalui M Banking BCA pada tanggal 3 sudah berhasil dan tidak terjadi retur, kalaupun ada denda senilai 6%, pasti jumlah dendanya tidak segitu.

tanggal 9-02-2021, saya ditelepon CS Kredivo, katanya harus membayar denda Rp107.000. setelah itu Notifikasi di Sistem akan berubah menjadi Lunas. Lalu, saya bayarkan denda keterlambatannya melalui M-Banking dan sudah ternotifikasi / Berhasil terkirim biaya sebesar Rp107.000.

Nah, di sini masalahnya belum selesai. Ternyata konfirmasi saya ke pihak CS/ staff Kredivo tidak konsisten dengan mesin/ sistem komputer Kredivo.

pada tanggal 12 saya masih ditelepon oleh CS Kredivo untuk membayarkan denda sejumlah Rp10.000, Rp10.955 dan Rp21.910 untuk cicilan ke-4 yang jatuh tempo pada tanggal 02 Februari 2021. Setelah saya bayakan, saya harus dibayarkan lagi sejumlah uang lagi sebesar Rp43.900. yang katanya Kredivo “ Apabila Bapak Gurniansyah sudah melakukan pembayaran kekurangan tagihan nantinya akun Kredivo Anda akan kembali aktif”.

Faktanya, tanggal 12 Februari 2021 saya sudah melunasi utang saya dan membayar bunga selama 1 bulan. Padahal saya hanya telat 1 hari.

Dan PARAHNYA pihak Kredivo telepon pada tanggal 15 Februari 2021 saya email untuk keluhan saya pada Kredivo dan dibalas di email “Apabila Bapak Gurniansyah terlambat melakukan pembayaran tagihan cicilan maka tagihan akan terakumulasi dengan tenor yang akan datang. Silakan lakukan ceklis tagihan yang terlambat pada menu “Transaksi” untuk melakukan pembayaran satu bulan serta denda dan bunga keterlambatan”.

Saya disuru melakukan pembayaran satu bulan serta denda dan bunga keterlambatan!!!

Ya Allah, mana musim pandemic seperti ini ada aja pihak yang memanfaatkan sesuatu. Jika tahu kayak gini, seharusnya pihak Kredivo bias bekerja secara lebih teliti lagi dan menjelaskan fakta atau informasi yang benar bukan menginformasikan hoax atau di informasi kepada debiturnya.

Akhirnya dalam kondisi badan yang belum benar2 sehat, saya memaksakan diri pada tanggal.25 februari untuk langsung ke Kantor Kredivo yang beralamat di Rukan Permata Senayan E52-55, Jl.Student Army No.21, Grogol Jakarta Selatan. Disana saya menemui Early dari Kredivo yang bernama Mas Lutfi, saya sudah menjelaskan secara detail tentang permasalahan saya di Kredivo, setelah dilakukan pengecekan ternyata Payment saya belum terposting Lunas pada tanggal 3 Februari, dan Pihak Early dari Kredivo mengakui bahwa itu kesalahan sistem. Saya sepakat sesuai arahan Mas Lutfi, bahwasanya tidak akan membayarkan cicilan ke 5 & 6 jika cicilan ke 4 belum terposting. (pernyataan saya bisa dipertanggungjawabkan)

Saya mohon pertanggung jawaban Kredivo atas masalah saya ini serta solusi. Dan, jangan selalu berikan jawaban yang sama/ ngawur atas pertanyaan saya. Bukannya solusi, justru yang saya terima adalah masalah beban denda yang diberikan Kredivo.

Mohon pihak Pemerintahan Negara, OJK, YLKI, dan pihak Perbankan menegur Kredivo agar jangan menghadirkan jawaban sesat/ hoax ke debiturya. Konsumen yang hanya telat 1 hari (sudah dikonfirmasi ke cs Kredivo) dirugikan seperti ini. Informasi dari saya ada rekam jejaknya dan bisa dipertanggungjawabkan mulai dari M-Banking Pembayaran dan juga percakapan saya by email yang tak kunjung menemui solusi.

Intinya disini saya seorang Debitur yang terkena dampak SISTEM KREDIVO yang TIDAK BEREESSS!! SUDAH BAYAR SESUAI CICILAN, MALAH DISURUH BAYAR DOUBLE!!!!

Terima kasih

Gurniansyah
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:20    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Gurniansyah

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Bapak Gurniansyah pada...
Baca Selengkapnya

Loading...

11 komentar untuk “Sudah Bayar Kredivo Sesuai Cicilan, Malah Disuruh Bayar Double

  • 27 Februari 2021 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Resikonya berhubungan dengn
    Rentenir online
    Jahat luar biasa
    Tapi klo suka ya nikmati saja

    • 1 Maret 2021 - (10:06 WIB)
      Permalink

      Iyaaa,,, saya juga kapokk…
      Karna kebutuhan mendesak sblumnya jadi sya memutuskan pakai Pinjol..

  • 27 Februari 2021 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah lunas, lebih baik tutup akun saja. Saya mantan pengguna Kredivo. Lega rasanya sudah tutup akun.

  • 27 Februari 2021 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Iya pak guniarsyah kan di kredivo itu bunga 2,95% untuk cicilan ditambah bunga keterlambatannya 4% dari jumlah nilai yang tertunggak dan denda 6% maka jika kita mengalami keterlambatan 1 hari pun kita dikenakan denda Rp.96.333 maka yg harus dibayar 1.059.663 Pak tetapi bapak bisa minta kejelasannya kepada pihak Kredivo.

    • 1 Maret 2021 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Iya betul perhitungannya seperti itu mas,,
      Tapi disini benar2 bikin kecewa, karna Cicilan yg ke 4 saya sudah bayarkan sesuai aplikasi 963.320..
      Eh besoknya bukannya berkurang, besoknya malah nambah 1.059.663.. Saya pikir sistemnya masih ngebaca, ternyata sampai sekarang malah gak karuan. Udah email, telpon dan menjelaskan ke CS yg telp tiap hari tetep gak ada solusi,,,,

      • 1 Maret 2021 - (10:47 WIB)
        Permalink

        Waduh bahaya sekali,,itu atau Virtual Accountnya pakai yang lama pak sehingga menyebabkan tidak terbaca pembayaran bapak disistem kredivo,karna sampai saat ini VA kredivo saya juga sudh 3x ganti,,,makanya kadang juga bikin bingung….semangat pak bapak bisa jelaskan kepada kredivo dan bawa bukti pembayaran bapak dan mohon bantuan juga kepada AFPI pak biar cepat selesai masalahnya paak.

        • 1 Maret 2021 - (14:16 WIB)
          Permalink

          Pake Virtual Account mas,,,
          Bukti2 pembayaran dan mutasi rekening sudah saya sampaikan di Pesan FAQ Kredivo, namun tak kunjung menemui Solusi, jawabanya hanya suru Bayar & Bayar…
          Gak tau dia nyari uang susahnya setengah mmpus,,,

          bagaimana caranya menghubungi pihak AFPI? Mohon arahanya mas…

          • 2 Maret 2021 - (10:37 WIB)
            Permalink

            Baik mas terimakasih…

            Permasalahannya sudah selesai…
            Payment saya di Sistem Kredivo sudah terposting,

  • 1 Maret 2021 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Bisa cari di google AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia) bisa masukkan bukti-bukti yang ada disana Pak dan bapak bisa menghubungi kontak OJK di http://www.ojk.go.id untuk membantu menyelesaikan masalah ini pak.

  • 2 Maret 2021 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Terimakasih banyak https://mediakonsumen.com, Layanan Konsumen yang Luarr biasa…

    Permasalahan saya dengan KrediVo sudah selesai.. Payment saya sudah di posting, walaupun dengan Negosiasi yang alot alhamdulillah membawa perubahan…

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Sudah Bayar Kredivo Sesuai Cicilan, Malah Disuruh Bayar Double

oleh Ianz dibaca dalam: 2 min
11