Proses Retur Shopee Tidak Sesuai SOP, Tim Verifikasi Memutuskan Secara Sepihak

Pada tanggal 17 Februari 2021 saya menerima paket dari Shopee berupa produk sarung tangan Arei. Sebelum membeli sebuah produk, pasti saya pasti membaca deskripsi produk dan saya yakin Shopee Mall Arei pastilah menjual produk yang asli serta sesuai deskripsi produk, karena itulah fungsi deskripsi.

Isi dari deskripsi sarung tangan Arei adalah terdapat Inner Protektor untuk melindungi buku jari dari gesekan maupun benturan saat berkendara. Lalu saya bertanya kepada CS Arei, inner protektor-nya di mananya ya? (bukti berupa foto screenshot chat).

Karena pihak Arei tidak bisa memberikan bukti bahwa sarung tangan tersebut ada inner protektor-nya, maka saya retur produk tersebut pada tanggal 18 Februari 2021 dan diterima oleh pihak verifikasi retur Shopee pada tanggal 19 Februari 2021.

Pada tanggal 22 Februari 2021 saya mendapat email bahwa retur saya fail. Padahal seharusnya, sesuai SOP yang berlaku di Shopee, tim verifikasi retur meminta data tambahan dari konsumen perihal kasus retur ini agar nanti divalidasi oleh pihak Arei dan tim verifikasi retur Shopee.

Yang paling lucunya adalah, setelah ada kasus ini, pihak Arei mengubah deskripsi produk sarung tangannya menjadi “Penutup Velcro yang dapat disesuaikan ukurannya dengan tangan”. Untuk bagian inner protektor-nya sudah di hilangkan (bukti screenshot terlampir). Seharusnya di sistem Shopee pun hal ini dapat dilakukan pengecekan.

Saya komplain kembali melalui pihak CS Shopee agar mendapat kebijaksanaan dan tanggung jawabnya bagaimana. Pada tanggal 26 Februari 2021 akhirnya saya mendapat jawaban yang tidak menyenangkan dari tim terkait Shopee untuk kasus ini, bahwa saya harus retur kembali.

Total waktu yang terbuang sia-sia adalah 9 hari sampai saat ini. Padahal saya bisa menggunakan uang tersebut untuk keperluan lainnya. Yang saya minta di sini adalah silahkan ambil produk retur kalian di alamat saya atau segera kembalikan uang saya. Karena sudah banyak waktu yang terbuang untuk mendapat solusi dari tim kalian, padahal ini jelas kesalahan tim verifikasi retur kalian yang tidak mengikuti SOP.

Terima kasih.

Demonza Ibrahim
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pengembalian Barang di Shopee:
[Total:4    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Proses Retur Shopee Tidak Sesuai SOP, Tim Verifikasi Memutuskan Secara Sepihak

  • 28 Februari 2021 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Jadi gimana, sudah diberikan solusi kedua untuk diretur kembali kok tidak diretur saja dulu, malah minta penjual ambil ketempat kamu dan opsi lain dari kamu dikembalikan uangnya kan barangnya belum di retur? Apa selama 9hari sudah digunakan?
    Tim shopee memang sangat meragukan saya juga mengalaminya bahkan mungkin semuanya pernah alamin, saya sihh setuju banget buat ada perombakan besar disana sayangnya gak bakal di dengar

 Apa Komentar Anda mengenai Pengembalian Barang di Shopee?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Proses Retur Shopee Tidak Sesuai SOP, Tim Verifikasi Memutuskan Secara…

oleh Davy dibaca dalam: 1 min
3