Kebocoran Data di Kredit Pintar dan Munculnya Rekening Palsu di Bank Permata

Kejadian ini terjadi pada tanggal 20 Februari 2021, antara sore hari menjelang malam. Awalnya saya menerima notifikasi dari pihak Kredit Pintar yang menyatakan saya telah meminjam dana sejumlah Rp1.955.000,-, dengan cicilan pembayaran 3x, per bulan sejumlah Rp973.700,-. Berarti jumlah total pengembalian itu mutlak Rp2.921.100,- (angka yang fantastis bukan ?).

Yang lebih saya tidak mengerti, dana tersebut cair tidak ke rekening saya tapi ke Bank Permata yang jelas-jelas saya tidak pernah membuat rekening di bank tersebut.

Kemudian pada hari Senin tanggal 22 Februari 2021 saya pun datang ke Bank Permata Bandung untuk meng-crosscheck-nya. Saya menceritakan kronologi kejadian aneh ini. Akhirnya terbongkar, saya pun meminta data data si pembuat rekening palsu yang mengatasnamakan saya dan meminjam sejumlah dana ke Kredit Pintar.

Bukti data transfer oleh si pembuat rekening palsu
Bukti data transfer oleh si pembuat rekening palsu

Saya meminta untuk membekukan nomor rekening tsb, tapi kata pihak Bank Permata tidak bisa langsung dibekukan hari itu. Akhirnya saya pun mengambil tindakan untuk merubah data dan meng-update kembali data tsb agar tidak di gunakan kejahatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Bukti penutupan rekening palsu yang mengatasnamakan saya dari Bank Permata
Bukti penutupan rekening palsu yang mengatasnamakan saya dari Bank Permata

Selanjutnya saya kirim email ke Kredit Pintar dengan beberapa bukti dari Bank Permata. Namun saya tidak mendapatkan respon apa-apa, nothing! Sepertinya Kredit pintar lepas tangan begitu saja dengan kejadian ini, dan membiarkan penjahat yang sesungguhnya berkeliaran di luar sana.

Padahal pada awalnya saya dengan Kredit Pintar tidak bermasalah, history saya bagus setiap kali peminjaman, tapi dengan kejadian ini saya dapat menyimpulkan mungkin hanya “keuntungan”  saja yang ada benak dan pikiran mereka.

Saya pun tidak akan pernah membayar uang yang telah digunakan si penjahat tersebut. Sungguh sangat merugikan sekali.

Untuk bank-bank di Indonesia, khususnya Bank Permata, ini sebuah peringatan buat kita semua. Ternyata pembuatan rekening online itu mempermudah, tapi akan menimbulkan masalah besar di kemudian hari. Bank sebesar Bank Permata saja bisa kecolongan dengan meng-ACC aplikasi tersebut tanpa adanya verifikasi ulang, misalnya video call atau apa saja yang bisa memperkuat bukti.

Gian Leona Gusman
Bandung, Jawa Barat


Update (16 Maret 2021): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari PermataBank sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredit Pintar:
[Total:29    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Bapak Gian Leona Gusman

Kepada Yth Bapak Gian Leona Gusman, Menanggapi surat Bapak Gian melalui Website www.mediakonsumen.com pada tanggal 01 Maret 2021 berjudul “Kebocoran...
Baca Selengkapnya

Loading...

40 komentar untuk “Kebocoran Data di Kredit Pintar dan Munculnya Rekening Palsu di Bank Permata

    • 11 Maret 2021 - (01:55 WIB)
      Permalink

      Bank permata “cukup” membantu, tp saya masih mengganjal falam hati :
      ” Aplikasi by online emang tidak bisa di ditek ya ? Dimana di bukanya rekening terebut ?
      Kepadafa pemerintah hapus lah.qplikasinpemautan rekening online, boleh modern tp negara kita belum cukup umur klo segalala pake online ! Buka rekening aman datang lah le kantornya……TONG LOBA GAYA ONLINE LAH

  • 1 Maret 2021 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Ada notifikasi berarti dia berhasil bobol akun Kredit Pintar punya agan? Trus dia bikin rekening di Bank Permata pake data KTP agan atau gimana? 🤔

    Makin mengkhawatirkan aja nih. Harusnya UU ITE tuh dipake buat melindungi rakyat dari hal yg beginian, bukan malah urusan pencemaran nama baik.

    • 1 Maret 2021 - (13:57 WIB)
      Permalink

      saya ga ngerti mas, begitu saya ke Bank Permata dan minta data…pihak bank permata pun membantu membuka semuanya, dan yang lebih tidak di mengerti data saya begitu valid hanya no tlp aja yang berbeda dan foto selfi dgn hasil yang kurang bagus juga KTP semuanya valid…UU ITE ? apakah akan dipake buat menolong kita ?? orang kecil ??

      • 1 Maret 2021 - (14:47 WIB)
        Permalink

        Itu foto selfie sama KTPnya sama persis dengan yg waktu pengajuan di Kredit Pintar gak? Kalo sama persis, berarti aplikasinya gak aman atau ada oknum di dalamnya yg menyalahgunakan data pengguna. 😡

        • 1 Maret 2021 - (15:24 WIB)
          Permalink

          klo itu saya udh lupa mas..mas coba bisa liat di capture uang itu lari dari PT Saftraco ke Bank Permata atas nama “Saya” (dgn menggunakan rekening palsu) terus larinya ke Rekening BCA Perempuan a/n Susanti Janurini……saya dapat data ini dari pihak Bank Permata….
          Saya tidak tahu PT Saftraco itu siapa ? Saya juga tidak mengenal perempuan yang bernama Susanti Janurini itu siapa ? ini yang harus di investigasi oleh pihak pihak terkait…

          • 3 Maret 2021 - (19:10 WIB)
            Permalink

            halo mas. kasus mas sama seperti saya. ada pembukaan rekening atas nama saya digunakan untuk pinjol. kelanjutan proses mas gimana ya?

        • 2 Maret 2021 - (21:47 WIB)
          Permalink

          Rek Bank Permata banyak digunakan oleh aplikasi ilegal pinjol..Saya gk ada pinjam bisanya cm klik link aj ud langsung ditransfer.,bunganya tinggi, dilapor gal ditanggapi.

    • 1 Maret 2021 - (14:34 WIB)
      Permalink

      apa yang telah anda bantu ?? membiarkan orang tak berdosa menanggung beban yang sama sekali tidak dilakukannya ???

      • 2 Maret 2021 - (07:59 WIB)
        Permalink

        Ya Allah jdi takut,, di salah gunakan jg, sdh pak jgn d bayar, biar aja nanti dr pihak mereka nagih sampe capek, bapak jg punya bukti2nya kalau uang itu memang tdk d tf ke rek bapak, dan bapak memang jg tdk ada pengajuan

        • 2 Maret 2021 - (08:09 WIB)
          Permalink

          Maaf pak berarti posisinya kmren itu apk kredit pintat itu msh terinstall di hp bapak gitu ya walau bapak tdk ada pengajuan ?

    • 4 Maret 2021 - (23:23 WIB)
      Permalink

      Masih ada saja, tagiham bekas si penipu, maksudnya kredit pintar apa ? Percuma saya tak akan membayar, enak saja….saya minta hapus tagihan atau tagih tuh ke ke pnjahatnya…..coba coba cari masalah ? Silahkan coba…..saya tunggu, bisa baca ga capture saya diatas? Bisa baca ga ??!

    • 11 Maret 2021 - (01:48 WIB)
      Permalink

      Klo masih ada tagihan bekas si penjahat ke saya, liat aja !! Tampakan muka kalian ! Ngomong ke korban dong ! CS kredit pintat tamatan aekolah mana sih ? Setiap ditanya jawbannya “itu sistem pak kami tidak tahu apa apa ” udah ngomong blepotan……..jujur aja saya awalnya sangat bangga dgn kredit pintar karena kita simbiosis mutualisme saling menguntungkan trs historybpemabyaran saya alhamdulilah bagus….tapi semenjak bocor saya bener bener merasa dipermainkan dan direndahkan pihak kredit pintar karena tidak ada nya follow up yg berarti !.apalagi menolong…..jauuuhhhhh !

    • 19 Maret 2021 - (09:30 WIB)
      Permalink

      Kpintar Yth.GIAN.Tagihan Anda Rp973,700 ,tgl pmbyran,2021-03-20, disarankan bayar lebih awal, hindari denda. Rincian: https://kp.onelink.me/o4cz/f8bf4cd8

      * Ini apa maksudnya ini ????? Nagiiihh ? Tagih tuh ke orang penjahat susanti janurini yang menggunakan dan merusak nama baik saya pake akun saya di kreditt pintar dan buka rekening palsu di permata bank !!! Kita ke mediasi lewat hukum aja klo begini, nih saya kasih tau kontak aja susanti janurini no tlp 0831-8926-5324……saya telusuri dia orang easy cash juga ! Awas sekli sekali lagi ada tagihan ke saya……

      • 19 Maret 2021 - (09:33 WIB)
        Permalink

        Cybercrime mana suaramau ???? Di kasih duit berapa sama si kredit pintar….saya sudah komplen segala macem didiemin……dasar negara antah berantah !!!!!

        • 19 Maret 2021 - (09:36 WIB)
          Permalink

          Saya lebih baik chaos daripada diinjak injak gini !!!!! Nulis aja di artikel sedang kami bantu….*** !
          Polisi cyber crime kemana nih ? Kayak siput !!!!!!

          • 19 Maret 2021 - (09:41 WIB)
            Permalink

            Urusin bawa aja ke ranah hukum …..sayabkorban fitnah ****** !!
            Berkali kai saya bilang ga mau bayar bukan urusan saya urusan penjahat……!

  • 1 Maret 2021 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Baiknya bank jangan buka rekening online dehhh jadi disalah gunakannn sama yang bisa nge hack akun….trs kredit pintar keamanan nya haris lebih di perketat..misalkan scan muka kalo ajukan pinjaman…kalo udah begini jadi takit mau pinjol…

  • 5 Maret 2021 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Saya yg baru saya alamin kemariin 😭 terus kelanjutannya gimana ya bang?? Takut DC nya nagih neror kontak padhal kita gak Nerima uang 1 rupiah pun dan gak punya rekening bank permata, cuma ada penyalahgunaan akun aja

    • 11 Maret 2021 - (01:29 WIB)
      Permalink

      DC jangan bdi hiraukan bu, selama bukti ada lawan klo bisa pangil.warga, sebaliknya kloi DC nya sopan baik kita lqyanin dgn baik pula….pkknya salah jgn afa di kita, klo toh telat bayar tp ada niat bayar jgn takut bu….klo ngomong kasar dsb panggil warga…..inilah the real indonesia….kita ini orang kecil bu, cukup ga perlu laporan ke polisi….

  • 7 Maret 2021 - (19:27 WIB)
    Permalink

    sekarang saya pun mengalami kondisi yang sama seperti mas, akun kredit pintar saya di salahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. dan si penipu ini mengajukan pinjaman 4 jt rupiah, dan dia mengganti nmr telepon, email, serta no rekening. bank nya pun sama di transferkan ke bank permata. saya sudah email ke pihak bank permata untuk memblokir rekening tersebut. Dan saya putusakan akan melaporkan hal ini ke OJK juga saya akan laporkan ke Polda Metro Jaya pada divisi yang menangani cyber crime. kita harus speak up bersama agar tidak ada korban-korban lain yang bermunculan.

    • 11 Maret 2021 - (01:14 WIB)
      Permalink

      Saatnya kita semua jangan ragu bertindak, setiap ada kejanggalan kita cari….saya ga peduli harus melawan penjahat kayak gini ? Penjahat keliaran didiemin….masyarakat kecil ditekan, di sudutkan seolah dipaksa kita yang salah…kita bertindak sendiri saja, urusan gimana nanti, negara kita ga punya HUkUM…..JANGAN KALIAN BERKOAR INI NEGARA HUKUM, penjahat yang data ada aja di biarin….!! Ngaca kalian semua ! Perlakuan kalian membiarkan kejahatan tumbuh subur, saya tantang sampe ke meja hijau pun tak menbuat nyali ciut…karena saya prihatin dgn keadaan seperti ini….ga usah lapor polisi, ga usah komplen ke pinjol….tentukan hukum dgn tangan kita sendiri ! Mereka lemah ! Hanya mau membantu dan mau mengurus yang sekiranya mampu !
      Bank Permata harusnya malu tuh, kredibilitas nya dipertanyakan dgn kecolongan aplikasi online abal abal…pinjol juga sama sering jual data ke pinjol yang lain…..cari makan yang halal !!! Untuk seseorang yg berinisial SJ yang memalsukan data saya, saya atau anda punya rekening di BCA saya bisa membekukan rekening BCA anda…tunggu saja….saya punya hak untuk itu ! Silahkan anda lapor siapa pun….saya jabanin sendirian ! Ga perlu polisi tugas mereka cukup mengurus covid saja, untuk kredit pintar saya tidak silau siapapun anda dan di belakang anda ! Anda harusnya malu, karena ga becus ngurus masalah beginian, mengeluarkan kebijakan pun anda gagu ! Otak nya riba melulu dan keuntungan……

    • 13 Maret 2021 - (06:46 WIB)
      Permalink

      Harus bu….jangan di biarkan seperti ini hingga berlarut larut, sepertinya kita memang tidak bisa menyalahkan pihak pinjol tp bisa aja kan ada oknum di pinjol tsb untuk krja sama dgn bank tertentu, atau dilakukan oleh orang2 yang sudah merasa pintar…tapi dungu, selama kita benar pertahankan bu…..ibu coba minta data ke bank yang ada rekening palsu atas nama ibu trs minta print nanti ketahuan semuanya, sesudah silahkan lapor polisi mudah mudahan di bantu…klo tidak ibu bisa minta ke bank yang ada rekening palsu td minta data dana itu pindah lagi ke bank mana atas nama siapa…dan ibu berhak membekukan rekening asli si penjahat itu tp sebelumnya lapor dulu kepolisi minta surat laporannya

  • 9 Maret 2021 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Saya meskipun sendiri ga takut sedikitpun berhadapan sama kredipintar, boleh coba mau by data, mau fisik hayu..aing orang garut cadu kudu sieun ku sararia..ga serius menangani masalah ini, ! Cari dong perempuan yang SJ ini no tlpnnya ,0831-8926-5324 orang dalan ini kayaknya yakin….nama SJ ini ada di setiap pinjol bisa aja dia yg suka membobol data orang…..polisi diem, ojk diem, sekiranya sekedar hiasan ga usah lah ada lembaga yang katanya mrlindungi masyarakat ! Bullshit semua…..saya berusaha menolong menutupi kelemahan kredit pintar dan bank permata….di hargai pun tidak….dasar antah berantah semua !

  • 10 Maret 2021 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Selamat sore pak Gian, saya juga mengalami permasalahan ini pak, dimana saya sudah pernah mengajukan pembekuan/ penutupan akun pada tanggal 15 September 2020, lantas pada tanggal 8 Maret 2021 saya mendapatkan email tagihan yang telah mengalami keterlambatan. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Kredit Pintar, nomor ponsel sudah berubah dan no rekening tujuan juga di Bank Permata.

    • 10 Maret 2021 - (15:43 WIB)
      Permalink

      Saya tahu mas orangnyabdan oknumnya saya dapat data dari bank permata, tapi keliatannya mereka santai santei melihat masyarakat di perdaya seperti….bareskrim cybercrime, kredit pintar, dingin dingin aja….saya aja betindak sendiri….mereka ga ada kerjanya, mereka ga ada apa apanya mas….mereka seneng makan daging saudaranya sendiri…kita semua ga dapat perlindungan siapa pun mas…negara aneh ! Buat semua yang mengalami hal yg sama kita buang pikiran negara ini negara hukum….ga ada hukum di negara ini, yang punya hukum mereka yang punya duit ! Nonsense kita di lindungi !! Bullshit semua..

    • 11 Maret 2021 - (01:36 WIB)
      Permalink

      Jangan mundur trs serang…..boleh laporan ke polisi tapi mas harus minta ke bank bersangkutan data data nya, pkknya harus dapat….aetelah oknumnya kena terakhir baru lapor polisi (ga tau apa bakal tinfak lanjuti atau tidak) mas minta surat ke kepolisian buat membekukan rekening aslinya si penjahat, trs mas tutup rekening palsu yang mengatas namakan mas…inget mas sepinterbpinternya penjahat online tetap saja tidak cerdas ! Buktinya saya bisa dapat data data nya….jangan takut

    • 16 Juni 2021 - (13:46 WIB)
      Permalink

      halo pak kalau boleh tau permasalahan mba apa masih berlanjut atau sudah selesai, kebetulan saya sedang tahap laporan kepolisian. mba sendiri berlokasi dimana yah. dan apa sudah lapor ke pihak yang berwajib

    • 16 Juni 2021 - (13:49 WIB)
      Permalink

      untuk yg berdomisili di JKT apakah ada yang mau bantu saya sebagai saksi yang sama2 jadi korban penagihan padahal tidak pinjam, bisa hubungi saya melalui email firdawibowo9@gmail.com , kebetulan saya sudah buat laporan ke pihak yang berwajib

  • 6 April 2021 - (10:47 WIB)
    Permalink

    mau nanya dong terus ini kelanjutannya bagaimana?
    karena saya juga mengalami hal yang serupa di tanggal 05 Maret 2021 pukul 7 pagi. hari ini sudah lewat dari jatuh tempo dan dc nya menghubungi saya terus. padahal sudah saya jelaskan saya tidak pernah melakukan pinjaman dan tidak pernah membuka rekening bank permata atas nama saya. tapi pihak dc nya tidak percaya, bilang saya penipu dan memaksa harus bayar.

    pihak dc nya pun sudah menelpon ke kontak darurat saya dan bahasa yg digunakan kasar sekali.

    • 16 Juni 2021 - (13:40 WIB)
      Permalink

      halo mba kalau boleh tau permasalahan mba apa masih berlanjut atau sudah selesai, kebetulan saya sedang tahap laporan kepolisian. mba sendiri berlokasi dimana yah. dan apa sudah lapor ke pihak yang berwajib

      • 15 Juli 2021 - (20:54 WIB)
        Permalink

        Sekarang sudah lewat 4 bulan mbak. Dan sudah tidak ada DC yg nagih lewat chat wa dan TLP juga. Saya sudah melampirkan surat pernyataan bukan nasabah dari bank permata & surat kepolisian jg. Emailnya baru dibales bulan kemarin katanya tidak membuat tagihan di kredit pintar terhapus. Tp gpp lah yg penting DC nya gak neror lagi. Soalnya saya gak ganti nomor hp. DC yg Dateng pun tidak ada dari awal tagihan. Kuatin mental aja mbak

        • 16 Juli 2021 - (17:38 WIB)
          Permalink

          Halo, mba. Kebetulan saya dan beberapa korban lain ada group WA klu mba berkenan bisa gabung untuk sama2 diskusikan permasalahan ini. Sebelumnya mba bisa kirim email ke firdawibowo9@gmail.com dan untuk info selanjutnya terlebih dahulu bisa kita bicarakan lewat email. Terimakasih

 Apa Komentar Anda mengenai Kredit Pintar?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Kebocoran Data di Kredit Pintar dan Munculnya Rekening Palsu di Bank P…

oleh Gian dibaca dalam: 1 menit
40