Surat Pembaca

Shopee Tidak Adil dan Tidak Konsisten terkait Kompensasi Korban Penipuan

Saya tahu kasus penipuan yang terjadi pada saya bukanlah kasus yang pertama kali. Saya juga sadar kejadian ini tidak terlepas dari keteledoran saya (pelajaran yang berharga bagi saya). Namun kejadian ini juga tidak terlepas dari pihak Shopee. Kenapa? Kalau saja pihak Shopee serius menangani kasus penipuan ini dan memperkuat sistem keamanannya, kejadian ini tidak akan terjadi pada saya dan korban-korban setelah saya.

Dalam waktu seminggu saja sudah banyak pengaduan baru, yang bisa saya lihat di Media Konsumen dan komentar-komentar di Youtube https://youtu.be/rRmbmTusnao. Artinya apa? Artinya Shopee tidak serius menangani masalah ini, Shopee tidak serius dalam menjaga keamanan penggunanya.

Saya tidak akan menceritakan kronologinya, karena modusnya sama persis dengan korban-korban sebelum saya. Saya mengalami kerugian ShopeePay Rp1,3 juta dan SPinjam Rp5,6 juta.

Awalnya, setelah menggali informasi dari berbagai sumber dan kontak langsung dengan korban-korban lainnya, saya memutuskan akan membayar setengah dari tagihannya. Alasan saya adalah karena ini bukan sepenuhnya kesalahan saya dan juga karena mendengar bahwa Shopee memberikan tawaran berupa voucher dengan nominal rata-rata 50% dari total kerugian (saya mendapatkan info tsb langsung dari korban yang mendapatkan voucher tsb dan dari komentar-komentar di Youtube).

Saya pikir dengan Shopee memberikan voucher 50%, berarti Shopee ikut bertanggung jawab atas kejadian ini. Namun nyatanya setelah melaporkan kasus ini, Shopee hanya menawarkan voucher Rp630 ribu, atau 9% dari Rp6,9 juta.

Tentu saja saya tidak terima. Saya berusaha menghubungi pihak Shopee via email dengan sabar menunggu balasannya. Saya ingin tahu alasan kenapa hanya 9%? Atas dasar apa? Namun sungguh mengecewakan, setelah ditelepon oleh pihak Shopee, jawabannya gak jelas dan itu-itu saja “Maaf kak, ini sudah menjadi ketentuan Shopee”. Hanya itu kalimat yang keluar dari mulut CS. Saya langsung berubah pikiran, ternyata Shopee benar-benar lepas tangan.

Saya akan posting ketidak konsistenan Shopee mengenai waktu penawaran voucher sebelum dan sesudah saya tolak voucher-nya di pengaduan saya selanjutnya, jika pihak Shopee masih tidak menanggapi ini postingan ini. Ada bakwan dibalik voucher?.

Saya masih menunggu itikad baik dari Shopee. Saya akan bertanggung jawab kalau Shopee juga demikian. Karena kesalahan bukan hanya pada saya.

Terima kasih.

Rahmi Annisa
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • INI SIH MASIH ENAK KELAYAN YANG FATAL MASIH DAPAT KOMPENSASI.. NAH GUE AKUN DI SUSPEND DANA SHOPEE PAY BUAT BAYAR PAY LATER DI TAHAN SHOPEE!! TIDAK BISA DI CAIR KAN PADAHAL TIDAK MELAKUKAN TRANSAKSI APAPUN PADA HARI ITU!! KARNA VOUCHER HABIS DI GUNAKAN.. DAN SEDANG MENGHAPUS KERANJANG YANG KEPENUHAN TIBA TIBA HALAMAN BERMASALAH TERUS LOGOUT BANED.. ENTAH KEJANGGALAN TRANSAKSI DARI MANA!!! SAMPE2 UANG SAYA TIDAK BISA DI CAIRKAN PADAHAL ITU UANG SAYA TIDAK MINTA KE SHOPEE

    • Setelah Shopee membaca artikel saya di media konsumen.. Alhamdulillah sekarang dana dan akun nya sudah di kembalikan lagi.. Dan uang sudah bisa saya tarik untuk pembayaran spaylaternya..Padahal sebelum sebelumnya kekeuh banget itu dananya akan terus di tahan.. tidak akan mencairkan dana nya karna sistem.. Alhamdulillah sekarang sudah beres.. Terimakasih media konsumen.. Terimakasih Shopee

  • banyak komentar diatas tidak tau yang namanya phishing hacking dll. kalian tidak tahu bahwa sekelas google sklipun kode otp tidak berguna dimata hacker. tanpa kode otp mereka bisa login dan jelas itu kesalahan keamanan pihak aplikator. semoga klian yang diatas langsung berkomentar tentang kode otp. bisa merasakan sensasi diretas tanpa tau kesalahan kalian.

  • 6 april 2022. Setelah saya cari info. Yg tertipu di shopee apakah dapat ganti rugi. Ternyata tidak. Dan setelah baca blognya. Saya sadar saya tertipu. Dgn kejadian yg sama. Moga Allah yg membalasnya