Surat Pembaca

Komplain Transaksi Pembelian Token PLN melalui Aplikasi DANA

Pada tanggal 02 Maret 2021 pukul 16:13 WIB saya melakukan transaksi pembelian token PLN sebesar Rp5.000.000 melalui aplikasi DANA. Namun sampai hari ini tanggal 05 Maret 2021, status transaksi masih “ORDER IN PROGRESS” dan token PLN tidak keluar/tidak muncul, tetapi pembayaran sudah mendebit Kartu Kredit bank Permata.

TRANSAKSI DANA -ORDER IN PROGRESS

Saya sudah melakukan konfirmasi ke:

1. Pihak Bank Permata, Mereka menyarankan untuk menghubungi DANA karena menurut mereka pembelian token sudah berhasil dan tidak bisa dibatalkan, hanya pihak DANA yang bisa membatalkan.

2. Pihak PLN. Mereka menyatakan pembelian belum ada, karena uang tidak masuk ke sistem mereka sehingga PLN tidak mengeluarkan nomor token.

3. Pihak DANA melalui telepon di 1500-445, tapi berkali-kali dihubungi selalu jawaban mesin sibuk melayani pelanggan lain.

Melalui WA di 0819-1150-0445, juga sudah 3 kali saya WA pagi tanggal 3 Maret 2021 pukul 10.15, responnya sangat lama, dan baru dijawab pukul 23.55 pada saat jam tidur, sehingga tidak dijawab dan tiket komplain saya ditutup.

Kemudian tanggal 4 Maret 2021 siang pukul 14.16, juga baru di jawab pukul 23:55 WIB. Pada waktu saya sedang mengisi formulir data permintaan CS DAANA, belum ada 5 menit tiket langsung ditutup. Hal ini sangat mengecewakan dan terkesan DANA menghindari untuk menanggapi komplain pelanggan.

Saya sudah menghubungi email DANA (help@dana.id), tapi sampai hari ini juga belum ada yang merespon/ menghubungi saya.

Mohon bantuan dari pihak yang terkait bisa segera membantu dan membrikan solusi.

  1. Nomor telepon yang terdaftar di DANA: 085230**1870
  2. Nama: Dyah Rini I.
  3. Alamat email aktif : dyah_rini02@yahoo.com
  4. Detail keluhan: token listrik tidak muncul, status “order in progress” tapi tagihan sudah masuk di kartu kredit
  5. Tanggal dan jam transaksi: 02 Maret 2021, jam 16:13
  6. Respon yang muncul saat mengalami kendala: menghubungi DANA Care di WA
  7. Nominal transaksi: Rp5.001.500

Terima kasih.

Dyah Rini Indriastiti
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Infoin detail keluhannya di DM ya Kak biar aku bntu cek lebih lanjut ?. Thx -VF-

  • Busyeeet Mbak Dyah berani banget transaksi gede2 gini di D*ana ......Sistemnya lagi parah banget transfer: banyak pending, akun dibekukan, akun dimandulkan dll...

    • Iya Pak, ini saya beli token listrik untuk kebutuhan kantor, jadi sekalian besar nominalnya. Sebelumnya saya cukup puas dengan aplikasi Dana, tapi sejak kejadian ini dan respon pihak Dana yang sangat lambat, saya langsung hapus semua tautan kartu kredit saya dan terakhir ini saya menggunakan aplikasi Dana. Semoga yang lain tidak mengalami kejadian seperti saya.

      • btw.. kalau beli token listrik nominal besar begitu mending di platform lain deh.. selain promonya lebih bagus, bebas biaya juga kalau pakai kartu kredit =)

  • Resiko transaksi nominal besar di dana ya gini ?
    Mending langsung transaksi di atm atau mobile banking bank bersangkutan aja kalo lebih jelas dan lebih terjamin kalo suatu saat ada masalah

    Apalagi dana sepanjang 2021 ini kayanya sedang bermasalah banget banyak saldo dibekukan tanpa alasan yg jelas
    Mungkin kebanyakan pakai sistem bakar uang dengan promo akhirnya modal intinya habis tapi pendapatan ga sesuai harapan