Surat Pembaca

Tim Pusat Resolusi Shopee Tidak Bertanggung Jawab

Saya sangat kecewa dengan pelayanan Tim Pusat Resolusi Shopee yang bertindak seenaknya tanpa melihat bukti dengan jelas.

Kronologi:

Tanggal 27-2-2021, saya membeli 3 pcs baju di toko Yorustuff, saya selalu rekam video unboxing pada saat terima barang.

Pada tgl 1-3-2021, barang tersebut diterima dengan sangat berbeda dari deskripsi toko dan foto: ukuran baju fit to L dan bahan satin premium import (model piyo-piyo), ternyata yang datang ukuran XS dan berbahan spandex. Dan untuk 2 baju lainnya, ditulis di keterangan: bahan kaos katun import, fit to XL, ternyata yang datang juga bukan katun import.

Maka saya mengajukan pengembalian barang karena saya merasa tertipu oleh toko tersebut.



Semua bukti sudah saya lampirkan berikut perbedaannya dan videonya, tetapi admin Shopee bilang, bukti tidak kuat dan dana langsung dilepaskan ke seller. Padahal saya sudah foto produknya dan videokan perbandingan setiap produk yang saya terima, ketiganya berbeda ukuran.

Lalu saya telepon ke CS shopee, dibantu dengan CS bernama Vecil, saya minta dana ditahan karena bukti yang saya kirimkan sudah kuat, lalu saya disuruh mengirimkan bukti lagi, tetapi admin shopee yg bernama Ebin menolak pengajuan keberatan saya dengan alasan: Karena tidak terdapat lampiran bukti yang dibutuhkan dari pembeli hingga batas waktu yang ditentukan berakhir. Padahal saya sudah mengirimkan buktinya, bisa dilihat di ss tersebut, admin minta sy kirim bukti pada pukul 16.15, saya kirim bukti pukul 17.02, jadi apanya yang melebihi batas waktu???

Esok harinya saya berencana ke kantor Shopee dan saya telepon ke CS Shopee menanyakan kantornya yang di mana karena Shopee mempunyai 2 kantor di Jakarta (kantor customer service dan kantor Shopee Indonesia), tetapi CS Shopee yang bernama Agit, menyarankan untuk kirim bukti lagi via email agar dia bantu ke tim terkait yang menangani masalah tersebut.

Lalu saya kirim lagi bukti perbandingannya, tim shopee meminta foto ukuran produk yang diterima padahal saya sudah memberikan bukti bahwa produk tersebut berbeda, lalu saya berikan lagi produk yg saya terima dengan produk yg saya miliki (produk satin dan size produk yg berbeda dengan yang dikirimkan seller).

Tetapi tim Shopee yg bernama Armando tetap menolak pengajuan banding saya dengan alasan: saya harus menghubungi seller sendiri dan sudah di luar dari tanggung jawab Shopee.

Padahal Shopee sendiri yang bertindak melepaskan dana kepada seller tanpa melihat bukti yang sudah diberikan. Sekarang pihak Shopee malah lepas tanggungjawab, padahal kesalahan ada di Shopee. Bagaimana bisa aman belanja di shopee kalau shopee aja lebih pro ke seller daripada ke buyer?

Saya biasa beli barang di Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Blibli, tim admin mereka, lebih pro ke buyer dibanding seller dan lebih profesional dalam bekerja, tidak sembarang melepaskan dana ke seller. Dan mereka lebih bijaksana dalam menyelesaikan komplain.

Saya minta teman-teman yang merasa tertipu oleh seller dan admin yang tidak bertanggungjawab mau melaporkan ke pihak berwajib atau ramai-ramai kita tuntut Shopee, agar tidak ada lagi korban penipuan macam begini. Shopee sebagai pihak ketiga saya anggap sebagai kaki tangan karena melepaskan dana tanpa melihat bukti yg jelas. Sebagai informasi pihak Shopee mendapatkan fee dari setiap transaksi yang berhasil sukses, jadi Shopee bisa dianggap sebagai kaki tangan.

Lidya
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • saya member platinum dishopee mengenai retur barang tidak pernah ada masalah jika bukti sudah akurat.
    untuk ukuran diketerangan screnshoot fresize fit L pengalaman saya belanja jika kurang jelas bisa cek review pembeli lain atau chat kepenjual..
    jika permasalahan anda karena size seharusnya anda ukur dgn penggaris ukur baju dan difoto bukan video barang..
    disini kenapa pihak shopee tidak bisa membantu buyer karena permasalahan diajuin dgn bukti yang dikirim tidak to the point..
    jika benar karena size anda bs lgsg foto baju dgn penggaris yg lgsg diukur kebaju biar jelas..bukan baju yg anda beli dimall yang anda sebut size lain disamain.
    karena untuk pengertian size selalu berbeda..
    untuk foto SS anda juga atas bawa beda dan sengaja dicrop fotonya..buat artikel juga harus sesuai fakta juga..
    saran lebih baik being smart buyer agar tidak ngalami hal begini saya udh belanja dishopee selama 4 th tidak pernah retur ditolak setelah kirim bukti..

      • Ada gan. Member platinum itu orang yang sudah transaksi banyak di shopee. Semacam loyalitas begitulah. Biasanya dapat perlakuan istimewa dari shopee. Misalnya chatnya di dahulukan diprioritaskan untuk dijawab. Dapat banyak penawaran promo dan diskon. Serta dapat voucher hadiah ulang tahun dari shopee. .he..he..

      • Status platinum hanya ingin info jika transaksi saya sudah banyak dishopee banyak dan saya jg pernah ajuin retur tetapi ditanggapi dgn baik sama pihak shopee. Asalkan alasan pengembalian dan bukti lgsg kepoint nya jgn masalah dipermasalahkan ukuran tapi yg dikirim video unboxing atau perbandingan baju yg tidak jelas dari mana..lbh baik foto meteran dan ukur baju jika anda mampu kekantor shopee sana sini knp tdk dari awal kirim bukti yg bs membantu anda benarkan alasan anda retur..dan setau saya shopee akan minta bukti dikirim berskala lbh baik update terus status pengemblian jgn kirim bukti 1 kali lalu masalah anda tinggal..
        hanya ingin informasi dengar info jgn hanya 1 pihak krn shopee tdk akan merusak nama baik hanya karena 1 transaksi yg kecil dibawah 150rb..
        Dan jadi pembeli harusnya lbh hati2 dan teliti saat anda belanja jika ragu mending jgn beli..beli offline saja anda bs coba sampai puas..

        • Justru sudah di update dan dikirim bukti tetapi pihak shopee tidak melihat bukti yg dikirim. Kalau memang dia melihat bukti, dia pasti meminta bukti berskala seperti yg Anda bilang. Saya juga pernah komplain di shopee mengenai masalah yg lain, dan biasanya kalau memang bukti tidak lengkap, dia akan meminta bukti kembali tetapi ini pihak admin tidak meminta bukti kembali dan langsung menutup komplain sehingga saya tlp berkali2 dan dibantu oleh customer service lain untuk mengirim bukti lagi tetapi tetap masalahnya si admin yg di pusat resolusi main menutup komplain. Jadi di sini saya tegaskan, bahwa admin yg menangani permasalahan di awal tidak bertanggungjawab dan tidak berkerja dengan profesional

  • Saya ingin klarifikasi bahwa masalah dengan tim shopee sudah di selesaikan dengan baik, dengan ini saya mengucapkann banyak terimakasih untuk media konsumen, dengan adanya media konsumen jadi hak konsumen dapat diperjuangkan, MAJU TERUS MEDIA KONSUMEN.
    dan untuk teman-teman yang sudah mengikuti kronologis ini sampai selesai, saya harap kedepannya tidak ada lagi kejadian seperti ini.

    kepada pihak managemen shopee, saran saya agar lebih ketat dalam perekrutan karyawan yang akan dijadikan admin dalam pengambilan keputusan masalah, jangan hanya karena beberapa oknum tidak bertanggung jawab nama besar shopee jadi jelek di mata konsumen, tolong agar diperketat lagi syarat2 untuk menjadi admin, seharusnya tidak perlu sampai masuk media konsumen, jika adminnya berkerja dengan baik sesuai SOP yg berlaku saya yakin masalah sudah selesai sebelum masuk media konsumen.

    terima kasih sekali lagi untuk media konsumen dan tim shopee yang sudah menyelesaikan masalah ini dengan bijaksana.

    • klo orang bilang ada harga ada kualitas. duit 45 ribu mau yg aneh2. bagus km beli kain sendiri desain sendiri jahit sendiri cukup nggk tuh 45rb? blanja 135rb aja komplainnya udh kyk km belanja 135juta. sy kira km agak terlalu lebay???

      • Mas bro, bukan masalah nominalnya, tetapi kebenaran dan kejujuran itu perlu di perjuangkan sekecil apapun nilainya. kelihatan sekali kalau anda sekolah cuma sampe Gerbang.

    • Terima kasih Ibu Stella, cerita menginspirasi saya. Kebetulan saya sedang mengalami dan mirip sekali. Sekali lagi terima kasih sudah berbagi.

    • Bagaimana pihak shopee menyelsaikan nya gan? saya juga punya kasus yg sama dengan pusat resolusi shopee, jauh sekali dengan pusat resolusi tokopedia yg tidak akan menyelesaikan suatu kasus tanpa ada persetujuan dari kedua belah pihak (pembeli & penjual) meskipun salah satu pihak memberi bukti kuat yang tidak bisa di bantah dan Admin mediator setuju, tetapi admin selaku mediator selalu konfirmasi tentang persetujuan pihak yang kalah bila belum ada kata persetujuan maka masalah berlanjut diskusi bisa lebih dari satu minggu. file bukti video boleh hingga berukuran 50 MB, tidak seperti shopee yg hanya sediakan maksimal ukuran 4.5 MB, ukuran segitu muat buat durasi berapa detik coba? dikira masih zaman nya hp blackberry.

  • Sama seperti kasus yg saya alami kk,masalah dengan team terkait shopee.saya sebagai penjual klaim produk cod,yg di kembalikan dalam keadaan rusak.system shopee membatalkan pesanan,dengan keterangan barang sudah berhasil dikembalikan di tanggal 14 november, di tanggal 15 saya buat pelaporan belum terima barang..dari buat pelaporan itu tidak ada respon,hanya suruh menunggu dan suruh hubungi agen jasa kirim awal..dan akhirnya di tanggal 23 barang datang..setelah aku cek barang rusak parah dan aku ajukan komplain berikut vidio unboxing..disini team shope tgl 24 minta bukti vidio pengemasan awal,dan tanggal 24 langsung saya kirim vidio dan gambar2..dan suruh nunggu 5 hari kerja..disini saya nunggu sampai tgl 10 desember,belum juga ada balasan.dan di tanggal 16 desember ada balasan..klaim dengan no pelaporan sekian tidak dapat di tindak lanjuti karena lewat batas waktu..
    Disini saya bingung sumpah,kerjanya team resolusi shopee itu ngapaian? Sudah jelas2 ditanggal 15 kita sudah ajukan komplain,kok dibilang sudah lewat batas waktu.jujur kerja team resolusi ini berantakan banget tidak bisa melihat histori no pelaporan dan bukti2 yg di kasih..sangat kecewa.sebenernya ini yg harus dibenahi adalah team resolusi yg tidak becus kerja.banyak pembeli yg di rugikan..banyak penjual di rugikan dengan barang retur yg rusak..malah suruh hubungi jasa kirim sendiri.kan komplak team shopee