Pengiriman Uang via DANA yang Terpending Tanpa Sebab

Dear tim Media Konsumen dan pihak Dana (nomor pelaporan#6493483 ),

Izinkan saya melaporkan kasus yang lagi-lagi melibatkan pihak Dana di dalamnya. Kali ini kasus yang saya alami untuk pertama kali adalah terpendingnya pengiriman uang yang saya lakukan ke nomor rekening BRI dari saldo Dana pada tanggal 6 Maret 2020 pukul 12:36:07.

Saya sudah melakukan pelaporan kepada pihak Dana baik melalui telepon, email, instagram, dan facebook namun hingga sat ini belum ada penyelesaian dari pihak Dana terkait transaksi saya ini.

Pihak Dana terkesan mengelak dan berbelit-belit dalam menanggapi keluhan saya. Diakhir pembicaraan kami, pihak Dana malah terkesan menyalahkan pihak bank dari tujuan transaksi (re: Bank BRI) karena tidak melakukan penerimaan atas dana yang saya kirimkan.

Saya sebelumnya telah melakukan pelaporan ke pihak Bank BRI melalui cust online via telfon dan menyatakan bahwa tidak ada Dana yang masuk ke rekening yang saya tuju, yang artinya adalah gagalnya transaksi.  Saya telah menginfokan kepada pihak Dana terkait gagalnya transaksi ini tetapi pihak Dana lagi-lagi mengelak dan mengatakan bahwa sedang ada investigasi dari pihak bank. Disini saya merasa bingung, padahal sebelumnya pihak bank sudah mengatakan secara tersirat bahwa transaksi gagal, jadi apa lagi yang harus diinvestigasi?

Dengan saya tuliskan kronologi ini, saya berharap pihak Dana akan segera melakukan penerusan uang ke rekening yang saya tuju.

Jika hingga hari ini pihak Dana belum juga menyelesaikan transaksi pending tersebut saya telah siap dengan semua bukti chat, transaksi dan bukti dari pihak bank untuk melakukan pelaporan ke pihak berwajib.

Demikian surat ini saya sampaikan. Saya lampirkan sc dari percakapan dari pihak Dana.

Grace Ruth Cecilia
Doloksanggul, Humbang Hasundutan
Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:3    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

11 komentar untuk “Pengiriman Uang via DANA yang Terpending Tanpa Sebab

    • 9 Maret 2021 - (11:37 WIB)
      Permalink

      Saya juga pelanggan nomor #6343993
      Transaksi pending dari tgl 25 februari – 9 maret belum ada kepastian kapan uang saya akan dikembalikan.
      Respon cs dana hanya menunggu dan menunggu. Sedangkan saya sedang butuh uang itu.
      Karena dari pihak bank BNI belum menerima transferan saya.
      Mohok pihak Dana agar merespon kapan kiranya uang saya di kembalikan ke saldo saya.

  • 8 Maret 2021 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya tidak perlu panik. Status transaksi kan sudah jelas “pending”. Kecuali statusnya sukses tapi uang tidak masuk, itu perlu lapor CS. Untuk masalah pending seperti itu biasanya 1×24 jam (hari kerja) juga selesai. Tunggu hari Senin, karena Sabtu & Minggu bukan hari kerja Bank BRI. Kalau mau meminimalisir masalah seperti ini transfer via ATM/Mobile Banking aja. Fungsi utama Ewallet semacam DANA kan untuk melakukan pembayaran produk yg kita beli, entah itu beli produk virtual atau produk fisik di merchant.

    • 8 Maret 2021 - (16:23 WIB)
      Permalink

      Karna banyak sekali kasus serupa yang digantung berminggu-minggu, hingga berbulan-bulan

      • 15 Maret 2021 - (17:19 WIB)
        Permalink

        Lihat hari kejadian masalahnya bu. Biasanya masalah dana nyangkut itu 1×24 jam (hari kerja) juga selesai. Kejadiannya kan hari Sabtu. Tunggu hari Senin, karena Sabtu & Minggu bukan hari kerja Bank BRI.

        Jadi gini, sebagai saran aja kalau mau transfer uang dari ewallet ke rekening Bank sebaiknya lakukan hari Senin – Jum’at Pukul 09:00 – 21:00 WIB. Di luar itu, mending tunda dulu deh. Oh iya, awal & akhir bulan juga rawan gangguan.

        Atau lebih baik hindari transfer uang ke rekening Bank dari ewallet.

    • 9 Maret 2021 - (07:43 WIB)
      Permalink

      Biasanya di aplikasi dana itu klik transaksi yg pending itu bisa di gagalkan dan saldo kembali

  • 8 Maret 2021 - (22:28 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya menggunakan dompet digital, termasuk DANA hanya untuk keperluan pembayaran transaksi di merchant online atau offline saja, bukan untuk transfer uang ke rekening bank. Menggunakan dompet digital untuk transfer uang ke rekening bank dalam jumlah besar sangat beresiko, seperti terpenting atau malah gagal terkirim tapi saldo sudah terpotong. Mengurus masalah gagal kirim dari dompet digital ke rekening bank sangat melelahkan, makan waktu dan pikiran.

    Jika ingin transfer uang ke rekening bank sebaiknya transfer antar rekening bank saja, tidak melalui dompet digital. Jangan gegara biaya transfer antar bank yang tidak seberapa justru kehilangan uang, atau setidaknya memerlukan waktu untuk komplain, apalagi menggunakan call center, justru biaya pulsa lebih besar dari biaya transfer antar bank.

    Sejatinya dompet digital adalah untuk pembayaran transaksi, bukan untuk transfer bank. Meskipun ada fasilitas transfer uang dari dompet digital ke rekening bank, jangan dijadikan sebagai sarana untuk transfer uang ke rekening bank, bisa berakhir seperti kasus diatas.

  • 9 Maret 2021 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Sejak banyak nya kasus di aplikasi ini udah ga berani lagi transfer2 nominal diatas 100K.

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Uang via DANA yang Terpending Tanpa Sebab

oleh Grace Ruth Cecilia dibaca dalam: 1 min
11