Surat Pembaca

Pengiriman Barang oleh JNT Tidak Sampai-Sampai dan Tidak Ada Kejelasan Untuk Klaim Refund

Surat ini saya tujukan kepada pihak ekspedisi J&T Express.

Saya adalah penjual di marketplace Shopee. Pada tanggal 8 Maret 2021 saya mengirimkan barang kepada customer saya dengan nomor resi JP1633931453. Tapi saat saya cek nomor resi tersebut, update status pengirimannya hanya berhenti sampai tanggal 12 Maret 2021 saja dan tidak ada perubahan sampai dengan sekarang saat saya mengirimkan surat ini. Padahal status terakhir, barangnya sudah sampai di Drop Point daerah tempat customer saya berada.

Saat saya tanyakan ke counter J&T, informasinya ada kemungkinan barangnya terselip atau hilang. Dan anehnya lagi prosedur dari J&T akan menyatakan barang kiriman hilang adalah jika “SETELAH 1 BULAN BARANG TIDAK TERKIRIM TERHITUNG DARI TANGGAL PENGIRIMAN BARANG”. Kenapa harus menunggu 1 bulan dulu??? Padahal customer saya setiap hari menanyakan terus barang yang dipesan tidak sampai-sampai, karena customer saya sangat membutuhkan barang tersebut secepatnya.

Usaha saya pun tidak hanya menanyakan ke counter J&T, tapi saya juga telepon ke call centre beberapa kali, menghubungi via whatsapp call centre. Dan jawaban mereka hanya akan dibuatkan laporan, akan dibantu sampaikan ke pihak yang terkait, akan dikoordinasikan, dan hanya meminta saya untuk menunggu barangnya terkirim tanpa ada kejelasan pasti status barangnya saat ini apakah betul hilang atau bagaimana dan tidak jelas juga saya harus menunggu sampai kapan. Pihak J&T juga hanya menyampaikan akan ditindaklanjuti dalam waktu 3×24 jam. Tapi saya sudah menunggu lebih dari 3×24 jam dan tidak ada update informasi apapun dari mereka.

Saya juga meminta pihak J&T untuk proses refund saja tapi tidak ditanggapi dan lagi-lagi hanya meminta untuk menunggu barangnya saja.

Dan sampai sekarang saya mengirimkan surat ini, saya tidak menerima kepastian dan kejelasan apapun dari pihak J&T untuk penyelesaian pengiriman barang ataupun klaim refund saya.

Melalui surat ini saya minta agar pihak J&T segera menanggapi keluhan saya dan segera menyelesaikan proses klaim saya.

Andre
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya seller jg pengalaman sy bisa diganti kok, Coba suruh pembeli komplain pesanan belum terima, nanti ajukan ke shopee bilang sudah dikirim minta investigasi.
    Ke agent/counter jnt yg agan kirim push terus minta WA penanggung jawabnya, minta follow up kasus itu sm bikin klaim hilang.
    Dulu jnt sy saling lempar tanggung jwb ke drop poin lain, untung drop point awal mau tanggung jawab.

    • Sy pengalaman mengirim barang dan hilang oleh ekspedisi selain JNT juga memang diganti. Apalagi setelah sy kirim surat pembaca seperti ini langsung besoknya klaim sy direspon. Tapi kalau barang hilang oleh JNT baru kali ini sy alami. Sudah sy kirim surat pembaca seperti inipun sampai sekarang masih belum ada tanggapan apapun dari JNT. Padahal link surat pembaca ini sudah sy kirimkan langsung ke call centre JNT.

      Sy sudah laporkan juga ke pihak shopee lalu sudah diinvestigasi dan infonya masih dalam proses sortir pihak JNT dan hanya diminta untuk menunggu saja. Jadi sekarang pihak JNT dan shopee sama-sama tanggapannya meminta untuk menunggu tanpa ada kepastian barang itu kapan sampainya..

      • Kenapa ya setiap kalo ada keluhan, pihak J&T ga pernah ada yang kasi tanggapan di media konsumen kaya gini, Tapi kalau expedisi sebelah itu malah yang cepat tanggap dan gagah berani untuk bertanggung jawab sama konsumennya?

      • Lalu kelanjutannya gimana pak? Apakah sudah dikirim jnt? Saya juga pesan paket JP1750305194 dari tanggal 29 April sampai 3 may belum ditanggapi. Status paket gak berubah dari tanggal 29 April. Udah chat cs Jnt sama kayak baapak diatas. Suruh nunggu 3×24 jam.

  • Saya juga mengalami hal yang sama dengan expedisi JNT ini, saya kirim paket untuk pembeli dari tokopedia pada tgl 3 Mei dg resi JT1869552213 tujuan Stg-Bali tp traking tidak bergerak dari tgl 5 mei sampai komentar ini saya tulis, dg status barang masih di Pontianak.. udah coba kontak ke pihak JNT tp belum ada telp yang bisa masuk untuk di hubungi.. alhasil harus bolak balik conter awal untuk push (semoga masih ada kesabaran), karena sampe detik ini saya juga belum tau kejelasan paket kiriman saya ini.. sedangkan pembeli mau cpt menggunakan barang tersebut (kamera) untuk lebaran.. JNT oh JNT