Setelah 10 Hari Menunggu, HP Beli di Merchant Resmi Xiaomi di Shopee Sudah Tiba

Pertama, saya harus fair terkait unggahan surat keluhan saya sebelumnya terkait pembelian di toko resmi Xiaomi di Shopee, yaitu barang sudah tiba pada hari Rabu 17 Maret 2021. Sebelumnya, pihak Shopee beberapa kali menelepon bahwa barang akan dikirimkan prioritas. Terima kasih atensinya. Barang diterima sesuai dengan estimasi ketibaan, yaitu 17 Maret 2021 dari pembelian tertanggal 7 Maret 2021.

Lantas, kenapa dipersoalkan?

Biar duduk perkara jelas, adalah kami membeli barang di Xiaomi mengikuti deskripsi bahwa barang dikirim dari Jakarta Utara. Bukan Balikpapan atau Deliserdang atau Makassar. Jadi, dari deskripsi awal itu kami berpikir barang tidak akan lama dikirim. Maksimal tanggal 11 Maret. Pengirian hanya ada dua: kargo seharga Rp 84 ribu dan ambil sendiri (saya lupa kisaranya, kalau tidak salah 17 ribuan). Kargo estimasi ketibaan 11 Maret – 1 Mei 2021.

Pengalaman belanja online, tidak mungkin selama itu untuk ketibaan. Bahkan bisa lebih cepat dari estimasi. Apalagi barang ada di Jakarta Utara. Juga, berhubung tahun 2020 kami pernah berbelanja di lapak yang sama dan maksimal.

Usul konkret, pengiriman langsung saja tulis estimasi ketibaan seperti market place sebelah (2, 3, 5, 14 hari, etc), sehingga orang lain bisa langsung memilih dengan pertimbanga itu. Bukan lagi pakai ‘antara tanggal sekian hingga tanggal sekian’. Saya rasa perlu ada penjelasan soal pengiriman kargo ini. Berbelanja online itu memudahkan, bukan mempersulit, apalagi membuat samar penjelasan. Bila tegas estimasi ketibaan lama, maka customer bisa memutuskan untuk mencari barang lain atau beli offline.

Untuk Xiaomi, barang tidak ada kendala. Baik dan berfungsi maksimal. Satu lagi, terima kasih untuk ruang keluhannya MEDIA KONSUMEN. Sangat berguna untuk konsumen-konsumen Indonesia. Terima kasih.

Salam.

Andry Haryanto
Bogor, Jabar 19613

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Kalau belanja online atau via telepon, dan ada waktu estimasi pengiriman, harusnya bapak tidak perlu uring-uringan sebelum waktu estimasi berakhir.

    "Pengalaman belanja online, tidak mungkin selama itu untuk ketibaan"

    Belanja di Amazon, barang dari Australia, kadang sudah tiba di hari ke 4.
    Belanja di marketplace Indonesia, malah bisa 7 hari baru sampai.

    Ekspedisi mekanismnya tidak seperti layanan Grab Express atau Gosend. Banyak pos/counter yang harus dilalui. Intinya kesabaran ditambah.

    • Intinya mah koar koar dulu biar dpt simpatik sana sini. Urusan salah dan malu mah belakangan yg penting dah terkenal dan masuk medsos

  • Setau saya, khusus shopee, pilihan Ambil sendiri itu bukan ambil di kantor seller. Tp ambil di toko Indomaret terdekat. Ongkir lebih hemat.

  • Masih untung datang saya Beli HAND PHONE DI PROMO JDid dari Bulan oktober 2020'sampe sekarang blm datang juga malah akun jdid'no.hp.email diganti'tanya cs bolak balik akhir2 nya di suruh lapor ke pihak berwajib itu buat anak sekolah belajar online Bos'Tolong konpensasinya