Penipuan Mengatasnamakan Shopee

Saya ingin melaporkan bahwa saya telah terkena penipuan yang mengatasnamakan Shopee. Modusnya saya ditelepon melalui whatsapp dengan nomor berawalan +1 sekian. Kemudian saya diberi tahu bahwa saya dapat voucher cashback Rp2 juta.

Awalnya saya tidak percaya, tapi kemudian orang tersebut memberikan data saya untuk meyakinkan kalau dia memang benar dari Shopee. Kemudian orang tersebut memberi link ke saya untuk mulai survey.

Setelah itu saya disuruh mengisi Shopee Pay sebesar 350 ribu dan meminta saya ke ATM. Ternyata orang tersebut menyalahgunakan Shopee Pinjaman (SPinjam) saya sekitar Rp2,4 juta.

Saya sudah melapor ke pihak Shopee dan disuruh menunggu 3 x 24 jam. Saya takut dengan tanggal jatuh tempo yang sebentar lagi dan harus bayar sekian juta.

Nur Intan Cinatur
Karanganyar, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Penipuan Mengatasnamakan Shopee

    • 26 Maret 2021 - (15:30 WIB)
      Permalink

      Tujuan ngebully biar apa gan? Namanya musibah bisa kena ke siapa aja. Penipuan model social engineering ini memang memanfaatkan kelengahan korban. Mbaknya sharing di sini jg ada manfaatnya, biar yg lain waspada.

      11
      1
      • 26 Maret 2021 - (15:37 WIB)
        Permalink

        Terima kasih mas
        Saya sebenernya sudah mengikhlaskan, tapi yg jadi pikiran saya itu misal saya membayar tagihan shopee pinjaman apakah akun saya sudah aman? Untuk pswd sudah saya ganti

        1
        1
      • 26 Maret 2021 - (20:48 WIB)
        Permalink

        1 kesalahan kecil tapi kejadiannya berulang, bukan malah simpati atau empati, tapi jadi sebuah kelucuan

        • 26 Maret 2021 - (22:54 WIB)
          Permalink

          Tiap hari ada orang mati di jalan karena kesalahan kecil, kurang hati2. Itu lucu dan layak di-bully gak?

          Intinya, buat apa sih ngebully orang lain? Demi kepuasan batin atau apa?

          10
          1
          • 27 Maret 2021 - (11:05 WIB)
            Permalink

            Anda bijak sekali, pendidikan yg bagus, semoga menjadi pengalaman dan pembelajaran, ttap ingatkan orang bhwa bully bukan sesuatu untuk dibanggakan dan tindakan tidak terpuji, tanpa solusi. Bully tanpa solusi = allay norak kekanak2an

          • 27 Maret 2021 - (18:29 WIB)
            Permalink

            Saya pikir kasusnya beda.
            Yang dibahas disini tentang penipuan.
            Jika pengguna shopee ada 100orang dan yg tertipu hanya 1orang, tidak berarti kesalahan ada di pihak shopee.

  • 26 Maret 2021 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga habis ketipu , di telfon pakek nokor +1 yg disayangkan itu
    dari pihak shoopenya tidak memberi solusi terkesan bodo amat.

    • 26 Maret 2021 - (15:38 WIB)
      Permalink

      Sabar mba, belum rejekinya kita. Nanti bakal dapat gantinya lebih banyak lagi, anggap saja kita lagi sedekah sama fakir miskin

    • 26 Maret 2021 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Jika anda membukakan pintu untuk maling masuk, tidak berarti hansip/satpam yang harus memberi solusi

      1
      4
  • 26 Maret 2021 - (16:41 WIB)
    Permalink

    Tertipu lagi ama modus receh kaya gitu
    Hadeuhhh
    Mau dosa takut ketawa
    Tetep putus asa jangan semangat ya

    3
    6
  • 26 Maret 2021 - (23:47 WIB)
    Permalink

    BAGI KOMENTATOR YG MERASA PINTAR, HATI-HATILAH, BISA JADI SUATU SAAT NANTI ANDA YG AKAN MENJADI KORBAN. JANGAN SUKA MEMBULLY KORBAN PENIPUAN,. SEPANDAI-PANDAINYA TUPAI MELOMPAT, PASTI AKAN JATUH JUGA.

    10
  • 27 Maret 2021 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Jgn di bully la.
    Kalau yg ini kasihan gan,mbak nya cuma mau cerita aja.

    ga semua orang punya waktu luang utk membaca media konsumen, sehingga bisa update pengetahuan ttg modus-modus penipuan terbaru.

    Semoga mbak nya dapet voucer shopee seperti korban lain nya.

  • 28 Maret 2021 - (00:43 WIB)
    Permalink

    Yg jadi pertanyaan selama ini, darimana pihak penipu bisa dapat data korban? Apakah ada main dengan org dalam Shopee?

    • 30 Maret 2021 - (23:47 WIB)
      Permalink

      Yang saya pikirkan juga begitu pak. Kok bisa datanya di ketahui oleh si penipu seperti yang ditulis oleh si penulis. Tapi saya pernah liat yutubnya dosen newbie kasusnya juga seperti ini pak.. Dan shope memberikan kompensasi sebesar 50% juga

  • 30 Maret 2021 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Individu yang hanya bisa membully bisa dipastikan tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk memberikan solusi atau setidaknya mencerahkan permasalahan yang dialami penulis.

    Untuk bisa SPinjam sampai diaktifkan oleh pelaku sebetulnya banyak sekali proses yang sudah kebobolan. Mulai dari KODE OTP, USERNAME dan PASSWORD, PIN Shopeepay sampai verifikasi data diri mengingat pengajuan SPinjam memerlukan verifikasi KTP dan Foto Diri. Kita tidak bisa tahu secara jelas, tahapan apa saja yang digunakan pelaku sampai bisa membobol Shopee pinjam karena instruksi dilakukan melalui saluran telfon.

    Modusnya selalu sama dengan menang undian dan meminta kode OTP, USERNAME atau PASSWORD. Sudah di wanti – wanti oleh Shopee pada video resmi dari Shopee di Youtube ini https://www.youtube.com/watch?v=VF3ntTlTGdE
    Bisa dilihat disitu modusnya selalu berujung pada meminta kode OTP.

    Saran dari kami yang paling ampuh adalah melaporkannya ke pihak kepolisian. Bisa dilihat disitu bahwa pelaku menggunakan situs SurveyHeart dot com yang merupakan situs pembuatan form gratis. Meskipun gratis tetapi pelaku yang bertindak sebagai user yang membuat form, akan dengan mudah terlacak melalui IP Address yang digunakan, no HP dan Akun Gmail yang didaftarkan.

    Belum lagi akun bank ataupun virtual account yang digunakan untuk menampung uang hasil membobol SPinjam pasti dengan mudah terlacak.

    Apabila pelaku membaca ini semoga segera bertaubat dan inshaf sebelum semuanya terlambat 🙂

  • 8 Mei 2021 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Saya pembeli yg merasa tertipu oleh Toko Online @GILOGILO di shopee, dengan modus kembali barang. barang yg sya beli bernilai >800k dengan ongkir 800k dari jmlh. uang 1,1jt, serta mengembalikan barang terlebih dahulu, padahal jika dilihat dri prilaku penjual yg sama sekali tidak merespon percakapan tp malah mengajukan banding, apakah sya bisa dipercaya brang yg kirim akan di konfirmasi penerimaanya dengan baik, malah yg ada BARANG HILANG dan UANG TIDAK KEMBALI. Pdahal ini semua KESALAHAN TOKO tanpa ada itikat baik. dan repon Shopee seperti Robot yg sudh dikuasai polanya oleh

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Penipuan Mengatasnamakan Shopee

oleh Nur dibaca dalam: <1 menit
25