Penipuan Mengatasnamakan Shopee, Pihak Shopee Tidak Mau Memberi Solusi

Saya dengan username Shopee Alifahrachma22 mengalami penipuan. Jadi pada hari Selasa 23 Maret sekitar pukul 19.00 saya mendapat telepon dengan nomor +1 mengatasnamakan Shopee bahwa saya dpat cashback 1.5 juta. Penipu bilang mau cairkan lewat Shopeepay/rekening saya. Dan bilang Shopeepay kalau memang benar dapet hadiah.

Penipu mengarahkan saya ke Spinjam. Di situ saya disuruh ajukan pinjaman 1.5 juta tapi saya gak mau. Lalu penipu bilang itu hanya sebagai verifikasi saja . Telepon saya matikan tapi penipu terus menelpon. Saya angkat penipu bertanya-tanya mngenai no telepon saya yang aktif di akun tersebut. Saya jelaskan dan penipu mengarahkan saya call *1xxx (saya lupa).

Setelah itu saya matikan teleponnya tanpa sadar. Beberapa saat Spinjam saya ada penarikan yang keseluruhan totalnya 4.5 juta.

Saya sudah lapor pihak Shopee tapi pihak Shopee hanya mengingatkan lebih berhati-hati lagi dan membebankan tagihan kepada pemilik akun tanpa ada solusi lain. Seharusnya dalam pencairan dana itu.

Shopee lebih meningkatkan keamanannya lagi, kenapa dalam beberapa menit bisa cair dana 4.5 juta tanpa kode dari saya/sidik jari dll.

Alifah Rohmawati
Demak

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Penipuan Mengatasnamakan Shopee, Pihak Shopee Tidak Mau Memberi Solusi

    • 28 Maret 2021 - (03:31 WIB)
      Permalink

      Biasa lah. Kalo ada cerita yang tidak terlalu mendukung argumen atau malah sebaliknya nggak akan diceritain.
      Yang pasti shopee nggak akan mau lah buat tanggung jawab. Yang salah sendiri. Minta tanggung jawab sama yang lain.
      Sabar ya kak Alifah

      • 4 Agustus 2021 - (09:23 WIB)
        Permalink

        sy turut prihatin atas kasus yg mnimpa mas, bisa sy minta kontak atau email? sy mw share mslh ini krn sy jg mngalami hal yg sm dan pihak shopee tdk memberikan solusi sehingga makin byk org berjatuhan. trims

  • 27 Maret 2021 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Sepertinya anda mempersilakan maling masuk ke rumah anda, tapi minta solusi ke hansip/satpam.

  • 31 Maret 2021 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Di Forum ini sendiri, pada Surat Pembaca yang dipublikasi 26 Maret 2021 sudah ada 1 korban, 27 Maret 2021 ada 1 korban dan 31 Maret 2021 ada 1 lagi. Pantengin berita aja beberapa bulan lagi pasti ketangkep sindikatnya.

    Memang cara yang paling ampuh adalah melaporkannya ke pihak kepolisian. Meskipun menggunakan nomor gratisan, tetapi pelaku yang bertindak sebagai user yang mendaftarkan akun di layanan penyedia nomor tersebut akan dengan mudah terlacak melalui IP Address yang digunakan, no HP dan Akun Gmail yang digunakan oleh pelaku.

    Belum lagi akun bank ataupun virtual account yang digunakan untuk menampung uang hasil membobol SPinjam pasti dengan mudah terlacak. Pelaku baik individu maupun sindikat biasanya adalah orang – orang kurang berpendidikan yang tidak memahami bahwa diatas langit masih ada langit, dan tidak ada seorang pun yang bisa menghapus jejak digital mereka.

  • 4 Agustus 2021 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Cerita diatas tidak jelas, atau sengaja dibuat kabur? Dan, jika udah tahu penipu, kenapa masih tertipu? Aneh!

    Untuk membuktikan apakah itu penipuan atau tidak, coba bikin laporan ke polisi, sehingga penyidik akan memeriksa pelapor terlebih dahulu untuk mengetahui kronologi yang sebenarnya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Penipuan Mengatasnamakan Shopee, Pihak Shopee Tidak Mau Memberi Solusi…

oleh Alifahr dibaca dalam: 1 menit
7