Penyalahgunaan Data Pribadi Saya di Traveloka PayLater

Assalamualaikum wr. wb.

Saya atas nama Nilam Mustika ingin meminta keadilan melalui “Media Konsumen” mengenai penipuan oleh oknum (yang hingga saat ini tidak diketahui dimana keberadaannya), yang mendaftar Paylater Traveloka dengan menggunakan data pribadi saya.

Saya tidak tahu menahu mengenai Traveloka PayLater, bahkan saya sampai saat ini tidak pernah mendaftar PayLater di aplikasi tersebut. Saya tidak pernah menikmati fasilitas tersebut. Tidak pernah ada tagihan ke email pribadi saya dan tidak pernah ada telepon ke nomor saya. Bila perlu, jika diminta akan saya lampirkan nomor telepon saya.

Saya sudah melakukan laporan ke pihak Traveloka, pada hari ini 25 Maret 2021, dengan nomor laporan: 19049851.

Saya mengetahui masalah ini ketika saya mengajukan Kredit KPR, yang mana otomatis BI Checking (SLIK OJK) saya harus dipastikan bersih. Dari sini masalah tersebut muncul. Berdasarkan data Ideb OJK terdata bahwa saya masuk kol 5, dengan rincian kredit melalui PT Caturnusa Sejahtera Finance. Saya cek melalui Google, finance tersebut ternyata banyak laporan mengenai Traveloka dan saya jadi yakin bahwa finance tsb mungkin pihak ketiga Traveloka.

Dari data di SLIK OJK tsb, tanggal lahirnya berbeda dengan tanggal lahir saya. Saya pun tidak pernah menerima email penagihan dan tidak pernah menerima telepon verifikasi. Saya merasa sangat dirugikan terkait hal yang menimpa saya ini. Selama ini saya tidak pernah menerima penagihan dari Traveloka di email resmi saya, sehingga saya benar-benar tidak mengetahui jika BI Checking (SLIK OJK) saya masuk kol 5.

Mohon bantuan dari Traveloka untuk memberikan solusi dari permasalahan ini, karena kami merasa sangat dirugikan.

Terima kasih.

Nilam Mustika
Badung, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya bukan orang Traveloka, juga tidak membela Traveloka. Untuk apa juga dibela sering mengecewakan layanannya. Tapi dari dokumen SLIK tertulis "d/h Mallaca Trust Finance". Mbak Nilam mungkin pernah jadi debitur Mallaca yang sekarang diakuisisi Caturnusa.

    Media Konsumen ini juga berbahaya, terlalu gampang mempublikasikan komplain. Bisa bikin penulis dituntut pencemaran nama baik.

  • Kepada Yth.,
    Ibu Nilam Mustika,

    Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka.

    Menanggapi surat terbuka yang Ibu Nilam Mustika tujukan kepada Traveloka di MediaKonsumen.com pada 27 Maret 2021, dapat kami sampaikan bahwa Traveloka telah menghubungi Ibu Nilam melalui sambungan telepon dan email guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Ibu Nilam alami. Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Ibu Nilam.

    Demikian pernyataan resmi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami,
    Tim Traveloka PayLater