Biaya Langganan Telepon 1P IndiHome Sangat Mahal Dibandingkan dengan Internet

Saya sudah menjadi pelanggan Telkom/IndiHome lama sekali (saya lupa tahun berapa, tapi sudah puluhan tahun). Di masa pandemik ini, kondisi ekonomi juga menurun, sehingga untuk menghemat biaya hidup, saya berniat untuk berhenti langganan IndiHome, layanan internet saya yang setiap bulannya memakan biaya sekitar Rp242.600 sebelum pajak.

Saat saya konfirmasi akun Twitter @indihomecare, pemutusan paket Internet IndiHome berakibat pemutusan seluruh paket berikut nomor telepon rumah yang keluarga saya sudah gunakan puluhan tahun.

Dari CS hanya menawarkan mutasi paket internet ke paket telepon 1P (single play), yang ternyata biaya bulanannya menjadi Rp235.000 sebelum pajak. Paket ini sangat mahal bagi saya dan menyulitkan karena biaya yang saya tanggung masih sangat besar.

perbandingan paket telepon dan internet

Apakah saat ini sudah tidak ada lagi telepon (Telkom) yang penagihannya hanya berdasarkan pulsa pemakaian? Apakah saya diharuskan mengambil paket (single play) untuk mempertahankan nomor telepon saya yang sudah saya pakai puluhan tahun?

Saya berharap menerima penjelasan dari pihak Telkom/IndiHome terkait masalah ini. Demikian disampaikan, terima kasih.

Moch Cipto Pangestu
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom untuk Bapak Moch Cipto Pangestu

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Dyah Nuryati pada tanggal 29...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Yaelah, kalau model pulsa pakai hp saja. Indihome pun kalau buat nelpon jg masih pakai pakai hitunggan lama. Internt yg model speedy jaman dulu sebelum indihome, ada yg pakai hitungan menit, ada yy hitungan pemakaian bandwitdh, itu kalau dhitung lebih mahal dan skrng sdh tdk ada lagi. Mungkin anda punya telkom sdh puluhan tahun, tp indihome br ada sejak 2015. Itu sudah murah, kl mau lebih murah lagi bisa cari opsi selain telkom, di jkt kan banyak.

  • Jika kondisi memberatkan sebaiknya diputus saja, soal nomor Telkom yang sudah sudah digunakan puluhan tahun bukanlah sesuatu yang harus dipertahankan, apalagi saat ini sudah ada ponsel sebagai sarana komunikasi utama antar keluarga sekaligus akses internet. So, jika kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk mempertahankan Indihome, sebaiknya diputus saja.