Surat Pembaca

Akun Shopee Kena Hack, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Saldo Shopee Pay Hilang dan Shopee Pinjam yang Disalahgunakan

Assalamualaikum wr. wb.,

Saya Farah, dengan akun Shopee: farahluthfitah. Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee, karena sangat lambat mengurus kendala yang saya alami ini. Kronologinya, pada Sabtu 27 Maret 2021 saya mendapatkan chat WA dan telepon dari nomor tak dikenal. Dia menelepon saya berkali-kali, saya angkat, lalu dia bilang dari pihak Shopee.

Awalnya saya tidak percaya, tapi saat saya akan menutup teleponnya dia menyebutkan semua data saya di Shopee, mulai dari username, password, email, hingga transaksi yang saya lakukan akhir-akhir ini. Bahkan nominal Shopee Pay, beserta Shopee Pinjam dan lain sebagainya, yang seharusnya orang lain tidak akan tahu, tetapi dia tahu dan semua benar.

Dari situ saya langsung percaya bahwa benar adanya ini dari pihak Shopee. Lalu bilang bahwa saya mendapatkan hadiah sebesar Rp2.000.000, tapi dengan syarat harus mentransfer Shopee Pay saya dan otomatis akan bertambah saldo Shopee Pay sebesar Rp2.000.000. Akan tetapi saya tidak mau mentransfer. Tidak habis akal pelaku memberi pilihan untuk ditransfer ke rekening BCA saya dan saya pun mengiyakan.

Tidak lama saya mengecek saldo BCA saya ternyata benar bahwa saya mendapat transfer sebesar Rp4.500.000 dari Shopee dan saya sangat percaya bahwa saya mendapat hadiah. Namun saya bingung mengapa yang dikirim sebesar Rp4.500.000 dan bukannya Rp2.000.000. Dari situ saya juga disuruh untuk menekan angka yang sama dengan yang muncul di layar HP saya.

Ternyata pelaku mencoba masuk Gmail dan nomor HP saya, dia mengaku bahwa sedang mencoba mengkonfirmasi hadiah tersebut oleh pihak BCA dan saya harus memberikan akun Gmail, nomor hp dan juga nomor rekening yang terhubung dengan m-banking BCA saya untuk dikelola oleh pihak BCA.

Dengan begonya, saya klik nomor yang sama tersebut. Tidak lama kemudian pelaku meminta kode nomor kartu ATM saya ternyata untuk masuk ke akun BCA mobile saya. Saya turuti saja apa maunya pelaku karena sebelum ia membobol rekening saya, pelaku sudah mentransfer uang Rp4.500.000 dari Shopee ke rekening saya. Maka dari itu saya percaya saja semua yang pelaku katakan.

Setelah itu juga pelaku meminta merek dan kode hp saya. Di situ saya mulai curiga untuk apa pelaku meminta itu, lalu saya tutup teleponnya. Di saat itu juga saya mendapat pemberitahuan dari m-banking saya bahwa uang Rp4.500.000 sudah ditransfer ke nomor OVO. Beberapa menit kemudian saya tidak bisa mengakses m-banking BCA saya.

Saya langsung menghubungi pihak BCA dan menceritakan hal yang sebenarnya. Pihak BCA pun setelah itu langsung memblokir akun saya dan pihak BCA memberi tahu transaksi OVO ke nomor mana. Pihak BCA memberikan solusi untuk menelpon pihak OVO dan CS Shopee. Saya pikir ya sudah, karena uang yang dia transfer juga yang ia ambil lagi kan.

Pada hari Sabtu, 27 Maret tersebut saya juga mencoba masuk ke akun Shopee saya tidak bisa dan ternyata akun saya dibekukan oleh pihak Shopee. Akun Shopee saya tidak dibekukan lagi dan dapat masuk kembali pada hari Minggu, Maret 2021. Saat saya login masuk, dan ternyata kemarin Sabtu, 27 Maret 2021 tiba tiba ada notifikasi saya melakukan pinjaman sebesar Rp 4.500.000 jatuh tempo bulan Mei. Dari situ baru saya ingat kalau pelaku mentransfer ke rekening saya yang sumbernya dari akun Shopee saya sendiri. Tidak hanya berhenti disitu, saya melihat saldo Shopee Pay saya hilang sebesar Rp3.856.000 dengan keterangan pembayaran ke Toko Saliman dan Grosir online SH.

Setelah itu saya mencoba mencari solusi menghubungi pihak Shopee dan jawabannya hanya tunggu sampai 1-3 hari kerja. Saya chat, saya telpon, saya chat ke Twitter belum ada jawaban.
Tagihan saya akan terus menumpuk jika terlambat membayar. Yang membuat saya kecewa kenapa keamanan Shopee begitu lemah sekali sampai akun saya bisa diretas. Adakah itikad baik dari Shopee terhadap masalah ini? Sedikitnya beri jawaban bagaimana solusinya. Karena kalau dibiarkan akan terus menumpuk tagihannya.

Kalau dipikir -pikir secara logika, itu salah Shopee kenapa akun saya bisa diretas. Kalaupun semisal saya tidak mengangkat telepon dari pelaku dan tidak terkena bobol BCA mobile, pasti Shopee Pay, Shope PayLater, dan Shopee Pinjam saya tetap akan disalahgunakan pelaku. Lalu pada saat Shopee tahu akun diretas, kenapa transaksi Shopee Pinjamnya disetujui? Seharusnya kalau ada yang mencurigakan jangan disetujui semua transaksi sebelum pemilik akun mengkonfirmasi ke Shopee bahwa benar pemilik yang melakukan transaksi. Kenapa ini tidak sama sekali ketahuan kalau akun sedang diretas? Di sini saya merasa dirugikan, karena saldo Shopee Pay saya hilang dan juga saya harus dituntun untuk membayar semua tagihan Shopee Pinjam.

Bukan saya saja yang mengalaminya, saya membaca di Google, Youtube, Twitter sudah banyak sekali korban. Harusnya permasalahan seperti ini ditindaklanjuti. Mohon Shopee untuk tidak lari dari permasalahan. Selama ini saya menggunakan Shopee PayLater itu tidak pernah telat bayar, yang untung siapa? Pihak Shopee juga kan? Akan tetapi ketika masalah terjadi pada konsumen, prosesnya lama sekali.

Saat saya menulis surat ini saya sudah melakukan pelaporan kepada pihak Polisi bahwa akun saya diretas. Dan semoga setelah saya menulis ini juga ada itikad baik dari Shopee untuk memberikan solusi. Terima kasih

Wassalamualaikum wr. wb.

Farah Luthfitah
Cilacap, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hati hati dengan phising, semua transaksi ada jejak nya kasus yang sama di perbankan mengincar informasi nasabah dengan phising email sms palsu rata rata pelaku melakukan transaksi dini hari kalau sudah mengambil alih akun tersebut yang mengetahui semua data hanya developer karna untuk mentracing error

  • Tgl 3januari 2022 akun shoope saya dihack seseorang. Saldo penjual saya dipindahkan ke saldo shoopepay dan diisi pulsa senilai hampir 1jt.dengan 3 nomer operator Tri. Padahal saya selama ini pakai shoope selama 4tahun aman' saja. Saya sebagai pembeli dan penjual amat sangat-sangat dirugikan. Saya komplain ke cs shoope ,akun saya dibatasi selama 1hari lebih. Setelah akun saya diamankan, setelah itu dibuka kembali. Penjualan produk saya banyak yg komplain,1hari tidak bisa jawab chat ke pembeli saya. Tanggapan shoope sepertinya hal ini dianggap biasa-biasa saja! Yang saya tanyakan sampai hari ini kenapa bisa kejadian seperti ini dibiarkan berlarut larut tidak ada tindakan/tanggapan.padahal pin saya tidak ada yg tau, misal ada telepon atau apalah yg berhubungan dengan kode keamanan saya dishoope tidak saya tanggapi.tolong shoope lebih tegas menindak lanjuti hal seperti ini, sistem lebih diperkuat agar seseorang yg meretas tidak bisa!

  • Saya juga kemarin kena kak, tapi bedanya dia mengatasnamakan TIKTOK SHOP, yang bikin saya yakin dia tau kalo saya mau jdi affiliat di tiktok, data2 saya dia tau kak, terus dia suruh saya ajukan spinjam sebesar 1.500.000 dan shopeepaylater sebesar 470.000 ribu, saya sekarang bingung kak mau gimana, sya gak punya uang buat bayar ini, saya takut di tagih kak, saya masih jadi mahasiswa dan orang tua pun cuma seorang nelayan, saya bingung dan takut cara kasih tau mereka, saya bingung ngedpatin uang buat bayar itu gimana

  • Harus lebih hati2 karena kasusnya semakin kompleks, pihak kepolisian belum tentu mempercayai korban dan bisa melacak sekalipun, lebih hati2 klik link phising dan qr code yang discan tidak tau kapan tiba2 akun/aplikasi di hp Anda diretas...