Surat Pembaca

Tagihan Belum Lunas, Padahal Sudah Ikut Program Keringanan Pelunasan Kartu Kredit dari Citibank

Saya dengan Vivi Imelda, pemegang kartu kredit Citibank dengan nomor kartu 4617 7820 90** **11. Saya ingin meminta pertanggungjawaban dari pihak Citibank, terkait tagihan saya yang masih berjalan. Padahal saya sudah mendapatkan program keringanan dan sudah membayar keringanan tersebut ke nomor kartu kredit saya. Kronologinya:

Sekitar tanggal 5 Agustus 2020 saya mendapatkan penawaran diskon 80% dari pihak Citibank. Beliau menawarkan diskon dari tagihan saya di angka Rp78.897.000 menjadi lunas di angka Rp15.776.000 2x bayar. Jika saya berminat, diminta menghubungi Aji Purnomo di nomor telp 021-7519223.

Setelah itu saya berinisiatif menghubungi nomor yang diberikan, tetapi saya lupa persisnya saat itu saya komunikasi dengan siapa, karena nomor telepon yang diberikan adalah nomor kantor, bukan nomor meja Pak Aji Purnomo langsung. Singkat cerita, setelah saya menjelaskan bahwa saya mendapat penawaran diskon, orang Citibank tsb membantu saya untuk mengajukan keringanan diskon 80% itu ke atasan beliau.

Pada tanggal 7 Agustus 2020, kami kembali berkomunikasi dan beliau info ke saya kalau keringanan tersebut sudah disetujui di angka Rp15.776.000 dengan 2x pembayaran, masing-masing di angka Rp7.888.000, untuk pembayaran pertama bisa di bayarkan paling lambat hari itu juga tanggal 7 Agustus 2020 sebelum pukul 7 malam. Sedangkan pembayaran kedua, di bulan September 2020 harus sudah ditransfer.

Saya sempat meminta surat persetujuan dari pihak Citibank untuk pegangan saya, tetapi beliau bilang Citibank tidak mengeluarkan surat approval/persetujuan, karena persetujuan sudah disampaikan secara lisan dan sah (percakapan di telepon saat itu sudah ada recording-nya).

Karena waktu sudah mepet, akhirnya saya transfer pembayaran pertama sebesar Rp7.888.000 langsung ke nomor kartu kredit saya dan pembayaran kedua saya bayarkan pada tanggal 8 September 2020. Saya menganggap hutang saya sudah lunas di Citibank pada saat itu dan saya hanya mesti tunggu surat lunasnya di email.

Namun anehnya surat lunas tidak pernah saya terima melalui email. Lalu tiba-tiba pada bulan maret ini ada penagihan Citibank yang menelepon saya dan menagih sisa hutang saya sebesar Rp63 juta.

Pertanyaannya, kalau memang tagihan saya belum lunas kenapa tidak ditagih dari bulan Oktober? Kenapa setelah 6 bulan sejak saya bayar pelunasan kartu kredit saya baru saya ditagih lagi dan diinfo tagihannya belum lunas??

Saya shock dan pada tanggal 26 Maret 2021 saya telepon ke nomor telepon yang pernah saya hubungi saat mengajukan keringanan, yakni di nomor 021-7519223. Saat itu saya berbicara dengan Mbak Anggi dan beliau menjelaskan bahwa benar saya masih memiliki tagihan sebesar Rp63 juta. Alasannya saya masih ada tagihan adalah karena pada bulan Agustus 2020 itu pengajuan keringanan saya ditolak/tidak di-acc di angka diskon 80%, karena diskonnya terlalu besar.

Pertanyaan saya lagi, kenapa saat itu yang menangani saya tidak info kalau diskonnya tidak di-acc dan malah meminta saya bayar maksimal hari itu juga sebelum jam 7 malam?? Bukankah harusnya beliau memastikan dulu saya sudah di-acc di angka tsb lalu baru menyuruh saya melakukan pembayaran??

Sekarang saya diminta untuk melunasi tagihan saya Rp63 juta dan Citibank menutup mata atas kasus tersebut. Jelas sangat tidak bisa diterima, saya di sini jadi menanggung kesalahan yang dibuat oleh karyawan Citibank. Bahkan saya tidak perduli, sekalipun beliau sudah resign, tetap harus ada pertanggungjawaban dari pihak Citibank karena saya sudah mengikuti aturan Citibank, tapi saya malah dipermainkan.

Karena kesalahan info dari beliau, saya jadi masih tertagih sebesar Rp63 juta. Di sini saya merasa dirugikan karena rasanya seperti ditipu , diiming-imingi diskon besar dan diminta bayar hari itu juga, tetapi ternyata pembayaran tersebut hanya pembayaran biasa, bukan pembayaran keringanan diskon lunas.

Padahal saat itu saya sedang kesulitan keuangan dan sumber dana untuk pembayaran diskon tsb adalah dari pinjaman keluarga. Benar-benar sudah keterlaluan.

Saya sudah minta tolong ke Mbak Anggi untuk di-tracking siapa yang meng-handle saya/bertanggung jawab pada saat itu, tapi sampai saat ini belum juga ada feedback/info terkait orang tersebut.

Mohon pihak Citibank menulusuri masalah ini, dan didengarkan recording pembicaraan saya dengan yang bersangkutan pada tanggal 5/6/7 Agustus 2020. Jangan sampai recording kalian hanya untuk formalitas saja dan tidak benar-benar didengarkan jika terjadi hal seperti ini.

Saya tunggu pertanggungjawabannya. Terima kasih.

Vivi Imelda
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Saya juga sempat menekankan kembali ke pihak citibank apakah benar saya mendapat keringanan sebesar itu tp mereka mengkonfirmasi bahwa benar saya mendapatkan diskon tersebut , sebagai orang yang sedang memiliki kesulitan keuangan pastinya saya menyambut baik penawaran tersebut krn saya berpikir tidak mungkin pihak citibank membohongi nasabah nya , sayang nya karyawan mereka tidak konfirmasi ke saya bahwa pengajuan nya di tolak dan saya malah di minta bayar hari itu juga sebelum jam 7

  • Penulis itu dibohongi, karna bukti pelunasan hrs ada hitam diatas putih alias hrs berupa surat fisik bukan hasil rekaman, disini posisi penulis lemah. Semoga berakhir baik, karna diskon 80% terlalu manis tuk jd kenyataan

    • bukti pelunasan itu di keluarkan setelah pembayaran lunas pak, nah saya tidak di beri surat lunas karena ternyata memang belum lunas, akibat kesalahan karyawan mereka yang tidak konfirmasi bahwa pengajuan keringanan nya d tolak. yang saya sayangkan disini sebelum pembayaran tidak ada bukti persetujuan dari pihak citibank dan memang setelah saya cari tau di citibank tidak ada bukti surat persetujuan keringanan , mereka hanya by recording telp saja , jadi saat terjadi kasus seperti ini saya menuntut citibank untuk membuka recording mereka , karena SOP mereka tidak mengeluarkan surat persetujuan keringanan jadi harus di buka recording nya

      • semua orang juga mau .utang 80 jt .bayar 15 jt lunas.kalau 10 % pemilik kartu kredit kaya gini .Citybank bangkrut .

        • @GesekTunai
          Ya kalau kayak gitu harusnya diinfo sejak awal kalau tdk di acc. Ini di awal bilang di acc, trus endingnya bilang ga di acc. Ini namanya mencla mencle

  • Saya juga mengalami hal yang hampir sama...

    Awalnya saya mendapat tawaran program diskon 20%,via email... Sekitar 1 bulan kemudian, sy mendapat tawaran program diskon 30% via email lagi...

    Setelah sy menghubungi no telp yg tertera di surat tersebut, dijanjikan akan ada petugas kolektor yg akan menghubungi saya dalam beberapa hari, untuk mengkonfirmasi pengajuan program diskon tsb.

    Dan singkatnya, setelah saya dihubungi oleh petugas Citibank ( bp D*** S ) sekitar tgl 30 April lalu, dan mengkonfirmasi pengajuan diskon nya, saya diinformasikan untuk tidak melakukan pembayaran, sebelum dihubungi kembali oleh nya dan dijanjikan lagi , dalam waktu 1 Minggu akan dihubungi. Dan diinfokan juga bahwa bunga tagihan sudah dihentikan, sejak pengajuan program tsb.

    Namun yg terjadi, tagihan bulan ini, tetap keluar interest... Saya sudah telp kembali ke bagian kolektor... Dan kebetulan tersambung ( karena sangat susah terhubung ke no telp bagian kolektor ) dan diterima oleh bp. D*** S, yg menghubungi saya, dan intinya dia katakan minta maaf Krn belum menghubungi saya ( karena sudah lebih dari 1 Minggu sejak dia menelepon saya ) dan minta sy tidak perlu kuatir, karena meskipun dikenakan bunga, namun saat ini, saya ditawarkan diskon lebih besar, yaitu 40%, sehingga yang harus saya bayar, justru lebih sedikit dari pengajuan sebelumnya. Dan saat itu sudah diajukan, dan sekarang sedang menunggu proses.

    Semoga saja ini segera di approve, karena sy memang ada kendala kesehatan, sehingga tidak mampu membayar seluruh tagihan saya.

    Mohon pihak manajemen Citibank bisa segera menyetujui, agar sy bisa segera membayar tagihan sy , meskipun itupun sy dapatkan dari pinjaman ke kerabat ... agar sy tidak kepikiran terus, yang tentunya berdampak kurang baik, bagi kesehatan saya... Karena sangat susah sekali, untuk menghubungi no telp bagian kolektor Citibank.

  • Saya juga bermasalah dengan citi ready kredit, sy sdh cicil sampai sisa 6jtaan, minta keringanan dan restruk ga dikasih, sudah email, sudah minta ke dc yang telpon malah dimatikan sebelum saya bicara. Harus hubungi kemana lagi ?