Surat Pembaca

Akun Shopee Dibobol Penipu, Shopee Lepas Tanggung Jawab

Saya Laras Santika, ingin mengadukan mengenai akun Shopee saya yang di-hack pada tanggal 2 April 2021. Berawal dari adanya panggilan dari Whatsapp mengatasnamakan Shopee, kemudian mengirim kode OTP melalui SMS atas nama Shopee dan ShopeePAY.

Selanjutnya pihak yang mengatasnamakan Shopee tersebut mentranfer uang ke ATM BCA saya senilai Rp1.287.000, yang sebelumnya saldo atm saya ada Rp200.000, bertambah menjadi Rp1.487.000. Saya kemudian sadar bahwa akun Shopee saya sudah di-hack, lalu saya mentransfer semua saldo di ATM ke ShopeePay, dengan maksud agar uang tersebut yang senilai Rp1.287.000 akan otomatis diambil oleh pihak Shopee.

Bukti saldo ShopeePay yang hilang senilai Rp2,9 juta lebih

Sebelumnya, saldo ShopeePay saya (sebelum ditambah transferan dari ATM), senilai Rp1.462.000. Jadi total saldo ShopeePay saya menjadi Rp2.949.000 (kurang lebih). Kemudian ketika saya cek lagi, semua saldo ShopeePay saya sudah hilang, dan di akun saya menjadi ada pinjaman di SPinjam senilai Rp1.300.000. Padahal saya tidak melakukan pinjaman tersebut. Kemudian saya menghubungi pihak Shopee dan akun Shopee saya dibekukan selama 3 hari.

Pada tanggal 5 April 2021 akun saya sudah bisa dibuka kembali, tapi saldo ShopeePay saya tidak kembali dan masih ada pinjaman di SPinjam. Kemudian saya menghubungi lagi pihak Shopee, tapi pihak Shopee tidak mau bertanggung jawab mengembalikan saldo ShopeePay saya yang hilang senilai Rp2.949.000.

Saya sangat berharap melalui Media Konsumen ini bisa membantu saya agar semua saldo ShopeePay saya bisa kembali dan pihak Shopee mau bertanggung jawab. Karena semua terjadi bukan sepenuhnya salah saya. Semua terjadi berawal dari lemahnya sistem keamanan Shopee, karena sebelum penipu memberikan kode OTP, sistem Shopee sudah lebih dulu dibobol oleh penipu dengan memberikan kode OTP melalui pesan Shopee.

Laras Santika
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Harusnya shopee merasa dirugikan dengan banyaknya penipuan yg mengatasnamakan shopee,tapi kok shopee kaya tenang tenang aja ya,ga ada berita tuh shopee melapor pencemaran nama baik atau apa ke,heran aku

    • Karena jumlah pengguna yang tidak mempan ditipu jauh lebih banyak daripada pengguna yang mudah ditipu

  • abis beli kulkas dar toko abal2 di shopee, 1 hari setelah transfer tokoknya tutup. jadi pelakunya buka toko di shopee...kjadianya setelah saya transfer 2 jt pake cash langsung dihubungi sama pelaku yg membuat toko abal2 ini., bilang kesalahan sistem sgala macem smpe duit saya dibalikin dan transaksi ulang dan dia kirim barcode.. dan karena pengguna baru gw ga ngerti dia minta pembayaran ulang ..intinya .diatas gw liat bnyak yg belain shopee nyalahin mbak korban ..kalo ada penipu yg buka toko abal2 tanpa verifikasi keaslian SIUP, NPWP dll terus shopee lepas tangan?? diatas ada yg mngibaratkan sekolah cuy skolah lo pake syarat2 akta KK dll gak??? gak apel to apel tong...ya shopee ini sama kaya kaskus dong..skr kasus gw masih di tangani shopee gw liat dulu progress nya sebelum gw laporin ke YLKI,