Astra Life Tidak Mengkonfirmasi Perubahan Cuti Premi dan Memaksa Nasabah untuk Tutup Polis

Saya adalah nasabah dan pemegang polis Astra Life nomor: 00240261. Saya membeli polis Astra Life tsb sejak bulan Mei 2015. Sejak awal mula beli polis ini, ada yang tidak beres, mulai dari biaya akuisisi yang tidak dijelaskan, hingga saya mendapati dana saya sudah ada di rekening tabungan saya dan dinyatakan “lapse“.

Sama sekali tidak pernah ada konfirmasi dari pihak Astra Life. Hal ini saya tahu sendiri dan melakukan pemulihan hingga merubah premi. Namun sepertinya Astra Life memang terbiasa untuk tidak mengkonfirmasi nasabahnya (pemegang polis) dalam hal apapun, kecuali pendebetan premi yang rutin di-SMS ke nasabah.

Saya sangat kecewa atas tindakan yang tidak dikonfirmasi langsung ke saya, atas terjadinya perubahan pembayaran premi menjadi cuti premi otomatis. Saya sangat takjub sekali dengan cara kerja perusahaan sebesar Astra Life, bagaimana bisa perubahan pada polis baik financial maupun non financial dilakukan tanpa konfirmasi? Terlebih dengan perkembangan saat ini, nomor hp dan email saya terdaftar dan valid, akan tetapi tidak dikonfirmasi.

Perusahaan sebesar Astra Life hanya mengirimkan surat, tanpa mengkonfirmasi apakah saya sudah membaca atau setidaknya sudah menerima surat tersebut. Secara prosedur di perusahaan asuransi manapun, baik perubahan yang financial maupun non financial, hal itu wajib diinformasikan kepada nasabah terlebih dahulu. Dalam hal ini tidak ada tanda tangan nasabah, karena menurut Astra Life sudah otomatis. Terlebih lagi pihak Astra Life tidak memiliki itikad baik dalam memberikan solusi dan malah meminta saya tanda tangan untuk menutup polis. Sangat luar biasa sekali!

Keluhan sudah saya sampaikan sebelum 21 Maret 2021 dan tercatat sejak 21 Maret 2021. Namun hingga saat ini, jika saya tidak tanya pihak asuransi Astra Life tidak pernah menelepon, kecuali saya tulis di Instagram baru Astra Life merespon dan mencoba telepon. Namun itupun cuma sekali dan menganggap saya tidak bisa ditelepon.

Muhamad Idrus Alfiansyah
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Astra Life atas Surat Bapak Muhammad Idrus Alfiansyah

Dengan hormat, Pertama-tama kami ucapkan terima kasih atas kerja sama dan hubungan baik yang terjalin antara PT ASURANSI JIWA ASTRA...
Baca Selengkapnya