Penipuan Mengatasnamakan Undian Shopee

Saya ditipu oleh orang yang mengatasnamakan pihak Shopee melalui telepon via Whatsapp. Dia telepon saya dengan nomor yang menggunakan kode, bilang saya menang undian 2 juta. Saya disuruh untuk top up saldo ShopeePay atau menarik uang di rekening. Saya top up saldo sebanyak 3x dengan jumlah nominal Rp700 ribu.

Saya sadar kalau ternyata saya kena tipu ketika uang di ATM saya sudah habis. Saya langsung lapor kepada pihak Shopee melalui DM Twitter. Tetapi untuk proses pengembalian dana baru ditanggapi besok lusanya.

Setelah dicek, kata pihak Shopee, uang saya tidak bisa dikembalikan karena transaksi telah berhasil dilakukan di akun ShopeePay saya.

 

Monika Kunti Gayatri
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:13    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

30 komentar untuk “Penipuan Mengatasnamakan Undian Shopee

  • 10 April 2021 - (14:32 WIB)
    Permalink

    Bisa tidak ya kata “Penipuan Shopee” diblokir?
    Bosan dan miris baca korban berjatuhan tiap hari

    Iming-iming hadiah. Bagi-bagi OTP. Itu saja terus.

    • 10 April 2021 - (19:41 WIB)
      Permalink

      Maaf kode OTP nya diberikan melalui telepon, bukan melalui sms atau wa

      1
      1
  • 10 April 2021 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Ga paham sama orang2 yang tertipu dengan konsep dapet undian, tapi disuruh blablabla, terus minta transfer dulu ini ini inu….

  • 10 April 2021 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Marketplace di Indonesia bukan hanya Shopee, tapi penipu gak menyasar ke pengguna Toped, BL, Jd.id, dll. Tanya kenapa? ๐Ÿค”

    1. Posisi Shopee skrg sebagai marketplace nomor 1. Jumlah pengguna aktif paling tinggi dibanding marketplace lain, otomatis target penipuan lebih besar.

    2. Shopee skrg bertransformasi jadi Super App, segala ada dan maunya dikelola sendiri: marketplace, dompet digital (Shopee Pay), kredit online (SPaylater), pinjaman online (SPinjam), kurir (Shopee Express), food delivery (Shopee Food), investasi (Tabungan Emas), dll. Tinggal tunggu aja Shopee bikin ojek online. ๐Ÿ˜›

    Sekali akun Shopee bisa dibajak, kebuka semua deh akses ke fitur2 itu semua (terutama fitur finansial yg jadi incaran pelaku). Bandingin sama Toped yg masih pake OVO, BL pake DANA, JD.ID pake GoPay, dst, yg kalo akun marketplace nya dibajak, akses ke fitur2 lainnya yg pake pihak ketiga, masih ada layer keamanan lagi.

    Di luar unsur kelalaian korban, Shopee harus lebih meningkatkan lagi fitur keamanannya, dan harusnya bisa usut pelakunya jg supaya ada efek jera, sebagaimana yg pernah dilakukan Grab.

    17
    1
    • 10 April 2021 - (18:57 WIB)
      Permalink

      mungkin memang warga kita belum siap mengghadapi kecanggihan (super app).
      dizaman serba canggih begini memang dituntut aplikasi yang aman tetapi cepat. jika keamanan login diterapkan berlapis (layer) nanti akan dianggap bertele-tele, jadi memang seperti buah simalakama.

      untuk pengusutan saya setuju,…

      • 12 April 2021 - (00:32 WIB)
        Permalink

        Mungkin masyarakat kita harus belajar bahwa MENANG UNDIAN, DAPAT HADIAH, DAPAT GIVE AWAY dll, adalah rangkaian kata-kata yang harus diwaspadai.
        Dan… Dalam keseharian, sudah lebih dari sepuluh tahun, saya tidak pernah menjawab atau menanggapi telepon, Pesan WA, SMS, bahkan email dari pengirim yang tidak jelas atau tidak ada di daftar kontak.

    • 11 April 2021 - (00:27 WIB)
      Permalink

      harusnya tanya kenapa masih bisa ketipu padahal di sms kode otp ada tulisan JANGAN BERI kode ini kesiapapun TERMASUK SHOPEE.
      WASPADA PENIPUAN!.padahal bisa nulis di mk kok ga bisa baca peringatan di sms kode otp.tanya kenapa..

      • 11 April 2021 - (07:46 WIB)
        Permalink

        Iya kak, soalnya kode OTP dari telpon. Aku gak tau kalau itu kode OTP

  • 10 April 2021 - (17:53 WIB)
    Permalink

    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ aku sering dapat telepon dari penipu yang mengatasnamakan Shopee, tk buat bahan mainan..

    Kadang lucu aja sama yang di tipu, maunya ngasih kode Otp

    Aku setiap login akun Shopee dapt otp kan ada tulisan terdeteksi ada percobaan masuk akun kamu, jgn beri kode ke siapapun termasuk Shopee.. itulah kenapa indonesia gk maju,, minat baca aja kurang wkwk

    Semoga tdak ada korban2 yg lainnya

    • 15 April 2021 - (11:40 WIB)
      Permalink

      Iya bener minat bacanya emang kurang banget trus diiming2in bakalan dapet uang atau giveaway jadi yaaaa gitu deh bablaasssss ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ˜

  • 10 April 2021 - (19:55 WIB)
    Permalink

    logika nya dimana ya. kalo dapat hadiah ya kita terima duit, bukan malah top up atau transfer. top up nya sampe 3 kali lagi.

    • 10 April 2021 - (20:05 WIB)
      Permalink

      Iya bener kak, logikanya dimana. Tapi saya bener2 gak tahu kalau dia buka akun saya. Sebab kode OTP tidak lewat sms atau wa

    • 11 April 2021 - (07:43 WIB)
      Permalink

      Saya ditelpon kak lewat wa, dia bilang benar saya saudara menyebutkan nama lengkap saya. Terus dia ngomong saya menang undian gitu. Dia mau saya kirim ke rekening atau shopee pay, saya jawab shopee pay. Kata dia nanti kalau ada telpon masuk kasih tau ya berapa kodenya. Saya dak tau kalau itu ternyata kode OTP

      • 11 April 2021 - (08:02 WIB)
        Permalink

        Oh iya maksud, maksudnya kode OTP nya pake panggilan, alternatif dari sms, lain kali hatiยฒ mbak, ga ada yang namanya menang undian pake nomer pribadi + lewat WhatsApp apalagi meminta OTP, baik itu sms/telfon. Ditambah kan anda ga ikut undian apapun.

  • 10 April 2021 - (22:00 WIB)
    Permalink

    baru 2jta aja udh girang amat. nih sy kasi menang undian 175jt dr shopee (klo bs kirim gambar udh sy kirim nih ss dr sms nya… wkkkk……

  • 10 April 2021 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Makan tuh undian.. !!!
    Udah tau gak pernah ikut undian, tapi malah percaya dapat hadiah..
    (Korban) Langsung percaya, soalnya Pda saat itu pikiran x cuma, hadiah, uang, untung, saldo ShopeePay, dll.

    Jadi segala macam yg diperintahkan penipu, semuanya langsung diturutin..

    L
    (Udah dapat pengalaman pribadi, kemungkinan kedepannya gak akan ketipu lagi)

    KODE OTP (HANYA KAMU YANG BOLEH TAU)

  • 11 April 2021 - (00:43 WIB)
    Permalink

    Sabar ya kak. Mungkin satu lagi panik. Kedua kakak seneng dpt hadiah. Ora ikut opo2 iso kenek hadiah iku kan wow. Mungkin musibah .buat pelajaran. Uang bisa di cari pengalaman berharga bisa jadi pelajaran ke depan. So para netizen hati2 sekarang sama penipu2 ulung lainya. Udah berapa kali juga saya di tipu an polres lah. An shope dll. Malah gwa kerjain tuh orangnya. Hehehe

  • 11 April 2021 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Maaf…saya pribadi jika dapat panggilan telp atw telp WA yang tidak terdaftar dari kontak Hp, sudah pasti saya abaikan. Mindset saya pasti dari Marketing Asuransi atw Kartu Kredit. Dan Karena saya pun gak punya sangkutan Hutang-Piutang dengan Leasing, Bank atw dari pihak mana pun. Hidup tentram, nyaman & tidur pun bisa merem…!!! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • 12 April 2021 - (09:26 WIB)
    Permalink

    tetaplah jadi warga negara berkembang, jangan sampai jadi warga negara maju..
    gak cocok… wkwkwkwkwk

  • 12 April 2021 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Mungkin shopee harus bekerjasama dengan acara sinetron alay, atau acara talk show alay, supaya di acara tsb disisipin tentang bahaya OTP, penipuan berkedok dll dsb, karena korbannya tuh rata2 ibu RT, kalau gak ababil… ooopssss… maaf keceplosan

  • 12 April 2021 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Aduhhh, bikin pusing, lagi2 shopee, hae kawan yg d tipu, kenapa sih harus nurutin hadiah, dan apa sih yg ada dibenak mu saat itu, kalo d kasih hadiah ya terima aja gak usah ada syarat top up berapa pun, penjual cari untung dikit aja susah, terus pihak shopee ya lihat d aplikasi nya aja gak usah via apa kek itu kek

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Penipuan Mengatasnamakan Undian Shopee

oleh Monika Kunti Gayatri dibaca dalam: <1 min
30