Smart TV LG LED Hanya Bisa Ditonton 2 Tahun Saja

Pada tanggal 12 April 2021 saya melaporkan melalui Whatsapp resmi LG di nomor +62 811-8814-010 dan diterima saudara Adi. Saya melaporkan bahwa ada kerusakan berupa pecah gambar dan berhenti pada layar SMART TV LED LG 50″ dengan nomor model: 49LK5400PTA. Laporan melalui Whatsapp resmi LG dengan nomor laporan: RNP210413078101.

Keesokan harinya tanggal 13 April 2021 pukul 16.00 WIB teknisi LG datang ke rumah saya untuk dilakukan perbaikan. Alhasil berhasil dan pikir saya selesailah masalah SMART TV LED saya. Namun masalah muncul lagi di malam harinya sekitar pukul 23.00 WIB pada hari yang sama. SMART TV LED LG saya mengalami gangguan lagi yang sama dan semakin parah.

Esoknya saya melaporkan kembali melalui whatsapp resmi LG dan diterima saudara Endah. Saya diminta untuk memberikan nomor laporan sebelumnya. Setelah panjang lebar saya jelaskan, jawaban yang bisa saya simpulkan adalah ganti suku cadang. Saya akhiri sesi chatting melalui Whatsapp, karena bagi saya belum ketemu solusi.

Lalu saya mencoba untuk komunikasi dengan teknisi yang kemarin melakukan kunjungan. Ada harapan, karena teknisi tersebut menyampaikan akan diperbaiki sekali lagi “Semoga bisa dan normal kembali”.

Tanggal 15 April 2021 pukul 13.00 WIB teknisi LG melakukan kunjungan kembali ke rumah dan “berupaya” untuk memperbaiki kembali. Selang 20 menit hasilnya disampaikan bahwa SMART TV LED LG saya sudah TIDAK BISA DIPERBAIKI LAGI dan diharuskan adanya penggantian suku cadang PANEL seharga Rp4.514.930. Solusi itu adalah FINAL, tidak ada solusi lain, ganti suku cadang.

Sebagai catatan:

  1. Saya membeli SMART TV LED LG pada bulan September 2019 atau sekitar 1,5 tahun yang lalu di toko Atlanta elektronik Semarang, dengan harga setelah diskon: Rp5.700.000.
  2. Durasi pemakaian wajar untuk hiburan keluarga, bukan untuk komersil.
  3. Apakah kekuatan produk LG khususnya untuk Smart TV-nya selemah itu?
  4. Apakah suku cadang juga semahal itu? Perbandingan mahal di sini jika dibandingkan harga beli kurang lebih 70%.
  5. Apakah hanya ini solusinya: “GANTI, BAYAR, BERES”, yang bisa diberikan oleh perusahaan elektronik sebesar LG?
  6. Lalu harus saya apakan SMART TV LED LG kami? Jual tidak laku, dijadikan barang rosok juga tidak ada harganya, disimpan buat kenangan kah?

Mohon solusi yang bijak dari pihak LG atas ketidaknyamanan yang saya dan keluarga alami.

Terima kasih.

Akhmad D Nugroho
Demak, Jawa Tengah


Update (20 April 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi kepada Service Center LG Semarang sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Smart TV LG:
[Total:107    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

27 komentar untuk “Smart TV LG LED Hanya Bisa Ditonton 2 Tahun Saja

  • 16 April 2021 - (17:40 WIB)
    Permalink

    bukannya kalau lewat garansi sudah pasti bayar ya kalau ganti suku cadang?
    dan menurut saya sih kalau harganya diberi segitu ya harus bayar segitu, kalau tidak mau ya beli TV baru saja, harganya tidak jauh kan.

    6
    9
    • 16 April 2021 - (20:54 WIB)
      Permalink

      Pertanyaan saya apakah selemah itu produk smart TV merk LG…?
      Kalo soal beli lagi mah gampang bro,dan yang pasti bukan LG…
      Ente paham ya, point keluhanya?

      12
      3
      • 17 April 2021 - (12:00 WIB)
        Permalink

        Kntlan saya rental PS saya menggunakan tv LG sudah lebih dari 6thun..malahan produk jepang saya cuma berthan 2thn lebih rusak panel..

        10
      • 17 April 2021 - (14:13 WIB)
        Permalink

        Ini kan barang. Sayapake product jepang juga sama. Tp gak enak ngomong merk nya. Takada manusia yg mampu mengclaim krkuatan product. Product d buat secara masal dan tdk semua itu bagus. Pasti ada yg kurang. Mungkin saya dan anda termasuk org yg belinya tepat pada unit yg bermasalah. Banyak kok yg pk LG atau merk lain sampai bertahun2. Tergntungnasip saja.

        13
      • 17 April 2021 - (22:24 WIB)
        Permalink

        Intinya elektronik (teruntuk brang lainnya juga) itu untung2an mas.
        Klo sy pribadi mmng pke LG udh lmayan lma. Alhamdulillah cocok2 aj. Smpe skrang LG yg sy bli msih ad dn bsa d pkai smua.
        Nah klo msalah sprepart emng bgian layar itu yg pling mhal. Dn yg prlu kita tau klo hrga tv tidak mncermikan hrga sparepart, krna hrga bli tv baru kdang ad diskon yg bkin lbih murah dripda hrga aslinya. Klo sprepart blum prnah dnger ad dskon seh.
        Jdi jgn trllu snang dlu klo bli brng pas diskon.😆😆😆

      • 18 April 2021 - (03:32 WIB)
        Permalink

        Maaf saya sebagai seorang teknisi (bukan teknisi LG) memang untuk model 49 ini banyak masalah. Bahkan bukan merek LG saja saya juga menemukan merek pan*****c 49 juga sama. Yaitu masalah layar bleng. Mungkin teknologi layar yg belum sempurna, atau mungkin juga memang layar yg bermasalah. Karena gak semua barang elektronik itu mempunyai kekuatan yg sama.

    • 17 April 2021 - (14:29 WIB)
      Permalink

      Saya juga ngalami om masalah pada product TV LG, baru beli setahun yg lalu sdh bergaris dilayar dan gambar jd terbalik kemungkinan layarnya rusak harus ganti, padahal pemakaian normal, tv punya saya dengan kode 43LH500. Kapok saya beli product tv dari LG

      2
      5
        • 17 April 2021 - (15:57 WIB)
          Permalink

          Saya juga mempunyai tv lg smart tv 43″.. Udh saya pake sktr 5 tahun.. Dan rusaknya sama kyk tv punyanya mas.. Gambarnya goyang dan bergaris seperti gambar tvnya bapak… Saya hubungi teknisi lg katanya udh rusak panel.. Dan pamel harus diganti katanya.. Harga panel sama dgn harga tv baru… Jadi saya liat youtube dan cara memperbaikinya .. Lalu saya memperbaikinya sendiri.. Sekarang tv saya gambarnya udh bagus kembali.. Udh sekitar 1 tahun saya perbaiki.. Dan sampai sekarang msh baik2 saja… Tidak perlu mengganti panel… Dan perbaikanya hanya menggunakan selotip.. Gak ada biaya.. 😁😁

          8
          2
      • 17 April 2021 - (16:05 WIB)
        Permalink

        Jangan dibuang dl tvnya mb.. Itu masih bisa diperbaiki sendiri tanpa teknisi mereka… Cukup liat di youtube aja cara memperbaikinya.. Dan saya jamin pasti jadi.. Asalkan panelnya ga pecah.. Gampang koq

        2
        1
    • 17 April 2021 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya semua barang elektronika kalau mau awet sesudah tidak dipakai diusahakan matikan power selain dengan remote pada posisi standby lalu gunakan stop kontak yang ada saklarnya biar benar2 mati tidak ada aliran listrik yg mengalir ke barang elektronik tersebut.

    • 20 April 2021 - (07:51 WIB)
      Permalink

      Ya mungkin anda org berduit kecil bagi anda uang segitu namun kan kita harusnya mendapat ke puasan dari produsen bukankh itu yg di gembar gemborkan para produsen

  • 16 April 2021 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Tv led apapun merknya, yg paling mahal itu komponen panelnya. 80-90% harga tv led itu hanya untuk panelnya saja. Maka cari tv led yg garansi panelnya lama. Harga mesin tv led paling 10% dr harga tv. Kemarin ganti mesin merk panasonic, tdk smp 200k di service center, kl panelnya yg rusak ya sudah beli baru lagi saja.

  • 17 April 2021 - (05:01 WIB)
    Permalink

    Utk pengalaman aja bang k depannya… Produk LG pengalaman saya pun ga ada yang seawet produk jepang.. bukan saya menjelekan produk LG.. tp pengalaman saya punya tv waktu itu LCD, terus kulkas dan mesin cuci 2 tabung LG… Gda yg sampai 2th umurnya.. akhirnya rubah mindset utk produk electronic yg awet tetap produk merk dr jepang saya peranh beli ac sharp sampe 6th g prnh ada kendala..

    4
    7
  • 17 April 2021 - (06:19 WIB)
    Permalink

    Sy punya tv 32 inch LG cuma masih LCD, sdh 12 thn masih awet. Emang klo tv semakin canggih semakin ringkih. Cuma emang apes2an, sodara sya pakai merk cocoa led 29 masih bertahan sdh 4 tahun

    Saran sy nnti klo beli tv baru dibeliin stabilizer listrik yg bagus dan bermerk, prolink atau APC, karna biasanya elektronik skrg rada rentan sama perubahan tegangan listrik.

    9
    1
  • 17 April 2021 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Elektronik mah nasib2an jg. Namanya jg buatan manusia. Saya dl waktu jual elektronik. Mau merek sebagus apapun . Barunya ttp bs rusak. Yng penting c gimana solusi nya. Kalau benerin seharga tv baru. Sangat ga layak untuk di beli produknya.

    4
    2
  • 17 April 2021 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Menurut pengalaman saya dengan produk LG, saat telpon ke CS LG untuk menservice produk LG, bilang ke CS nya, agar teknisi yang datang harus teknisi dari LG langsung, jangan teknisi dari vendor atau rekanan LG. Pengalaman ini saya alami waktu menservice mesin cuci LG.

    2
    1
  • 17 April 2021 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Beli brg electronik memang untung2an…sy pernh beli tv sony..pas bgt garansi abis,bermasalah dgn gmbrnya..ga bisa diperbaiki,hrs beli 1 set seharga kita beli tv baru…ga bisa jg kita menyalahkan produk tertentu…

  • 17 April 2021 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Jaman kapitalisme , hampir semua barang elektronik sekarang tidak bisa awet. Coba google ” planned obsolescence “.
    Sudah disetel dari pabrikan agar elektronik bertahan berapa tahun, agar customer beli lagi. Kalau awet ya jarang yang beli. Kalo ada yang awet ya itu lagi untung, kalau dapat yang baru aja beli udah rusak ya apes..
    Iphone aja kalau keluar hp baru, hp2 model lama dibikin lambat performanya. Tujuannya ya agar beli yang baru

  • 17 April 2021 - (17:05 WIB)
    Permalink

    aku ingin tahu masalah garansi. tv tersebut baru dibeli sekitar 1, 5 tahun, ternyata kerusakan panel. pertanyaan, apakah tidak ada garansi? note : teknisi atau pihak LG sejak awal sudah mengetahui bahwa tv tersebut mengalami kerusakan panel

    1
    2
  • 17 April 2021 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Tv LCD kuat bsa d ats 5 thn,. beda dgn TV LED,..yg hnya bsa bertahan 2 th maximum 3 th,.aplgi yg SMART TV gk bsa tahan lama,..saran sy pisahkan antara smart dgn TV bsa gunakan alat lain,.teknisi NEW BIONIC elektronik,.

  • 18 April 2021 - (04:56 WIB)
    Permalink

    alhamdulillah saya pake smart tv LG 11 tahun masih hidup sampe sekarang,smua ya untung2an, ngga semua merk bisa berpatokan awet namanya juga buatan manusia dari ribuan yg di buat ada saja salah satu yg kurang sempurna,mungkin saya kebagian yang sempurna..

    2
    1
    • 18 April 2021 - (16:29 WIB)
      Permalink

      coba complain lagi aja ke call centernya LG atau WA kembali tuh ke WA resminya. sampaikan semua pertanyaan2annya ke LG. kali bisa dapat solusi. perusahaan besar bro…

      saranku langsung via phone aja, ke 14010, biar complainnya terdengar dan makin berasa… 😁

      kalau malas phone, cb email via : https://www.lg.com/id/dukungan/email

      memang sdh out garansi sih, tapi kan baru 1.5 tahun pakai. harusnya bisalah kasih win win solution.
      siapkan bukti pembeliannya kali diminta bro.

      good luck.✊✊

  • 18 April 2021 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Saran aja mending beli yg murah tp dengan teknologi yg jauh lebih maju misalnya mi tv , karuan murah teknologi mantul kalau rusak ya tidak nyesek. Kalau ternyata lebih awet dari merek ternama yah rejeki.

 Apa Komentar Anda mengenai Smart TV LG?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Smart TV LG LED Hanya Bisa Ditonton 2 Tahun Saja

oleh Aa dibaca dalam: 1 min
27