Laporan Penipuan di Shopee SPinjam Untuk Penjual ke OJK Ditolak, karena Bukan Wewenang OJK

Saya pernah kena penipuan di Shopee, yang kena adalah SPinjam Untuk Penjual dan SPinjam. Setelah itu saya bermaksud melaporkannya ke Pihak OJK. Namun ternyata sangat disayangkan, SPinjam Untuk Penjual dan SPinjam itu tidak terdaftar di OJK. Jadi OJK tidak dapat membantu untuk masalah yang berada di luar wewenang OJK.

Lucunya, saat saya menanyakan kepada Pihak Shopee, mereka menjawab bahwa itu sudah termasuk OJK, penyelenggaranya adalah PT Lentera Dana Nusantara (ShopeePaylater). Di OJK, PT Lentera Dana Nusantara merupakan ShopePaylater.

Jadi yang dirugikan ketika ada kasus penipuan di SPinjam Untuk Penjual/SPinjam adalah konsumen, karena:

  1. Apabila konsumen gagal bayar, maka pihak Shopee bisa saja membuat blacklist SLIK OJK (BI checking) kita ke OJK dan BI dengan nama konsumen dimasukkan ke dalam ShopeePaylater.
  2. Apabila konsumen ada masalah penipuan di SPinjam untuk Penjual/SPinjam maka pihak OJK tidak dapat membantu apapun untuk penipuan tersebut, karena bukan wewenang OJK.

Sekali lagi, yang sangat dirugikan adalah konsumen.

Ini screenshot saya dengan CS Shopee yang mengatakan bahwa SPinjam untuk penjual sudah terdaftar di OJK dan pertanyaan di email yang sama, pihak CS Shopee ngotot bahwa sudah OJK. Pertanyaan saya, kalau memang sudah terdaftar di OJK, kenapa OJK tidak tahu??

Ini adalah jawaban pihak OJK yang mengatakan bahwa SPinjam Untuk Penjual bukan OJK

Menurut Pihak OJK hanya 1 legalitas dari Shopee yang terdaftar dengan nama PT Lentera Dana Nusantara, untuk ShopeePaylater saja.

Pihak Shopee sudah WA saya dan ingin melaporkan saya kepada pihak BI dan OJK agar SLIK OJK (BI Checking) saya supaya di-blacklist.

Saya sebagai konsumen mau menanyakan ini, yang benar OJK atau Shopee ya untuk SPinjam Untuk Penjual/SPinjam? Apakah sudah terdaftar di OJK atau belum? Ada yang pernah mengalami seperti ini, laporkan aja ke OJK atau email ke waspadainvestasi@ojk.go.id untuk laporan.

Mohon dijawab pihak OJK dan Shopee atau AFPI.

Rudy Hartono
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Komentar

  • Hehe.. OJK mah emang gitu gan, kalo kita lapor yg ilegal jawabnya di luar pengawasan kan. Lah padahal dia kan selain pengawas, juga sebagai REGULATOR. 🤭 Dengan posisinya sebagai regulator, harusnya dia bisa buat aturan yg sangat tegas buat memberantas yg ilegal, misalkan penutupan atau pidanakan, dsb. Ini mah bisanya hanya menghimbau masyarakat aja. 😅

    • Makanya bro gw blow up biar semua orang tau..banyak kan yang g tau bahwa SPinjam.untuk penjual dan SPinjam bukan OJK dan OJK jawab nya seperti itu..biar semua orang tau bobrok nya sapa salah nya sapa..

  • Kalau gak terlalu besar mending bayar dulu aja,yg bisa nolong ya diri kita sendiri selain berdoa sama Allah SWT pastinya

    • Kalau untuk menengah kebawah besar mas..tapi ini bukan hanya bicara sekedar nominal..tapi semua nya..
      1. legalitas shopee?termasuk menipu OJK??kl menipu sudah pasti OJK tutup kan fintech tersebut..makanya di clear kan di sini aja biar semua tau antara OJK dan shopee sapa yang benar..
      2. Peran serta shopee bantu konsumen dalam mendalami kasus..kan tidak hanya 1 atau 2 aja yang kena tapi banyak kena penipuan..
      3. Peran serta OJK dalam pengaduan penipuan..kl mas nya hubungi WA OJK ada pilihan PENIPUAN..
      4. Bagi penipu enak karena apa banyak konsumen diem pasrah untuk membayar yg sudah di tipu sama penipu..tapi tidak ada bantuan sama sekali meskipun sudah laporan..dan bakalan akan banyak terjadi lagi dan lagi karena banyak celah..

  • memang bukan OJK nda sih? ini kan tindakan pidana penipuannya? kenapa tidak ke polisi?

    • Makanya itu..gw blow up aja..siapa yang bener kita liat sapa yg berani jawab disini ntah OJK atau SHOPEE atau AFPI..dari kapan hari mbulet aja..skrng uda muak buat gini an makanya saya cari informasi lebih dulu baru bisa blow up..KITA TUNGGU AFPI OJK SHOPEE dengan gini tau sapa yg bener sapa yg salah

        • Kenapa tidak ke polisi..anda mungkin sudah tau gimana polisi di indonesia 😁 makanya saya blow up di sini saya viralkan dulu..saya ada jg teman2 polisi tp ya jawaban mereka semua sama uang kecil ga usa d urus ribet hasilnya dan memakan biaya yang lebih..penipu nya enak kan uang kecil mereka semua selamat..tapi ini kan jg ada tindak penipuan dr shopee jelas2 bkn OJK ngaku2 OJK gmn coba..

          • Lha shopee nipunya dimana? Shopeepaylater dan spinjam sama dikelola pt dna lentera dan dibawah ojk, cek di aplikasi kan ada.

        • Emang ada Lembaga Perlindungan Konsumen? sejauh ini yang saya tahu cuma MediaKonsumen. lol....

          • Badan Perlindungan Konsumen Nasional
            YAYASAN LEMBAGA KONSUMEN INDONESIA (YLKI)
            YAYASAN PERLINDUNGAN KONSUMEN NUSANTARA
            LEMBAGA PEMUDA PERLINDUNGAN KONSUMEN SEJAHTERA
            LEMBAGA PERJUANGAN HAK KONSUMEN INDONESIA (LPHKI)

            banyak bang, tinggal pilih aja, LOL

  • ini dlm bbrp hari banyak bener yg bermasalah dgn shopee-pay....
    Shopee harus perhatian thd hal ini.

    Btw... berarti Shopee Pay dan Shopee PayLater itu berbeda ya...

    • Beda, ShopeePay itu masuknya ke dompet digital, sama seperti GoPay, OVO, dan DANA, pengawasannya di bawah Bank Indonesia, bukan OJK.

      Aneh jg sih, dulu Bukalapak sempat bikin BukaDompet dan Toped bikin TokoCash, tapi izin dari BI gak kunjung keluar, jadi harus ditutup layanannya. Makanya BL kerjasama dengan DANA n Toped kerjasama dengan OVO buat layanan dompet digitalnya. Entah apa pertimbangan BI ngasih izin ke ShopeePay. 🤔

    • Shopepaylater itu wewenang OJK..shopepay itu wewenang BI..karena tidak ada fintech pinjaman dana..jangan salah ya kak uda saya tanyakan ke OJK nya..

  • kalau memang merasa benar coba dituntut aja SHOPEE dan OJK serta LENTERA DANA NUSANTARA, class action juga lebih baik

    • Makanya OJK bisa bantu kasus penipuan apabila fintech tersebut terdaftar..lah saya kan kena tipu saya sebagai konsumen berhak kan dapet pengaduan..e ternyata ternyata SPinjam untuk penjual dan SPinjam itu bukan legalitas OJK jadi OJK tidak bisa bantu..tapi shopee bersihkukuh bahwa itu penyelengaranya sudah diawasi OJK..nah kan bingung sudah..makanya saya blow up

      • Ada rekaman atau link berita tentang pernyataan ini dari OJK? Mari kita ramai ramai viralkan.

    • Biasa mas sama seperti lain nya kurang lebih..cuman yang membuat bingung laporan ke OJK tdk bisa..pdhlan shope blng OJK..makanya saya butuh bukti2 dulu lebih lanjut baru saya blow up biar tau sapa yg salah sapa yang benar

  • Sepertinya ketika pertama bertanya ke OJK terkait "Shope Pinjam" yang kurang huruf "E" 1 itu adminnya OJK menjadi database dengan kalimat "Shope Pinjam" makanya dibilang tidak terdaftar. Tetapi ketika di Chat nya lebih jelas bahwa yang dimaksud adalah PT LENTERA DANA NUSANTARA memang legal.

    Daftarnya bisa diakses secara publik jg kog di link ini https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Documents/FINTECH%20LENDING%20BERIZIN%20DAN%20TERDAFTAR%20DI%20OJK%20PER%2010%20JANUARI%202021.pdf

    Download versi PDF nya dan LENTERA DANA ada di nomor 82 (ketika komentar ini diposting) dengan nama ShopeePayLater

    Kalo kasus yang diadukan adalah penipuan yang menyebabkan akunnya di hack dan SPinjam dan SPaylater nya disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab, jelas diluar ranah OJK sih. Kasus peretasan akun bagusnya dilaporkan ke pihak kepolisian aja.

    Kecuali yang diadukan ke OJK, bunga yang tidak sesuai ketentuan, penagihan yang tidak sesuai kesepatakan, tenggat waktu pelunasan yang belum jatuh tempo sudah ditagih, penagihan yang menteror dan mengintimidasi korbannya, begitu mungkin OJK nya turun tangan.

    • OJK juga menanyakan saya 1 hal..apakah SPinjam untuk penjual atau SPinjam itu dalam 1 menu ShopeePayLater..kalau bukan dalam 1 menu bukan lah 1 legalitas kecuali 1 menu..saya tanya kepada anda SPinjam dan SPinjam untuk penjual 1 menu dengan ShopeePayLater??tidak kan..artinya apa??ada yg perlu di perdebatkan lagi??karena saya sudah datang sendiri ke OJK di surabaya dan saya menunjukan menu nya di Shopee dan BEDA MENU..perlu saya upload percakapan saya dengan OJK bahwa OJK menanyakan apakah 1 menu atau tidak..

    • Dan jelas kan..pihak shopee bilang SPinjam dan SPinjam untuk penjual PT nya PT lentera dana nusantara..sedangkan di OJK PT lentera dana nusantara adalah ShopeePayLater..apakah ada kata2 SPinjam atau SPinjam untuk penjual???apakah ada di Nomer 82 itu tulisan SPinjam

      • Spinjam dan spaylater sama2 dikelola pt lentera dana nusantara. Lihat di aplikasi kan ada.

  • Kalo berdasarkan pernyataan dari Shopee dari email yg di attach tertulis :

    PT Lentera Dana Nusantara sebagai pihak penyelenggara pinjaman untuk produk sebagai berikut :
    1. SPayLater Beli Sekarang Bayar Nanti
    2. SPinjam
    3. SPinjam Untuk Penjual
    4. Dana Cepat

    berarti memang semua dibawah nama Lentera Dana Nusantara kecualia ShopeePay yang berada di bawah regulasi BI.

    Kalo terkait "menu" mungkin maksudnya masih dalam 1 aplikasi atau 1 website atau tidak. Di list OJK terlihat nama website yang di daftarkan, selama masih 1 web mungkin dianggap masih dibawah naungan 1 perusahaan. Kalo mau ke OJK nya langsung persiapkan dulu kronologinya dan buktinya secara lengkap gan. Karena nanti responnya juga pasti hanya seperti yang kita sampaikan ini.

    • 1 Menu bukan 1 WEB ya..saya juga sudah ke OJK surabaya saya tunjukan beda menu..1 web adalah shopee..tapi ada menu ShopeePayLater jadi menu yang menjadi tanggung jawab OJK adalah ShopeePayLater..tapi kalau ada lain nya masuk di E Commerce artinya masuk dalam Kemendag menteri perdagangan..jadi kalau beda menu di 1 web itu tetap saja bukan wewenang OJK dan tidak legalitas OJK..coba kroscek ke OJK beda menu apakah termasuk naungan dari OJK..kirim bukti nya di WA saya yang sudah anda telpon tadi..saya tunggu jawaban WA OJK atau telp dari OJK kirim ke WA saya..

        • OJK bilang SPinjam dan SPinjam untuk penjual dalam 1 menu ShopeePayLater atau di Luar Menu ShopeePayLater..jelas beda Menu kan..yang kemana2 sapa..di dalam 1 aplikasi Shopee itu adalah e commerce dimana itu merupakan wewenang Kemendag..tapi dalam 1 aplikasi kan banyak menu..menu ShopeePayLater wewenang OJK..kl menu SPinjam??

          • Anda bingung mas, coba cuci muka dulu. Buka aplikasi shopee, cek spaylater dan spinjam, disitu sama2 dikelola oleh pt dana lentera nusantara. Benar kan ya, lha terus salahnya dimana?

    • Seperti ini , untuk aplikasi Shopee merupakan E Commerce yang bukan merupakan kewenangan OJK.
      Namun di dalamnya ada fasilitas pinjaman onlinennya yaitu Shopee Pay Later.

      Fintech peer to peer lending PT Lentera Dana Nusantara (ShopeePayLater) TERDAFTAR di OJK (status: legal).

      Di cerna Baik2 ya..