Surat Pembaca

Laporan Penipuan di Shopee SPinjam Untuk Penjual ke OJK Ditolak, karena Bukan Wewenang OJK

Saya pernah kena penipuan di Shopee, yang kena adalah SPinjam Untuk Penjual dan SPinjam. Setelah itu saya bermaksud melaporkannya ke Pihak OJK. Namun ternyata sangat disayangkan, SPinjam Untuk Penjual dan SPinjam itu tidak terdaftar di OJK. Jadi OJK tidak dapat membantu untuk masalah yang berada di luar wewenang OJK.

Lucunya, saat saya menanyakan kepada Pihak Shopee, mereka menjawab bahwa itu sudah termasuk OJK, penyelenggaranya adalah PT Lentera Dana Nusantara (ShopeePaylater). Di OJK, PT Lentera Dana Nusantara merupakan ShopePaylater.

Jadi yang dirugikan ketika ada kasus penipuan di SPinjam Untuk Penjual/SPinjam adalah konsumen, karena:

  1. Apabila konsumen gagal bayar, maka pihak Shopee bisa saja membuat blacklist SLIK OJK (BI checking) kita ke OJK dan BI dengan nama konsumen dimasukkan ke dalam ShopeePaylater.
  2. Apabila konsumen ada masalah penipuan di SPinjam untuk Penjual/SPinjam maka pihak OJK tidak dapat membantu apapun untuk penipuan tersebut, karena bukan wewenang OJK.

Sekali lagi, yang sangat dirugikan adalah konsumen.

Ini screenshot saya dengan CS Shopee yang mengatakan bahwa SPinjam untuk penjual sudah terdaftar di OJK dan pertanyaan di email yang sama, pihak CS Shopee ngotot bahwa sudah OJK. Pertanyaan saya, kalau memang sudah terdaftar di OJK, kenapa OJK tidak tahu??

Ini adalah jawaban pihak OJK yang mengatakan bahwa SPinjam Untuk Penjual bukan OJK

Menurut Pihak OJK hanya 1 legalitas dari Shopee yang terdaftar dengan nama PT Lentera Dana Nusantara, untuk ShopeePaylater saja.

Pihak Shopee sudah WA saya dan ingin melaporkan saya kepada pihak BI dan OJK agar SLIK OJK (BI Checking) saya supaya di-blacklist.

Saya sebagai konsumen mau menanyakan ini, yang benar OJK atau Shopee ya untuk SPinjam Untuk Penjual/SPinjam? Apakah sudah terdaftar di OJK atau belum? Ada yang pernah mengalami seperti ini, laporkan aja ke OJK atau email ke waspadainvestasi@ojk.go.id untuk laporan.

Mohon dijawab pihak OJK dan Shopee atau AFPI.

Rudy Hartono
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Anda ditipu? Anda lapor ke ojk, apa hubungannya? Penjual dan pembeli bisa mengajukan shopeepaylater, semua pengguna shopee bisa cari utangan lewat shopeepaylater, tdk peduli itu penjual atau pembeli. Dan shopeepaylater itu legal ada di daftar ojk. Komentar xplod diatas sudah benar. Keliru anda kl lapor ke ojk menurut pandangan orang normal.

    Apalagi anda ketipu krn berikan otp, yg jelas kesalahan sendiri. Tp yakin anda akan tetap ngotot dgn pendapat anda, okelah. :D . Terus apa yg harapkan dgn lapor ke ojk? Minta shopeepaylater ditutup krn menurut anda tidak aman? Atau minta kasus penipuan anda dihapus, tidak perlu bayar? Atau apa?

    • Sama jg dgn spinjam, semua pengguna shopee bisa ajukan utangan lewt spinjam, tidak peduli itu penjual atau pembeli. Dan itu jg legal kan?

    • Sapa bilang urusan sama shopeepaylater??saya bilang SPinjam dan SPinjam untuk penjual g ada sangkut pautnya sama shopeepaylater..yang saya pingin tau legalitas SPinjam untuk penjual dan SPinjam itu milik sapa??? PT lentera dana??jelas2 PT lentera dana itu milik nya ShopeePayLater..anda juga lucu ceplos tapi ga di baca keluhan saya ada dimana..

      • Anda lebih ngagak lagi ternyata. Spaylater dan spinjam sama2 dikelola pt lentera dana nusantara. Percaya? Cek sendiri di aplikasi.

        • Lah kan di aplikasi..tapi di OJK terdaftar ga nama tersebut..dan di pertanyakan OJK 1 menu tidak sama shopeepaylater kl tidak 1 menu di anggap beda legalitas..ngerti??ga paham tnya sendiri ke OJK..banyak kan Pinjol Ilegal tulis di aplikasi sudah OJK..banyak atau tidak

        • banyak yg gagal faham, walaupun 1 perusahaan tapi produknya berbeda, skema dan bunganya pun berbeda antara shopeepaylater dan spinjam, dan yg mereka daftarkan hanya shopeepaylater ke OJK , mirip2 dengan pinjol2 yg baru di grebek kmrn semua dibawah 1 nama perusahaan 3 aplikasi yg legal untuk menutupi 13 aplikasi ilegalnya , bagusnya lapor kan ke kepolisian juga bro, mumpung sedang serentak pembasmian semua pinjol ilegal, mumpung masih hangat momennya

    • Anda LUCU yaa..sapa yang saya bahas ShopeePayLater..kl ShopeePayLater sudah tau Legalitas nya milik PT sapa..yang saya bahas di sini SPinjam dan SPinjam untuk penjual..lain x baca dulu baru comment..saya tidak ada sangkut pautnya dengan ShopeePayLater..

  • Banyak yabg ga mudeng, tapi sata paham yang dimaksud TS. Berarti SPinjam itu adalah produk ilegal dari Shopeepaylater, itu yg saya tangkap dari komen TS dgn OJK nya. Bisa jadi OJK hny menerbitkan ijin untuk Shopeepaylater hanya untuk pembiayaan ecommerce, bukan peminjaman uang seperti pinjol.
    Denger2 Akulaku yang Asetku itu juga ilegal, makanya kalau ada pinjaman di Akulaku yg nagih nyolot ga seperti yg nagih cicilan barang. Denger2 juga ga masuk SLIK kalau yg KTA Asetku, info dari grup FB tuh

    • Ntah ilegal atau tidak..intinya ini pihak sapa yang benar..OJK atau shopee??saya masih menunggu konfirmasi dari OJK..tapi g ada respon sampai skrng..

      • ada duit baru direspon, ga ada duit mana mau meladeni/membantu beban masyarakatnya.

  • Saran saya daripada minta tolong OJK tiada hasil, nyemplung sekalian ke pinjol ilegal. Cari info di FB bnyk kok grup macam gitu. Saya tahun kmrin juga seperti itu, akun Kre**vo kena hack. Yaudah main pinjol ilegal, dapat tuh puluhan juta gratis tanpa kuatir DC atau data masuk SLIK. Pinjol ilegal ya, yang dusarankan oleh Pak menteri untuk digagal bayar sebanyak2 nya.

    • Sebetulnya menarik untuk diangkat..
      Kalo pemahaman saya..
      Intinya..

      PT. Lentera Dana memiliki bbrp produk
      Shopeepaylater.. Spinjam, Spinjam penjual.. Sama dana cepat..

      Versi OJK.. Hanya Shopeepaylater yg terdaftar dan memiliki legalitas..
      Produk lain tidak/belum memiliki legalitas..

      Versi shopee..
      PT. Lentera Dana memiliki legalitas di ojk yg (mungkin) otomatis seluruh produk dari PT lentera dana memiliki legalitas..

      Versi siapa yg bener? Ini yg sedang TS angkat.. CMIIW

      Yaa walopun sorry to say.. Wasting time bro..

      Tapi klo situ punya banyak waktu.. Gas terus bro.. Kali aja versi ojk yg bener.. Tinggal coba minta ditutup karna illegal.. Mayan ga perlu bayar angsuran..

      • Kan banyak yg g tau kan..tau nya ya OJK kan..ternyata??so dgn gini smua tau..sekarang namanya juga diawasi..tp yang mengawasi tidak tau kan aneh??namanya di awasi yang mengawasi tau donk ciri2 nya tp ini sama sekali pihak OJK tidak tau..apakah bener kata pihak shopee di awasi atau cuman sekedar memakai nama nya aja..saya masih banyak waktu bro jd biar seru ini..

      • Sama juga itu pemahaman saya itu TS katanya udah ke kantor OJK langsung. Tinggal tunggu testimoni aja yg udah galbay d Spinjam, masuk SLIK kagak ?
        Kalau Shopeepaylater itu masuk SLIK, masuknya juga pertagihan. Jadi transaksi 5X ya di SLIK masuk 5X, bukan total tagihan yg dimasukin.
        Selama ini lum dgr Spinjam masuk SLIK, mngkin sama seperti KTA Asetku di AL yg produk bikinan sendiri tanpa ijin OJK.
        Yg udah galbay Spinjam boleh absen ?

  • Setahu saya, fintech yg dimaksud pernah/masih terdaftar di OJK. Tapi mungkin admin OJK malas nanggepin keluhan TS. Jadinya dibikin typo aja. Shopee pinjam menjadi shope pinjam. Itu beda dalam database. OJK lepas tanggung jawab. Selesai. Mau sampe berbusa mulut atau sampe jari keriting, konsumen apalagi pinjaman dibawah 100jt, OJK ogah ribet. Terlebih TS klo diskusi ga nyari solusi tapi malah ngajak debat, ya sudahlah.

  • Lagian sama-sama produk pinjamannya. Apa bedanya Spinjam dan Shopeepaylater gan ? Sama-sama tempat minjamkan uangkan. Trus yg jadi permasalahan agan sebenarnya apa ya ? Agan ketipu dan Spinjamnya dikuras ? Atau agan ga mau ngelunasi hutang di Spinjam gara-gara tidak terdaftar di OJK ?

  • Halo Mas Rudy, sangat menarik yang anda angkat ini mas. Boleh kita bisa berdiskusi lebih lanjutkah mas, kalau benar dugaan mas rudy Spinjam tidak terdaftar di OJK harus dihentikan operasionalnya. ini email saya ya mas rtarigan.law@gmail.com

  • Saya selaku mahasiswa juga tertekan abiss, saya waktu itu di telf atas spinjam disuruh mentf sampai batas waktu jam 7 malam dg dapat keringanan membayar sebesar 60%, tapi sampai sekarang tagihan saya di shopee tetap besar tidak berubah seperti apa yang dibilang melaui email. Kuatir bgt dan tertekan akhirnya saya tf dg menghabiskan seluruh tabungan saya, dan diperkirakan saya hanya bisa bayar separuhnyaa karena keluarga tidak mendukung untuk membayar otomatis tidak ada yang bantu huft

  • Sorry gan minta pendapatny..saya ketipu obnum yg mengaku rem shoppe dan sy tertipu lewat shoppe pinjam..
    Kurang saya perlu bayar tagihany pa tidak karna sy TDK pernah mendapatkan danany dr shopee pinjam..
    Danany d bawa kabur si penipu yg bisa meretas akun saya d shoppe

  • Saya ketipu lewat shoppe pinjam
    Kirany saya perlu byr tagihany tidak gan..minta pendapatny
    Sedangkan saya ga pernah nrima uangny

    • Bayar pak. Nanti slik ojk bs jelek plus didatangi dan dimaki dc. Tp konon dalam 5 tahun slik ojk anda bisa bersih dgn sendirinya. Entah mana yg benar.

      • Mau bayar pke ap..uangny saja saya ga nrima..masak ga mrasa ngajuin utang dan ga nrima dwitny kok dsuruh bayar..saya kan korban penipuan dr akun shoppe saya yg kena hack...
        Kalau tagihan shoppe paylater pasti sy bayar Krn memang saya memakainy untuk usaha saya..

        • Iya pak benar saya juga sama sudah terkena penipuan seperti itu, saya masih bingung apakah harus tetap bayar atau tidak. Karna sama sekali tidak memakai uang tsb. Saya sudah bertanya kpd ojk dan benar yg legalitas itu hanya spaylater sama jawabannya seperti ss pak rudy

        • spinjam itu ditransfer ke rekening bank yang pnya akun....bukan ke rekening tukang siomay....biarpun di hack katanya akun shopee ente dan si pencuri mengajukan spinjam, si pencuri gk bs ambil uangnya krna itu akan masuk ke rekening bank ente..
          atau mau ente tambahin cerita atm ente juga ilang? di hack? wkwkwk

          ngakak aje anee

  • Jadi bagaimana pak rudy perkembangannya? Apakah anda membayar atau tidak? Saya masih bingung. Apakah perlu untuk membuat surat laporan penipuan online agar memiliki kekuatan ketika ada debt collector?