Surat Pembaca

Penipuan Mengatasnamakan Kredivo

Saya Agung, pengguna Kredivo dari tahun 2018 dan beberapa kali melakukan transaksi kredit atau pinjaman tunai. Saya akan menceritakan pengalaman yang saya alami pada tanggal 20 April 2021. Saya melakukan pinjaman melalui aplikasi Kredivo pada pukul 23.37 WIB sebesar Rp2.500.000,- jangka waktu pinjaman 6 bulan. Transaksi dinyatakan berhasil di aplikasi Kredivo, sehingga muncul tagihan baru.

Setelah itu saya cek di rekening saya belum ada dana yang masuk. Kemudian ada email dari kredivo pada pukul 23.38 WIB tanggal 20 April 2021, yang isinya “Pinjaman tunai disetujui dan dana akan ditransfer ke akun rekening saya. Kalau mau lebih cepat beri kami 5 bintang di sini “Nilai Kami”“. Karena pinjaman berhasil dan tagihan sudah muncul, tetapi dana belum masuk ke rekening saya, maka saya klik link “Nilai kami” dan saya berikan ulasan bintang 5.

Selang beberapa menit, sekitar pukul 23.44 WIB tanggal 20 April 2021 saya mendapatkan email dengan foto profil Kredivo dan tulisannya Cs@kredivo.com yang langsung memberitahukan kalau dana yang sudah kami cairkan jangan dulu digunakan karena sistem kami mengalami gangguan, dan jumlah pinjaman saya terjadi double pembayaran/penagihan dan tidak tertera di aplikasi Kredivo. Sekarang Kredivo sedang dalam melakukan reboot date/memulai ulang data dan saya diminta nama, nomor handphone/whatsapp, jumlah pencairan, nomor rekening dan nama bank.

Berhubung waktunya berdekatan, saya respect dengan pelayanan Kredivo karena cepat tanggap. Saya balas email tersebut dengan mengisi data seperti nama, nomor handphone/whatsapp, jumlah pencairan, nomor rekening dan nama bank.

Kemudian ada yang menelepon saya melalui telepon whatsapp dan mengatakan kalau dia dari customer service Kredivo. Karena suara kurang jelas akhirnya berlanjut melalui chat whatsapp. Pertama, saya diminta hapus ulasan di Playstore Kredivo dan jika ada yang menghubungi saya diharapkan tidak membalas karena sudah ditangani oleh dia.

Saya percaya saja karena saya takut terjadi double dana atau pembayaran. Dia chat saya kalau dana sudah cair diharapkan ditransfer balik dan nanti saya akan ditransfer lagi agar tidak terjadi double pembayaran/tagihan.

Saya selalu cek dari pukul 23.38 WIB setelah mendapatkan email, sampai pukul 01.11 WIB saya mendapatkan email kembali kalau dana pencairan berhasil. Karena saya takut terjadi double pembayaran/tagihan, saya diminta untuk transfer kembali dana tersebut dan dana langsung akan ditransfer kembali oleh dia.

Ketika dia mengirimkan data nomor rekening, saya sempat bertanya kenapa bukan rekening Kredivo? Dia jawab karena sedang dalam perbaikan. Ya mau tidak mau, saya percaya saja. Setelah saya transfer kembali dan saya kirim bukti trasnfernya, dia minta foto KTP dan ATM saya.

Saat itu saya baru mulai curiga, kenapa harus foto ATM? Saya minta foto KTP saja yang saya kirim. Akhirnya saya kirim foto KTP saya. Setelah itu dia minta saya agar menginstal aplikasi “Dana Now” dan mengisi data sesuai seperti di Kredivo agar dana segera cair kembali. Sebenarnya di sini saya sudah yakin saya sudah tertipu, tetapi saya masih berharap agar uang saya ditransfer kembali. Jadi saya mengisi data saya di aplikasi “Dana Now”.

dana now

Setelah saya mengisi data di “Dana Now”, saya tanyakan kembali kapan dana akan ditransfer kembali dan dia jawab nanti, tunggu saja. Saya terus menanyakan, sampai akhirnya dia jawab besok pagi saja, dan nomor saya langsung diblokir.

dana now

Di sini saya lemas dan mencoba melihat aplikasi Dana Now, ternyata dia melakukan pinjaman ke beberapa pinjaman online. Untungnya dari 5 transaksi, 3 gagal dan 2 harus menambahkan data.

Semoga tidak ada lagi yang mengalami hal seperti saya. Yang menjadi pertanyaan saya, kenapa penipu ini bisa mengetahui email saya dan saya sedang melakukan pinjaman di Kredivo, juga dananya belum masuk? Karena dari semua transaksi yang saya lakukan melalui Kredivo, setelah pinjaman tunai berhasil itu pasti langsung masuk ke rekening tidak lama sekitar 5-10 menit. Namun yang saya alami saat ini, transaksi di aplikasi berhasil, langsung muncul tagihan, tapi dana belum masuk ke rekening saya dari jam 23.38 wib – 01.11 WIB.

Saya berharap dengan cerita ini saya mendapatkan solusi, karena saya sudah menghubungi customer service Kredivo saya tetap harus melakukan pembayaran. Saya berharap Kredivo dapat berbesar hati untuk membantu saya untuk mendapatkan kembali hak saya, dengan melakukan mencari data si penipu tersebut melalui akun rekeningnya, dimana dia melakukan tarik tunai dan cabang mana. Karena sebenarnya di sini saya dirugikan secara materi dan pihak kredivo dirugikan secara nama baik oleh si penipu tersebut.

Saya berharap masalahnya harus dapat diselesaikan dan mendapatkan penipu tersebut, agar tidak ada penipu lain yang bisa mengatasnamakan Kredivo untuk melakukan penipuan. Semoga tidak ada lagi yang tertipu seperti saya.

Kerugian saya, email saya dimiliki oleh penipu dan uang sebesar Rp2.350.000. Data penipu:

Email : kredivo.pst.bantuan@gmail.com
Nama di email : Dedy Ardiyansyah
Nomor handphone : +6285768349606
Akun bank : Permata Bank (013)
Nama rekening : DNID DEDX MUHXXXXX S
Nomor rekening : 8528085609541810

Terima kasih banyak atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih untuk semuanya.

Agung Isginanzar
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Agung Isginanzar

Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Bapak Agung Isginanzar di Media Konsumen pada tanggal 23 April 2021 yang berjudul “Penipuan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Gimana ya, sbnernya gak mau menghakimi ts jg sih tapi melihat banyaknya kasus rasanya gw jadi prihatin juga. Ada baiknya kalau blm cukup faham teknologi dan kurang jernih dalam berfikir juga mengambil keputusan lebih baik menahan diri

    Kemudahan bukan berarti gak perlu pertimbangan, pencairan tengah malam juga opsi paling buruk Krn emang jam segitu sistem kredivo sering maintenance atau dalam perbaikan dan biasanya ada pemberitahuan di beranda aplikasinya

  • Kasian juga baca nya, begitu terburu2 nya nunggu dana masuk terus meladeni semua permintaan penipu,
    Andai kan si ts berfikir nya ya sudah tagihan double ya d bayar double , jadinya gak ada tranfer uang ke dana atau rekening ke orang yg tak dikenal,
    Tapi ya emang itu buat pembelajaran buat semua, semoga kedepanya lebih berhati hati

    • @Siswo

      Modus Penipu:

      Penipu Mengamati Ulasan tentang Kredivo di Google Playstore.

      Banyak Penipu 24 jam nonstop mengamati Ulasan pada aplikasi Kredivo.

      Jika ada ulasan baru. Mereka akan menghubungi yang memberikan ulasan itu. Dan melakukan aksinya.

      • Kurang lebih seperti ini yg dialami saya om, setelah dana cair saya diminta memberi ulasan. daaaan ada email masuk dari oknum mengatasnamakan Kredivo CS

  • Terima kasih banyak om atas masukannya. Iya om maksud saya seperti itu kalau memang aplikasi Kredivo sedang mengalami maintenance mengapa tidak ada pemberitahuan di email atau media sosialnya untuk pembaruan/update aplikasi. Tetapi saya malah mendapat email dari Oknum yang mengatasnamakan Kredivo.
    Karena kalau dilihat di play store aplikasi Kredivo baru saja melakukan update aplikasi pada tanggal 22 April 2021.

    • Bang itu kelanjutan nya gimana?
      Abang setorin kah?
      Atau galbay?
      Atau clear dr kredivo nya?

      Soalnya saya jg sama ky gtu, malah saya mah user baru, baru bikin akun kredivo, masih basic pula, dan ga ada kasih rating atau apapun di playstorenya, ga ada kasih tau apapun soal kredivo ke siapapun.

      Kejadian nya saya hampir sama, tp bedanya ada tlp email WA dr si penipu hanya 5 menit setelah saya Terima transferan dr kredivo.

      Dan sekarang saya sedang galbay masuk bulan ke 2, saya telpon ke CS kredivo ga ada solusi, dy cuma bilang "MUNGKIN ADA KEBOCORAN DATA" Dan kalo memang ada kebocoran data dari pihak kredivo, kredivo jg bertanggung jawab jg dong karena kita korban disini.

      Sekarang telpon nagih hampir tiap hari nih kadang saya angkat kadang di cuekin.

  • Anda orang baik, saya salut sama anda yang sudah berbesar hati dan mau berbagi disini.

    Pengalaman hidup yang harus dibayar mahal, saya tak tau harus bilang apa, penipu memang selalu punya cara untuk tau informasi calon korban nya, terimakasih sudah berbagi informasi disini.

  • Sebaiknya jgn mengupdate aplikasi kita selain via Google store.biasanya ada notifikasi update aplikasi via app market yg dari bawaan HP kita.saya liat kayaknya ada keanehan setelah sy update aplikasi via app.market tersebut.sebaiknya update hanya melalui Google Store aja

  • lalu kasusnya sekarang gimana om? soalnya saya juga kena penipuan ini dan saya disuruh transfer ke rekening bank BJB atas nama PT Kredivo Indonesia

    • Saya buat laporan ke kepolisian dan berikan suratnya ke pihak kredivo.
      Tetapi sampai saat ini tetap ada pihak ketiga yang menagih hampir setiap hari melalui telpon dan whatsapp. Tetapi dari pihak kepolisian menyarankan untuk menunggu hasil penyelidikan.

      • @agung saya baru banget kecolongan.. saya kmkren 15 okt 2021 di tlp sama yg ngaku pihak kredivo. katanya dapet hadiah tuker point.. terus pas lg ditlp saya disuruh ikutin intruksinya saya ikutin. klik link yg dia kirim ke wa saya. terus di link nya itu saya pilih hp klw gak salah.. terus isi no tlp isi lg no pin. begonya saya ngikutin .. terus saya engeuh nyaa pas masih di tlp sama itu org tau tau ada sms. "transaksi berhasil senilai 3.5 jt sekian. dengan tenor 12 bulan". saya langsung matiin. syok bgt. pas cek ke kredivo saya ternyata dia beli barang di bukalapak. terus saya ke kredivo cerita smua nya terus katanya akun saya di blokir sementara. pas nanya apa gak bisa di cancel pesenannya. kata dia gak bisa harus ke bukalapak. ehh saya ke bukalapak katanya gak bisa dibatalin transaksi udah berhasil.. padahal mah itu baru banget kejadiannya. kmren tgl 15 okt 2021 hr itu jg saya lapor.. nah skrg saya bingung itu gmna bayar nyaaaa.. saya udh ke polres katanya harus nunggu ada kerugian yg dikeluarkan dulu. sedangkan sekarang belom ada kerugian karena tagihannya nanti tgl 14 nov.. saya gak mau bayar, karena itu bukan pengiriman ketempat saya kan.?
        apa nanti kita bakalan di datengin dc nyaa.? atau di teror gitu mas?? mohon di bantu jawab mas

        • Aku sama banget kaya kamu..tapi aneh nya aku malah di lunasi pembayaran tagihan buat bulan depan dan memang keadaan limit aku udah sedikit banget ganyampe 500rb di kredivo karna blm pada lunas,dan jika emang kalo dia bobol harus nya ada info transaksinya, kalo kaya aku gini penipuan ataw gimana ya

          • Walau ga ada tagihan muncul dan tagihan aku malah di bayarin semua nya yang untuk bulan depan, tapi tetep worry,

  • Semalam kejadian ini menimpa pd diri saya. Yg awalnya tidak percaya, oknum memberikan keyakinan kpd diri saya untuk mentransfer dana ke PT. KREDIVO INDONESIA dengan alasan gangguan system terjadi Double Tagihan.

    Semoga tidak ada lagi korban2 berikutnya.

  • Kelanjutannya gimana kak, setelah lapor kekepolisian,??
    Apakah kakak tetap bayar kredivonya,?