Surat Pembaca

Penagihan Home Credit Indonesia yang Tidak Sopan

Perkenalkan nama saya Paulina Viartiek Mukti T, nomor kontrak Home Credit: 3803061714. Saya mohon maaf karena saya sudah telat membayar cicilan saya selama 1 tahun. Saya telat membayar karena saya di-PHK semenjak Covid-19 dan sampai saat ini pun saya belum bekerja lagi.

Untuk menyambung hidup, saya jualan es dan itu pun untuk makan saja susah. Saya sadar kalau saya masih punya kewajiban untuk membayar cicilan.

Pada tanggal 29 April 2021, saya dapat WA dari Jonatan, Field Collector dari PT MBA Consulting, penagihan Home Credit Indonesia (HCI). Dia chat saya lewat WA untuk melakukan penagihan. Saya sudah menjelaskan kondisi keuangan saya sama dia. Saya bicara sopan dengannya, tapi DC HCI menggunakan kata-kata yang tidak sopan, melakukan penekanan dan pengancaman.

HCI sudah berizin di OJK, apakah cara penagihannya seperti itu? Apakah cara penagihan oleh Jonatan itu sudah sesuai SOP? Apakah seperti itu SOP penagihan dari HCI? Maaf, saya tidak terima saat dia bilang kepada saya seperti ini: “Jangan terlalu bodoh jadi nasabah”, “Anda menggunakan data untuk kepentingan orang lain”.

Saat pengajuan, saya menggunakan data asli saya sendiri dan untuk kepentingan saya sendiri. Jadi saya tidak tahu apa maksud DC HCI berkata seperti itu pada saya. Berikut saya lampirkan salah satu bukti chat WA.

Terima kasih.

Paulina Viartiek Mukti T
Surakarta, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Paulina Viartiek Mukti

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Paulina di MediaKonsumen.com pada 2 Mei 2021 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ga cuma hci. Semua pembiayaan leasing atau bank yg bunga murah pun ga akan sopan menagih kalau namanya yg macet. Mau bapak bagus 10 tahun . Gt macet ttp di marahin. Mereka baik sama yg bayar lancar aja.

  • Wajar, apalagi 1tahun.
    Anda punya aset, jual.
    Anda punya keluarga, bicarakan.
    Jangan digantung.
    Baca klausa pasal per pasal sebelum perjanjian.

    • PT. MBA rekanan Home Credit itu colector nya sok garang dan gak sopan. Jangankan terlambat bulan....terlambat beberapa hari aja bukan main kasarnya bahasa yg disampaikan. Terus terang saya menyesal berhubungan dengan Home Credit karena tidak jauh beda cara penagihan nya dgn Pinjaman Online.

  • "Jadi saya tidak tahu apa maksud DC HCI berkata seperti itu pada saya"

    maksudnya data peminjam akan disebarkan/dijelekkan

    semoga tagihannya bisa cepat lunas

    • Pasti ada jalan tetap tenang,, jngan sampai psikis stress.. hadapin saja mau gimana.. tetep usahain nego yg resmi jngan via wa.. jika tindakan di luar batas laporkan polisi saja.. jika nanti ada rezeki beresin dan tobat..

  • Anda menuntut SOP yang bagaimana, yang pertama melanggar SOP ya anda sendiri : Menunggak.

  • Konsekuensinya punya hutang om. Apalagi setahun gak bayar angsuran. Pandemi yaa pandemi, tapi hutang harus di bayar. Lain kali jangan pinjam lagi

  • Bahaya bu kalo di biarkan takutnya berbunga tagihannya atau kena pinalti..sebaiknya ibu aktif berhubungan langsung kepada pihak hcinya spy bisa meminta keringanan bayar tapi rutin

  • Udah cuekin aja, ada duit bayar gak ada duit, HCI suruh tunggu sampai bapak pny Duit, banyak kok nasabah HCI yg seperti Bapak, jd santuy aja pak....

  • ✓ Jual aset. Lunasin utangnya, BERES!
    Gitu doang kok repot ? Udh nunggak setahun terus minta di istimewa-kan ?

    Dulu pas masih kerja + minjem lagi di HCI
    Pengeluaran Segede apa si sampe gaji bulanan ga cukup.
    Gaya hidup tuh di kurangin boss. Sekarang gak kerja jadi Kelabakan sendiri kan.

  • Komentar yang mengarahkan untuk menjual aset dan menyalahkan peminjam itu biasanya Debt Collector. Menunggak pinjaman itu resiko dalam meminjamkan.