Surat Pembaca

Sudah Satu Tahun, Traveloka Belum Mengembalikan Dana Refund

Pada 7 Agustus 2019, saya membeli tiket penerbangan PP Jakarta-Roma dengan transit di Bangkok via Traveloka (Traveloka booking ID: 509174939, airline booking code: PQDATK). Kemudian memasuki tahun pandemik, pada tanggal 14 Maret 2020 penerbangan saya di-reschedule secara sepihak oleh maskapai, yang awalnya bertujuan ke Roma (TG-436) menjadi ke Frankfurt (TG-920).

Selanjutnya pada tanggal 20 Maret 2020, penerbangan pulang saya dari Bangkok ke Jakarta digeser secara sepihak dari yang seharusnya 14 April 2020 menjadi 15 April 2020. Tanggal 26 Maret 2020, saya menerima email dari Traveloka bahwa status penerbangan tersebut berubah menjadi “canceled due to operational issues“. Italia, Jerman, dan Thailand, masing-masing menutup negara mereka untuk wisatawan asing.

Refund disetujui

Saya kemudian mengajukan refund ke Traveloka, yang akhirnya pengajuan tersebut disetujui oleh maskapai tanggal 02 April 2020. Lebih dari 9 bulan kemudian, tanggal 13 Januari 2021 saya bertanya kepada Traveloka via aplikasi mobile-nya tentang durasi refund saya. Traveloka menjelaskan bahwa bahwa dana refund akan saya terima maksimal satu tahun sejak 02 April 2020.

Pada 29 Januari 2021 saya menerima email dari Traveloka bahwa pengajuan refund masih dalam proses pengecekan oleh pihak maskapai dan status refund saya ternyata masih pending. Sontak saya bingung karena di 2 April 2020 refund saya dinyatakan telah disetujui oleh maskapai.

Esoknya, di 30 Januari 2021 saya menerima telepon dan email dari Traveloka yang meluruskan dan mengkonfirmasi bahwa memang refund saya telah di-approve oleh maskapai. Saya juga mengkonfirmasi ulang bahwa refund akan dapat saya terima dalam 1 tahun setelah 02 April 2020.

Tanggal 02 April 2021, genap setahun dan saya belum menerima dana refund yang dijanjikan.

Tanggal 13 April 2021, saya menerima email dari Traveloka (via International Ticketing Specialist Patricia) bahwa refund saya masih dalam proses pengajuan internal di maskapai. Saya bingung sekali karena informasi ini kontradiktif dengan informasi yang diberikan tanggal 02 April 2020 dan 30 Januari 2021.

Kemudian pada 27 April 2021 lampau, saya menerima info dari Traveloka bahwa saya akan menerima penalti sejumlah Rp2.500.000,00/penumpang karena meminta refund dalam bentuk cash, sekalipun pihak maskapai lah yang membatalkan penerbangan saya. Perlu dicatat bahwa saya membuat beberapa pemesanan terpisah dalam 3 booking ID (509174939, 509176660 dan 509176645).

Hingga 1 Mei 2021, kira-kira sudah genap 1 tahun 1 bulan dan saya masih belum menerima refund dari Traveloka yang dijanjikan hanya akan membutuhkan waktu 1 tahun.

Rendra Sebastian Delano
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Wow sampai setahun ! Coba gan cara saya dulu. Traveloka ada akun medsos kan ? Tweet atau tag tiap hari tuh mereka, kalau bisa 2-3X sehari, jgn lupa ikut tag juga maskapai yg Anda gunakan, YLKI,Polda Jabar dan BPKN. Jangan berhenti sampai uang Anda kembali, gunakan Bhs. Indonesia dan Bhs. Inggris jika tweet.
    Pengalaman saya dulu cuma butuh 5 hri dari pihak Tokopedia utk mencairkan tiket refund setelah 5 bln lbih ditahan. Email juga tiap hari selain komplain di medsos. Yg pasti tekan biar mereka segera balikin hak Anda.
    Maskapai sudah mencairkan refund ke Traveloka. Dana Anda sudah ditangan Traveloka, masalahnya hmpir 100% tiket direfund pada awal pandemi. Kalau dicairkan semua langsung udah pasti bangkrut tuh Traveloka, jadi ditahan dan dicairkan berdasarkan skala prioritas. Yang ngeyel ya duluan !

    • Halo Smin Lisianto. Terima kasih untuk masukannya. Saya sudah mencoba mengirimkan twit nyaris beberapa minggu sekali ke Traveloka, tetapi tidak ada kejelasan. Bahkan per kemarin, Traveloka menginfokan bahwa status permohonan refund saya masih pending, padahal di aplikasi dan dari info yang saya terima via email sejak 2 April 2020 sudah dinyatakan 'approved by the airline'.

      • Mention juga pihak maskapai, dulu pihak ThaiLionAir sempat retweet salah satu tweet saya. Tweet sehari 2-3X sehari. Baru tuh ada tindakan dari Tokopedia, selain itu saya email juga tiap hari. Sedikit urakan saya akui, tapi itu kan hak saya. Wong pihak maskapai sudah bilang refund sukses, knp dana tidak ditransfer ke saya ?

        Semoga cepat ada kejelasan atas refundnya ya

      • Uangnya masih diputer Mas.
        Ikuti saran @Smin Lisianto.
        Dan paling extrim buat video durasi 1menit di Tiktok. Hmmm bakal ngilu ngilu biji tuh...