Kategori: Surat Pembaca

Top Up ShopeePay Rp2 Juta Tidak Kunjung Masuk dan Tidak Ada Respon dari Shopee

Saya dengan username Shopee: suplemen_usa, sangat kecewa dengan pelayanan Shopee. TopUp ShopeePay sebesar Rp2.000.000 tidak kunjung masuk dan saya hanya diminta cek berkala, tanpa tenggat waktu yang pasti. Parahnya lagi, tanpa nomor tiket pelaporan.

Kronologinya:

1. Pada tanggal 29 April pukul 10 pagi saya melakukan topup ShopeePay sebesar Rp2 juta dan Rp1 juta melalui transfer virtual account, tapi hingga saat ini 30 April pukul 16.00 dana yang masuk hanya Rp1 juta, sedangkan 2 juta tidak kunjung masuk.


2. Saya hubungi CS live chat Shopee pada tanggal 29 April pukul 12 siang dan dengan sabar saya menunggu antrian selama 1 jam, karena jumlah antrian ada 900 orang lebih.

3. Hasilnya? Saya diminta menunggu 1×24 jam dari jam transaksi, tanpa adanya nomor pelaporan. Artinya customer wajib antri ulang, menceritakan ulang, melampirkan ulang semua bukti terkait kasus ini. Total waktu yang dihabiskan dari menunggu antrian, menceritakan kasus, melampirkan bukti dan pengecekan CS adalah 1,5 jam. Bagian paling parah adalah tanpa nomor pelaporan. Logikanya, tanpa nomor pelaporan maka kasus belum diproses.

4. Hari ini 30 April pukul 15.00 karena sesuai info CS live chat sebelumnya yaitu menunggu 1×24 jam. Saya kembali hubungi CS live chat, antri ulang, cerita ulang kronologi dan pelampiran bukti ulang. Hasilnya sama, disuruh menunggu dan cek berkala tanpa tenggat waktu maupun nomor pelaporan. Terasa chat dengan robot. Berikut saya lampirkan bukti chatnya.

5. Saya buka IG @Shopee_id ternyata banyak komplain mengenai topup dana yang tidak masuk ke ShopeePay dan saya pun mengajukan komplain. Alhasil bermunculan sindikat penipuan yang meminta kode VA, kode bayar maupun kode OTP kepada saya. Bila pelayanan Shopee seperti ini tidak heran jika tiap minggunya di Media Konsumen bermunculan keluhan pembobolan akun Shopee via ShopeePay, ShopeePinjam maupun PayLater.

Tidak ada wadah dan informasi pasti yang diperoleh customer saat menghubungi CS, atau apakah ini disengaja agar membuka celah, sehingga akun customer mudah dibobol oleh sindikat tertentu??

Erwin Wijaya
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Komentar

    • Iya betul dan tidak heran banyak customer mengeluhkan tertipu dan akun dibobol karena minimnya wadah yang disediakan Shopee untuk menyelesaikan komplain Customer. Dari CS liveChat yang bagaikan robot, email dan CallCenter yang hanya menyarankan menunggu dan customer diharapkan cek Berkala tanpa kepastian.

      Pilihan selanjutnya adalah meninggalkan komentar di IG Shopee.
      Saya meninggalkan komentar kasus ini di IG Shopee, yang ada sindikat penipu menghubungi dan meminta kodeOTP. Bila tidak berhati hati topUp dana tidak kunjung masuk dan silap2 akun dibobol. Bukankah ini pelayanan Customer seperti ini sangat miris?

  • Resiko topup gede via VA begitu, kalo mau aman via alfa/indo, apalagi pake banknya BRI, untuk saran
    1. konfirmasi ke pihak bank terlebih dahulu
    2. Pastikan akun sudah di premium

    • 1. Saya sudah konfirmasi ke pihak bank dan uang sudah masuk ke pihak shopee hanya saja dari saldo Shopee Pay saya tidak bertambah

      2. Akun shopee sudah premium,

  • saran saya kalau top up shoppay lebih cepet masuk dan safety pakai alfamart, alfamidi dan indomaret, on the time, berapa yang mau di topup se pengalaman saya selama ini langsung masuk dan prosesnya on the time (saat itu juga), jadi kalau ada something by sistem, top up ga masuk ga berhasil ya ga usah bayar. Karena saya pernah beberapa x isi e-money shopoe dan bayar via ATM serta internet banking, saldo terpotong tapi pulsa e money ga kunjung masuk, memang nominalnya kecil hanya 100.000 X 2 tapi tetep aja rasanya bikin ga enak hati, sudah laporan pun bilang ditinjau dan suruh tunggu sampai sekarang tetep aja ga masuk jadi KAPOK. Jadi intinya kalau mau top up shoppay lebih aman by indomaret, alfamart / alfamidi. Semoga cepet ada solusi ya dari shopoe dan kinerja cs nya lebih ditingkatkan dari segi SDM untuk mampu mengatasi solusi tidak sekedar copy dan paste yang akhirnya merugikan konsumen.

    • Bosan komentar, isinya Shopee, Akulaku, Kredit Macet / DC, dan apa lagi ya... Aku cuma mau tanya, Kenapa nama kita yang muncul angka??????

    • Aduh gawat juga. Sudah berapa lama kakak isi via ATM dan e-banking dan saldo tidak masuk?

  • Resiko tetap setia dg e.commerse murah.. secara dah berangsur banyak yang ngajak meninggalkan nya karena resiko yg terlalu banyak...

  • Solusi SC nya selalu bilang cek berkala,tunggu 3 HR......tp tetep aja gk ada kejelasan.

    • Betul. Hari kamis diarahkan menunggu 1x24 jam dan cek berkala. Hari Sabtu diarahkan tunggu 3x24 jam dan cek berkala.

      Akan tetapi sampai hari ini Senin sudah 4x24 jam dari tanggal transaksi, dana masih belum masuk. Hari ini, pihak media sosial Shopee menghubungi saya dan informasi dana sedang diproses, KEMUNGKINAN hari Rabu tgl 5 Mei akan masuk ke rekening.

      Semoga informasi kali ini benar, karena sudah beberapa kali dijanjikan dana akan dikembalikan yang nyatanya BELUM di- REALISASI hingga saat ini.
      Giliran Paylater dan danapinjam jatuh tempo, customer dikejar kejar Debt Collector dan dikenakan bunga. Tapi topUp tidak masuk, customer diarahkan sabar menunggu dan senantiasa cek berkala.

      • Saran saya kalau mau topup dana 1jutaan ke atas lewat VA atau sejenisnya, alangkah baiknya di cicil beberapa kali topup semisal 2juta, topupnya 4x..

  • Saran..coba hub call shope center kk .. Mungkin bs cpt tanggap dr pada live chatnya..

    • Sebelum posting ke media konsumen, saya juga sudah menghubungi call center Shopee dan tidak ada solusi. Hanya diarahkan menunggu dan cek secara berkala.

  • Byk sekali keluhan untuk shopee, wahai pihak shoppe dengarkan lah keluhan kami .. saya juga hampir kena tipu kemaren lewat wa masuk saya liat pp nya shoppe pas saya teliti lagi no wa dr shopee pakai no yg ga jelas , no yg sekali pakai buang.. walah kok gampang sekali no hape kita tersebar , yg kena musibah hampir setiap hari ada artikelnya ,kasian apalagi jaman lg susah seperti ini !

    • Asal tidak tergiur iming2 hadiah dan tidak berikan otp, membuka link yg dikirim atau link yg mencurigakan ya aman.

  • Apakah sampai sekarang uang top upnya belum masuk?kejadiannya sama kaya saya