Surat Pembaca

Kecewa dengan Sistem Billing PLN Pascabayar

Saya selaku pelanggan PLN, sudah sewajibnya membayar tagihan listrik tepat waktu. Sudah pakai, ya jelas harus bayar. Maka daripada itu, setiap awal bulan, saya luangkan waktu untuk melakukan pembayaran berbagai tagihan, mulai dari BPJS, Telkom, Indihome, listrik, dll.

Saya biasanya bertransaksi di hari libur ataupun hari Minggu, supaya tidak mengganggu aktivitas kerja. Saya berterimakasih kepada Tokopedia selaku pihak yang telah memfasilitasi pembayaran tagihan-tagihan tersebut.
Untuk tagihan listrik, ada dua IDPEL yang harus saya bayarkan tagihannya, A dan B.

Permasalahannya adalah, sejak bulan APRIL kemarin, tagihan A tidak muncul, jadi saya hanya dapat membayar yang B. Celakanya, saya terlupakan untuk membayar tagihan A, sehingga terkena denda.

Pada bulan Mei ini, tepatnya tanggal 2, terulang kembali, tagihan A tidak muncul, tagihan B muncul. Dari segi lokasi, bangunan A dan B, sangat berdekatan, beda satu rumah. Hal ini menjerumuskan saya sebagai konsumen, secara tidak sadar, memungkinkan terjadi keterlambatan pembayaran.

pembelian token 1jt

Sangat tidak adil, kalau pihak PLN secara tegas langsung menerapkan denda. Sangat mengecewakan. saya rasa kesalahan ada di pusat data PLN. Saya sangat trauma dengan pihak PLN, apalagi sejak kasus token 1 juta yang tidak ada solusinya sama sekali.

Terima kasih media-konsumen

Salam.

Panca Saputra Jaya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sebaiknya mengecek jumlah tagihan, mulai dari tanggal 6 setiap bulannya.

  • PLN batas pembayaran kan tgl 20 jadi anda kan punya waktu sampai tgl 20 untuk bayar. bulan kemarin memang keluarnya tagihan tidak bersamaan, bulan ini juga.
    saya tiap bulan membayar 7 rekening PLN pascabayar dengan lokasi juga berdekatan, bulan kemarin sebagian saya bayar tgl 1, sebagian tgl 10 karena saya tiap tgl 10 saya selalu cek ulang semua tagihan saya (PLN, telkom, indihome, pdam).
    kalau menurut saya kasus anda lupa bayar tidak bisa menyalahkan PLN, karena murni anda yang lupa.
    telkom dan indihome juga tanggal keluar tagihannya tidak sama biasanya antara taanggal 2-5 (saya bayar 6 rekening)

    • Tagihan keluar telat, bayar telat, ya masih adil, kecuali sy niat ga bayar

  • Kalau pembayaran tagihan tsb selalu menggunakan Tokopedia, di Tokopedia kan ada fitur yang namanya "Langganan", bisa jadi pengingat apabila tagihan anda mendekati tanggal jatuh tempo. Kurasa patut dicoba.

  • Saya setuju dgn komentar kawan2..saya terkadang tagihan pln selalu muncul tgl 2..pernah skl ga muncul2 sampai tgl 6..saya langsung telpon PLN..dan mendapatkan konfirmasi bahwa sedang ada perbaikan di area saya sehingga disuruh mencoba kembali tgl 8..
    Kdg kita sebagai nasabah/pengguna juga harus proaktif dalam komplain dan pengaduan yg menjadi kewajiban kita..
    Dan sy berharap semoga permasalah penulis bisa mendapatkan solusi dari pihak terkait..

  • apa sudah dicek di pln nya sendiri tagihannya brp? media pembayaran pln tidak hanya tokopedia, tidak muncul bukan berarti tidak harus membayar

  • Lebih baik, kalo memang mau dibayar tepat waktu, siapkan juga tagihan nya tepat waktu, FAIR kan?
    Mau lewat pos, klikbca, bukalapak, dll mereka punya akses yg sama, kalau tidak muncul, ya berarti blm siap tagihannya. Tagihannya telat, ya wajar aja telat bayarnya, FAIR kan?

  • Adaptif aja deh, karna tanggal tagihannya aja beda beda, ga usah main lsg denda, terkecuali memang niatnya ga bayar

  • namanya juga sistem kadang ada error/masalah.
    dan perhitungan denda juga oleh sistem. telat bayar langsung kena denda
    percuma sepertinya dikomplain. mau gak mau memang akhirnya customer yang harus menyesuaikan kondisi

    • Selama yg bikin sistem itu manusia, wajib diperbaiki dan disesuaikan. Bukan cuman BERKELIT beralaskan SOP, sedikit sedikit SOP. Kalo sistem dibuat oleh sistem, yg ternyata dimunculkan lagi oleh sistem, dst, ya ini ga ada manusianya, silakan aja berinteraksi dengan sistem jg, jgn dengan manusia

  • Ga beda jauh ama tagihan kartu kredit yg terakumulasi, jadinya membengkak. Emang sampean belanja apa? Ga ada, yg ada cmn tagihan ANNUAL FEE, terlupakan karna kartu tidak pernah dipakai untuk transaksi apapun dari sejak diterbitkan. Yg kasih kartu kredit, oleh sistem, yg nagih sistem jg, yg denda sistem jg.

  • Saya sih pake fitur pembayaran otomatis dari kartu kredit, jadi tagihan selalu dibayar oleh kartu kredit secara otomatis tanpa perlu ingat-ingat lagi.

Penulis
panca sj