Surat Pembaca

Kecewa dengan Sistem Billing PLN Pascabayar

Saya selaku pelanggan PLN, sudah sewajibnya membayar tagihan listrik tepat waktu. Sudah pakai, ya jelas harus bayar. Maka daripada itu, setiap awal bulan, saya luangkan waktu untuk melakukan pembayaran berbagai tagihan, mulai dari BPJS, Telkom, Indihome, listrik, dll.

Saya biasanya bertransaksi di hari libur ataupun hari Minggu, supaya tidak mengganggu aktivitas kerja. Saya berterimakasih kepada Tokopedia selaku pihak yang telah memfasilitasi pembayaran tagihan-tagihan tersebut.
Untuk tagihan listrik, ada dua IDPEL yang harus saya bayarkan tagihannya, A dan B.

Permasalahannya adalah, sejak bulan APRIL kemarin, tagihan A tidak muncul, jadi saya hanya dapat membayar yang B. Celakanya, saya terlupakan untuk membayar tagihan A, sehingga terkena denda.

Pada bulan Mei ini, tepatnya tanggal 2, terulang kembali, tagihan A tidak muncul, tagihan B muncul. Dari segi lokasi, bangunan A dan B, sangat berdekatan, beda satu rumah. Hal ini menjerumuskan saya sebagai konsumen, secara tidak sadar, memungkinkan terjadi keterlambatan pembayaran.

pembelian token 1jt

Sangat tidak adil, kalau pihak PLN secara tegas langsung menerapkan denda. Sangat mengecewakan. saya rasa kesalahan ada di pusat data PLN. Saya sangat trauma dengan pihak PLN, apalagi sejak kasus token 1 juta yang tidak ada solusinya sama sekali.

Terima kasih media-konsumen

Salam.

Panca Saputra Jaya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • selamat pagi indonesia
    pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih kepada media konsumen dan rekan-rekan yg sudah berkomentar.
    kemarin, tepatnya hari selasa, representatif PLN sudah berkunjung ke tempat kami.
    mengenai kasus yg saya alami sudah ada klarifikasi, dan soal token sudah ditawarkan solusi.
    semoga kasus ini dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua, untuk menjadi yg lebih baik.
    terima kasih PLN.

    • Solusi yang ditawarkan bagaimana pak ? Biar menjadi pembelajaran bagi kami juga.

Penulis
panca sj