Kurir Shopee Express Main Konfirmasi Sepihak, Padahal Paket Belum Terkirim

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih terhadap tim Media Konsumen yang telah memuat surat keluhan saya terhadap Shopee, khususnya kurir Shopee dengan nomor pesanan Shopee: 210503N90YUD20. Saya selaku konsumen percaya bahwa marketplace menjadi penghubung yang aman dalam transaksi jual beli online. Namun nyatanya yang saya rasakan tidak seperti harapkan. Saya sangat resah, ya sangat RESAH.

Bagaimana kurir Shopee bisa melakukan konfirmasi status pengiriman sepihak tanpa pihak penerima menerima paketnya? Apakah bisa kurir melakukan manipulasi seperti itu tanpa bukti foto paket diterima yang bersangkutan/lokasi foto paket di ambil sesuai alamat penerima dll?

Tidak sekali saja saya merasakan kurir Shopee seperti ini. Sebelumnya kurir Shopee ada yang WhatsApp untuk paket diubah menjadi terkirim. Parahnya lagi belum saya balas Whatsapp tersebut sudah berubah.

Mungkin karena pengiriman sameday harus di hari yang sama karena kendala cuaca/traffic/dll yang menyebabkan terlambat. Bukannya saya memaksa, misalnya seharian hujan paket terlambat gak bisa dikirim hari ini juga, ya saya tidak apa-apa. Yang bikin saya marah bila produk dinyatakan terkirim, dana akan otomatis diteruskan penjual. Karena kurir inilah yang membuat saya tidak percaya, apalagi ini kurir Shopee sendiri yang seharusnya lebih terpercaya. Mengingat saya beli sebuah unit handphone yang harganya tidak murah.

Saya tekankan tindakan kurir seperti ini sangat tidak pantas, karena marketplace hadir untuk menjaga sejumlah dana yang dibayarkan pembeli terhadap barang yang dijual oleh seller di marketplace tsb. Bagaimana bisa menjamin dana pembeli jika pengiriman saja fiktif? Barang saja belum diterima, tapi dana bisa diteruskan otomatis ke penjual. Kalau status barang terkirim tapi gak dikirim-kirim barangnya oleh kurir, siapa yang salah?

Saya harap pengalaman ini tidak terjadi kepada teman-teman Media Konsumen. Terima kasih.

Mohammad Irshan Pamula
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • *Update*

    Ternyata setelah saya cek ulasan di google shopee express cimanggis selaku yang menanganin pengiriman paket domisil saya,banyak konsumen yang mengalami kejadian serupa.

    • Kalau saya ya kurir j&t karna udah langganan pernah minta ijin scan paket saya karna paketan yg dihantar numpuk dan saya malah senang ikut meringankan beban kurir jadi setiap ada paket saya suruh aja discan dulu toh besoknya pasti dihantar dirumah kurirnya juga ngasih tau kalau pesanan jgn dikonfirmasi dulu biar uangnya gak langsung ke sellernya.intinya saling menghargai aja.

  • Selang beberapa menit kemudian CS Shopee sudah menghubungi saya perihal masalah tersebut,paket sudah saya terima dengan baik.masalah sudah di nyatakan selesai,hanya saja sekedar masukan untuk kedepannya tidak ada kejadian seperti ini terhadap konsumen shopee. Saya ucapkan terima kasih kepada media konsumen dan shopee.

    • Pesenan sy tlng dibantu jg donk. Krn sdh 10 hari nasib nya tdk jelas. Pihak PENJUAL merasa sdh kirim sedangkan EKSPEDISI dlm hal ini SHOPEE EKSPRESS mengatakan barang RUSAK dan pihak PEMBELI tidak menerima barang itu. Siapa yg harus bertanggung jawab????

  • Makin mengerikan berbelanja di Shopee. Benarkah Kurir Shopee berstatus Mitra, alias bukan karyawan Shopee?

  • maklumin ajah kak, lagian kan ini lagi event 5.5, paket sedang banyak² nya,, apalagi kan itu terdeliv jam 23.00, dimana itu waktu kaka sedang istirahat, mungkin kurir sudah menelpon kaka tapi gak diangkat², sdngkan itu stts paket SAMEDAY , dimana harus terkirim hari itu juga,, jd kalo dibalikin ke gudang saya rasa gak fair, makanya di deliv dulu..

  • Saya juga pernah belanja di MP oren, pake ekspedisi EntarAja. Status barang sudah terkirim tapi aku tanyai semua anggota keluarga gak ada yg merasa menerima paket. Tetangga juga gak ada yg merasa dititipi. Bingung kan itu paket nyasar kemana. Gak ada kejelasan sama sekali. Akhirnya aku inisiatif mencari kontak Drop point terdekat sampai akhirnya ketemu nomer kurirnya. Ternyata paket masih dibawa kurir. Aku sih memaklumi kalo misalnya overload atau gimana, tapi ya mikir dikit lah. Status barang terkirim tapi barangnya gak ada, aku pikir kan nyasar. Kan bisa kurirnya WA dulu bilang kalo mau konfirmasi barang diterima tapi nganternya besok atau kapan, Aku juga bakal maklum. Hadeh pantes aja namanya EntarAja, entar entar aja ngirimnya 😑

  • Kurirnya ga dapet komisi kalau dibesokin. Saya pernah pake j&* juga gitu. Kurirnya wa minta ijin paket diterima tapi besok diantar. Ya sudah. Hitung2 beramal.

  • Saya pembeli yg merasa tertipu oleh Toko Online @GILOGILO di shopee, dengan modus kembali barang. barang yg sya beli bernilai >800k dengan ongkir 800k dari jmlh. uang 1,1jt, serta mengembalikan barang terlebih dahulu, padahal jika dilihat dri prilaku penjual yg sama sekali tidak merespon percakapan tp malah mengajukan banding, apakah sya bisa dipercaya brang yg kirim akan di konfirmasi penerimaanya dengan baik, malah yg ada BARANG HILANG dan UANG TIDAK KEMBALI. Pdahal ini semua KESALAHAN TOKO tanpa ada itikat baik. dan repon Shopee seperti Robot yg sudh dikuasai polanya oleh Penjual Nakal

    • Saya juga pernah kaya gitu, pakai kurir J&T, setelah saya kroscek, sebenernya bukan salah kurir maupun ekspedisinya, tapi sistem Shopee yang harus diperbaiki, begitu estimasi pengiriman, misal 3hr, hari keempat langsung dibikin "paket telah diterima", ga peduli sekalipun barangnya masih on process pas cek resi di ekspedisi aslinya.. Jadi yg harus diperbaiki tuh sistem Shopee.. jangan lagi berpatokan sama estimasi tapi harusnya berpatokan ketika barang telah diterima pembeli

  • Saya sering ngalamin begitu. Tapi kurirnya wa minta ijin sama saya. Dan saya suka ngasih uang tips. Saya baik dia juga baik gitu.
    Jadi bagi saya gpp yang penting paket bisa sampai diterima saya.

  • Ya kalo overload atau ga dapet komisi dll itukan urusan pihak internal.toh saya selaku konsumen,berhak tau faktanya bukan fiktif.tanpa konfirmasi,tanpa dihubungin status berubah terkirim.kalo paket yang ga seberapa mungkin temen2 memaklumi,saya sering mengalami ini karna saya sering memaklumi karna ah ga seberapa juga paketnya,kasihan juga abang kurirnya.efek maklumin aja jadi seakan tindakan seperti ini normal dilakukan sampe2 paket yang menurut saya harganya lumayan,ga bisa saya diem2 aja.