Surat Pembaca

Saldo Rekening BRI Hilang Terdebet, Transaksi Dinyatakan Normal

Tepatnya pada tanggal 19 April 2021, saat saya lagi bekerja sekitar pukul 08.24 WIB, saya menerima notifikasi SMS dari BRI bahwa ada TRANSAKSI DEBET Rp9.000.000 dengan biaya Rp3.000. Biasanya notifikasi SMS menjelaskan Penarikan ATM, TARIK TUNAI, Transfer Bank lain, Penarikan Tunai ATM, dll.

Saat itu langsung syok dan panik, kerja pun tidak fokus. Saya menelepon ke CS BRI 14017 dan menceritakan kronologinya. Saya disuruh untuk memblokir m-banking dan Kartu ATM saya. Saya pun menyetujuinya, lalu diberi nomer pengaduan 34510104 dan disuruh menunggu 20 hari kerja.

Selama 1 minggu saya mencari info, ternyata banyak kejadian serupa. Kepanikan saya malah bertambah, setiap 3-4 hari saya selalu follow up @kontakBRI melalui Twitter dan cabang BRI terdekat rumah saya. Saya juga menanyakan ke CS BRI, transaksi tsb dilakukan di mana, tapi mereka tidak bisa memberi penjelasan ini transaksi apa.

Kalau penarikan ATM atau yang lain, di mutasi terdapat jelas. Namun ini hanya bertuliskan nomor saja di mutasi rekening, sehingga kecurigaan saya bertambah. Selama ini saya juga tidak merasa mendapat SMS Kode OTP/ memberi PIN kepada siapapun termasuk keluarga.

Saya butuh uang ini. Setelah menunggu proses tindak lanjut kurang dari 20 hari kerja, tepatnya tanggal 05 Mei 2021, hasilnya membuat saya deg-degan dan merasa kecewa, karena dari jawaban call center BRI transaksi tsb dinyatakan transaksi normal yang dilakukan di agen BriLink.

Saya tidak melakukan transaksi ini. Pesan yang dikirim melalui twitter membuat saya down dan saya pun meminta penjelasan, kenapa sistemnya sampai begini? Sedangkan ATM dan PIN hanya saya yang tahu & juga buku rekening ada di tangan saya. Saya tidak melakukan transaksi ini, tapi dinyatakan normal.

Tolong dan mohon ditindaklanjuti BRI!

Agung Prayuga
Jombang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mengapa uang segitu banyaknya anda tidak langsung mintak ijin sebentar pada tempat anda kerja lalu datang langsung ke cabang atau ranting BRI ter dekat lapor dan mintak penjelasan atu jangan2 ada tuyul yg bisa hack rekening

  • Pelaku memilih transaksi di agen brilink, karena dia tau gak ada cctv seperti bank atau di atm.

    Desak terus aja gan, coba cek transaksi terakhir fisik yang agan gunakan terakhir dimana sebelum kejadian, minta buka cctv lokasi tersebut, apakah ada kegiatan mencurigakan.

    Karena jelas, kerugian nasabah akibat skimming bank yang bertanggung jawab, dah banyak kasus seperti itu, asal anda ngotot dengan logika, bukan emosi.

    Semoga ada solusi

    • sudah gan..karna saya berani ngmng terus karna saya merasa tidak melakukan transaksi ini.
      sudah suruh cek cctv trakhir saya ambil diATM juga..tpi jawabannya selalu transaksi sukses

      • Sama persis kejadiannya sama yg saya alami saat ini saya barusan aja td pagi lapor ke bri sama saldo saya juga hilang 3jt rupiah pdahal bertahun tahun saya pakai bri saya sudah dtg ke bank cuma dikasih penjelasan cetak buku ada transaksi dihari dan jam yg saya sama sekali tdk lakukan pd saat hr dan jam tersebut saya sangat bingung knp tiba tiba bisa hilang uang saya pdhal saya baru aja nabung 4hr yg lalu tgl 14juli dan tgl 18 juli minggu kmren ternyata saldo saya hilang berkurang 3jt td saya jg sudah minta cctv dgn pihak bank tp yg dikirim fotonya sma sekali saya tdk kenal dan atm pun saya pegang sndr gada yg tau pin saya atm slalu ada didompet saya masih menunggu kelanjutannya gmn nantinya sepertinya sudah tdk ada harapan uang kembali soalnya sudah banyak banget korban nya saya baru tau skrg ini

  • Hai Sobat BRI, laporan tersebut sudah kami terima dan saat ini akan kami tindak lanjuti terlebih dahulu. Tks~Kimi

  • sudah izin langsng dan telf ke call canter BRI Dan diberi no pengaduan disuruh menunggu proses 20 hari kerja

  • Kok banyak banget ya Kasus begini, terutama di BRI. Saya semakin curiga kalau ini tuh dilakuin sama oknum orang dalemnya sendiri, karena transaksi kebanyakan"bersih".

  • Hmmmmm,,,,, Transaksi tsb dinyatakan transaksi normal yang dilakukan di agen BriLink. Ini kan ransaksi di Brilink kan harus pakai kartu. Bisa jadi kartu TS di skimming, atau bisa jadi orang terdekat yang menggunakan.

  • Gak kaget dengan bank satu ini. Kelebihannya cuma ngasih KUR dgn bunga rendah. Kelebihan lain saya belum lihat?

  • Saya tidak tau ini korban skimming / Bukan.yang saya tau hanya saldo saya tiba* hilang transaksi debet. selama ini PIN hanya saya yang tau. tidak pernah memberikan pin saya kesiapapun to uang ini saya tabung selama berbulan bulan. dan saya juga tidak pernah menerima sms penipuan melalui kode otp / yang lain & juga tidak ada yg nelfon dri nomor tidak dikenal.
    Semoga tidak ada korban lagi seperti saya

  • tolong segera ditindaklanjuti. @bankBRI ini uang 9 juta bagi nasabah seperti saya sangat berharga.

  • Saya juga sedang mengalami hal yang sama mas tapi saya belum sempat ke bank karna saya baru melahirkan belum lama ini saya bingung karna ternayata mau ngeprint aja gak bisa diwakilkan harus yang bersangkutan langsung
    Saya baru tau kalau saldo saya tiba2 hilanh karna suami saya mau tarik tunai kami semua juga syok karna jumlah saldonya lumayan banyak
    Mas coba laporan saja ke kantor polisi saya pernah dengar berita seperti ini karna tidak ada itikad baik dri BRI akhirnya beliau melapor kasus ini kepolisi dan bisa kembali lagi uangnya
    Mas bisa coba?

    • Mbak fifi kemarin bagaimana membuat laporan ke kantor polisinya? Mohon mbak untuk pencerahannya?