Surat Pembaca

Tagihan Kartu Kredit Pertamina Mandiri

Saya merasa dirugikan kartu kredit Pertamina Mandiri. Saya tidak pernah mengaktifkan kartu kredit tersebut dari pertama kali diantar 2 tahun yang lalu, apalagi menggunakannya. Namun tiba-tiba pada tanggal 8 Mei 2021 saya mendapatkan SMS tagihan kartu kredit Pertamina Mandiri sebesar 400.000 rupiah.

400,000 rupiah itu sangat banyak bagi saya, apalagi kerja saya susah. Semenjak pandemi corona, saya tidak bekerja. Jadi tolong ya Bank Mandiri jangan tagih saya. Kalau hanya Rp50.000, okelah saya lunasin walaupun saya tidak mengaktifkannya. Saya anggap buat cetak kartu.

Namun ini Rp400.000, saya merasa sangat keberatan dan merasa dibohongi. Sebab waktu pengajuan itu via telepon dan sales-nya bilang tidak ada biaya apapun jika tidak mengaktifkannya. Terima kasih.

Muhamad Jamaludin
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Muhammad Jamaludin

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami dan terima kasih atas masukannya. Menindaklanjuti pengaduan Bapak, berdasarkan hasil konfirmasi kami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dulu ketika pertama kali punya kartu kredit, pemikiran aku juga seperti itu. Kartu yang sudah diterima dan tidak diaktifkan maka tidak ada biaya yang muncul. Tapi setelah baca-baca artikel, ternyata, kartu kredit yang sudah diterima nasabah sekalipun tidak diaktifkan maka annual fee akan tetap terbit. Dan benar ternyata Rp 400,000 itu adalah annual fee yang harus dibayarkan. Lebih baik kalau kartu tidak ada niatan untuk digunakan, sebaiknya ditutup saja.

  • Kalau boleh tahu, bapak Jamal mendapatkan kartu kredit tersebut sifatnya pengajuan atau memang dari pihak Mandiri nya yg menawarkan untuk memberikan kartu kreditnya kepada bapak ? Kalau dari bapak yg mengajukan, kenapa setelah di approve oleh pihak mandiri, kartu nya tidak bapak pakai / gunakan ? Benar seperti yg dikatakan bapak Tony, CC walaupun tidak di aktivasi, annual fee nya akan tetap muncul. Saran saya, sebaiknya bapak Jamal bayarkan saja annual fee nya, lalu setelah itu ajukan penutupan card nya.

  • Sebenarnya saya tidak ada niatan, hanya saja sales mandiri sering menghubungi. Bagaimana Pak caranya untuk menutup nya? Dan apa saja syaratnya? ?

    • Gak ada syarat kecuali jika memang ada biaya fee yang harus dibayarkan bilang saja keadaan nya sedang tidak bagus biar langsung ditutup biasa nya pihak bank bakal nahan nasabah agar tidak tutup cc

    • Tidak usah di bayar pak..telp cs nya ke 14000 ,karena setahu saya memang kalau tidak di aktif kan annual fee tidak akan berjalan...kalau tidak ada solusi langsung ke OJK saja laporkan trus minta bapak cek slik itu tagihan apa?

  • Saya tidak pernah mengajukan Bu. Mungkin waktu saya bekerja rekening mandiri saya untuk payroll. Apakah saya harus bayar full annual fee nya?

    • Sebelum tanggal jatuh tempo 27 Mei 2021 , sebaiknya bapak bayarkan annual fee nya 400 ribu. Jika pembayarannya lewat dari tanggal 27 Mei 2021, bapak akan terkena denda. Setelah bapak Jamal bayar , 1 Minggu berikutnya bapak bisa hubungi Layanan telpon Mandiri Card. Katakan bahwa bapak akan berniat untuk menutup Credit card Mandiri pertamina. Semoga saran saya bisa membantu bapak dan permohonan pengajuan penutupan Credit card-nya bisa disetujui.

    • langsung telp CS minta ditutup langsung tanpa bayar
      biasanya annual fee itu untuk 1 tahun ke depan. jadi jika ingin ditutup tidak harus membayar

  • Ya pak itu biaya iuran tahunan. Kalau mandiri, walaupun gak di aktifin tetap kena iuran tahunan klu gak ditutup. Coba Hubungi saja pak 14000 dan bilang keberatan mau bayar karna tidak pernah digunakan. Jadi mintak dihapuskan dan penutupan kartu kreditnya. Menurut pengalaman Biasa nya bisa di hapuskan dan langsung ditutup.

  • Sayang ditutup pa. Gunakan aja. Karena ada manfaatnya juga. Di saat anda membutuhkan baramg anda dapat menggunakannya untuk bayar belanja...atau bayar tagihan disaat tidak ada uang tunai. Keuntungannya bnyak. kartu ini bisa berfungsi seperti kartu utang. Daripada minjam sama orang lain atau pinjol. Masih lebih bagus ini.... atau bisa juga kasih sama keluarga dekat atau saudara yg aktif belanja dan bisa bertanggung jawab atas penggunaanya

    • Langkah pertama apabila tidak ingin mengaktifkan atau menggunakan kartu adalah JANGAN DIBAYAR DULU TETAPI TELPONlah MANDIRI CALL 14000 sebelum jatuh tempo.
      katakan bahwa saya ditagih annual fee utk kartu yg blm aktif sementara saya tdk mampu bayar Krn terdampak pandemi dst nya.
      Bila nego berhasil maka biaya tersebut akan dihapuskan dan kartu akan ditutup.
      Beda cerita kalo 400rb dibayar dulu baru di nego. dan bila berhasil dihapuskan iurannya maka di kartu akan ada saldo kredit, mau tak mau kartu tsb hrs dipakai utk mengeluarkan 400rb uang bapak yg telah dibayarkan.
      Demikian utk menjadi referensi

  • Terimakasih yang sudah memberi saran serta masukannya. Pihak Bank mandiri sudah menghubungi saya dan juga sudah menutup kartunya. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih juga untuk media konsumen, dan juga Bank Mandiri?

  • saya juga tiba2 di telp mandiri terkait kartu kredit mandiri pertamina dan blg akan dikirimi kartu kreditnya. Saya sudah bertanya jika kartu tidak otomatis aktif, pkir saya tidak akan kena biaya apapun toh tidak diaktifkan.
    setelah itu saya browsing ktmu artikel ini jadi khawatir jika tertagih juga. posisi skrg kartu nya masih proses pengiriman. gimana ya cara membatalkannya ?

    • Pak, saya juga barusan di telpon sales mandiri. Katanya saya terpilih untuk mendapat kartu kredit. Tapi saya sudah bilang tidak mau pakai kartu kredit. Terus sales nya bilang, "Tidak apa bu, kalau ibu tidak berkenan tidak usah di aktifkan tapi kartu tetap kami kirim karena ibu sudah mendapat fasilitas. Jika nantinya tidak digunakan tidak apa. "
      Nah, setelah baca artikel ini sya jdi takut kena tagihan pdahal nggak pake

  • Saya tanggal 20 juli 2021 juga ada tagihan dari CC Mandiri seperti kasus yang bapak alami. Untuk menghapuskan biaya itu bapak telpon call center atau gimana pak? Mohon penjelasanya

    • Saya niatnya mau TLP bank mandiri. Tapi bank mandiri nya sudah TLP duluan. Dan menonaktifkan kartunya.

      • Saya juga mengalami hal serupa. Mohon infonya, selanjutnya untuk biaya 400 ribu tsb bapak tetap disuruh membayar atau kartu kredit langsung bisa ditutup tanpa harus membayar y? Terimakasih.

        • Saya upload di media ini kemudian ada beberapa komentar masukan, tiba2 ada cs dari bank mandiri TLP dan menonaktifkan kartu nya. Jadi saya tidak membayar nya. Itu saja sih yang saya lakukan.

          • Karena saat saya mengajukan pengaduan dg cara mengirim email ke mandiricare, hasilnya saya masih tetap harus membayar. Lalu saya menemukan tulisan ini. Kalau memang bapak tidak perlu membayar tagihan tsb, maka saya bisa memberikan alasan lagi. Kenapa beda konsumen bisa beda cara memberi solusi, padahal masalahnya sama. Sekali terimakasih sudah menyempatkan membalas komentar saya.