Denda Berhenti Langganan IndiHome Rp1.000.000

Yth. Telkom Indonesia,

Saya menyampaikan bahwasanya saya keberatan dengan denda berhenti langganan IndiHome yang sangat banyak ini. Saya berharap pihak Telkom Indonesia memberikan keringanan dan atau menghapus denda tersebut.

Peraturan tersebut benar-benar membuat para pelanggan IndiHome takut berhenti berlangganan dikarenakan dengan denda Rp1.000.000 jika berhenti sebelum masa kontrak 12 bulan pertama berlangganan.

Saya berniat membayar jika denda berhenti berlangganan tersebut tidak sebanyak itu. Berikut saya cantumkan nomer IndiHome saya yang dalam proses berhenti berlangganan: 152332230030.

Alasan saya berhenti berlangganan dikarenakan WFH sudah selesai dan kegiatan dari sekolah sudah berakhir, jadi wifi tidak di butuhkan lagi.

Demikian surat ini saya buat. Semoga menjadi perhatian khususnya Telkom Indonesia dan umumnya untuk calon pelanggan/pelanggan IndiHome.

Achmad Irfan Imannudin
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:45    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan PT Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Achmad Irfan Imannudin

Kepada Yth: Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat komplain pelanggan atas nama...
Baca Selengkapnya

Loading...

39 komentar untuk “Denda Berhenti Langganan IndiHome Rp1.000.000

  • 14 Mei 2021 - (10:37 WIB)
    Permalink

    “Alasan saya berhenti berlangganan dikarenakan WFH sudah selesai dan kegiatan dari sekolah sudah berakhir, jadi wifi tidak di butuhkan lagi”

    ini salah satu alasan kenapa banyak surat pembaca yang komplen mengenai susahnya permintaan pemasangan Indihome danTelkom yang tidak mau menambah ODP., meningkatnya permintaan hanya bersifat temporer. sedangkan biaya penambahan ODP tidak tertutup.
    dan juga inilah alasan kenapa sejak november dikenakan penalti 1 juta tersebut.

    untuk TS semoga aja bisa dihapus….

    7
    2
    • 15 Mei 2021 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Waktu berlanganan kan sudah dikasih tau dari awal masalah denda sebelum 1 th sekarang teriak gimana si pak malu maluin aja daa

      5
      1
    • 14 Mei 2021 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Hanya apabila berhenti dalam 12 bulan pertama. Di luar negeri pun begitu, karena sifatnya seperti kontrak, ada periode awal dimana kalau memaksa berhenti dikenakan fee. Bedanya kalau di luar negeri biasanya diberi waktu 3-7 hari pertama kalau mau batal bisa tanpa dikenakan biaya semacam cooling down period nya.

    • 16 Mei 2021 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Gini bos telkom ngeluarin modal buat masang jaringan baru itu ngga murah loh, dan kebanyakan pelanggan masang cuma buat sebulan atau dua bulan doang, itu belom bisa buat balikin modal pihak indihome, coba anda cari tau harga ONT (modem), kabel fiber optic drop core (yang satu core) sama harga fiber optic yang satu gulungan gede itu yah

      • 14 Mei 2021 - (16:03 WIB)
        Permalink

        6 Maret 2021, Anda menulis perihal ODP Telkom penuh di MediaKonsumen ini dan 4 jam setelah nya Anda bilang Internet dirumah Anda sudah tersambung karena gercep pihak Telkom.

        14 Mei 2021, Anda menulis lagi disini gara2 mau berhenti berlangganan, tp keberatan dengan besaran dendanya.

        Bingung saya jadinya mau komen apa, mungkin pemirsa yang lain ada komentar?

        Informasi penting yg saya dpt ambil disini adalah: Mulai November 2020, berhenti langganan telkom indihome kurang dari 12 Bulan sejak pemasangan awal akan kena denda 1 juta.
        Jadi buat yg lain, pikir pikir lagi yg mau posting keluhan mengenai susahnya memasang jaringan indihome karena ODP penuh di MK, pikirkan juha konsekuensinya setelah jaringan internet dipasang.

        12
        • 14 Mei 2021 - (17:10 WIB)
          Permalink

          Pegawai telkom ya mas?
          Mohon maaf mas
          Media konsumen adalah tempat berkeluh kesah dan berpendapat para konsumen spt saya.

          3
          20
          • 14 Mei 2021 - (17:27 WIB)
            Permalink

            Weleeh, ikut nimbrung di bagian tunggakan kartu kredit/penipuan Spinjam dibilang debt collector..
            Sekarang komentar d jasa internet, d bilang pegawai Telkom.
            Hahahah..
            Jangan lupa Mas, di MediaKonsumen ini juga ada disediakan kolom komentar yang bisa digunakan oleh orang seperti saya fiturnya untuk berkomentar.
            Lagipula saya hanya mengulang informasi yg anda tuliskan saja (semua nya terekam di mediakonsumen ini), jd jangan merasa terhakimi.

            Semoga ada jalan keluarnya untuk masalah Anda dari pihak Telkom (karena syarat dan ketentuannya sudah jelas di website).

            17
          • 15 Mei 2021 - (10:19 WIB)
            Permalink

            ada hak & kewajiban konsumen, penuhi dulu kewajiban kontraknya, termasuk terkait denda putus layanan sebelum masa kontrak selesai, jadilah konsumen yang cerdas, bukan cuma nuntut haknya saja 🙏

        • 14 Mei 2021 - (17:32 WIB)
          Permalink

          Saya tidak merasa di hakimi atau di rugikan mas,
          Pahami lagi postingan saya
          Saya hanya menyampaikan keberatan saya.

          Terima kasih sudah berkomentar

          16
          • 14 Mei 2021 - (21:47 WIB)
            Permalink

            Jangan baper ah.
            Ini konsekuensi posting di MK yang siapa saja bisa berkomentar.
            Ada yang merasa dihakimi ada juga yg tidak.
            Ada yang merasa dirugikan ada juga tidak.
            Ada yang paham dengan postingan ada juga tidak.
            Ada yang menyampaikan keberatan ada juga tidak.
            Banyak lagi macam2 nya.

            Jadi dibawa santai saja.

  • 14 Mei 2021 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Belagu amat, kemarin mau pasang koar2 disini, giliran sudah dipasang br 2 bulan minta berhenti dan koar2 disini lagi. Bah.

    13
    • 14 Mei 2021 - (13:53 WIB)
      Permalink

      Bukan 2 bulan tapi 3 bulan
      Dan saya tidak ada tunggakan.
      Dengan cara ini konsumen spt saya bisa berpendapat dan keluh kesah saya di dengar oleh penyedia jasa.

      15
      • 16 Mei 2021 - (21:00 WIB)
        Permalink

        Modal telkom buat bikin jaringan baru itu ngga murah pak, itu aja yang pengen saya kasih tau ke bapak yang beberapa bulan lalu koar koar mau masang indihome 🙂

  • 14 Mei 2021 - (15:10 WIB)
    Permalink

    Telkom sudah berupaya menambahkan odp agar anda bisa berlangganan WiFi. Dan pasti menambah odp ada biayanya. Tapi baru 3 bulan berlangganan, anda sudah ingin berhenti. Wajar saja kalau ada denda, karena belum 12 bulan berlangganan.

    10
  • 14 Mei 2021 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Harusnya lanjut saja tidak apa2 toh juga pasti butuh internet,.3 bulan itu pas selesai masa promosi ya sepertinya

  • 14 Mei 2021 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Terus nanti mau pasang lagi, ditolak karena di blacklist, komplain lagi.

    Tapi memang mahal sih, FM dendanya 300rb.

    Tapi masih bagusan Telkom, mending turun paket aja ke yang murah.

    3
    1
    • 14 Mei 2021 - (17:15 WIB)
      Permalink

      Sudah di hubungi pihak telkom
      Mau downgrade layanan saja.
      Terima kasih sudah berkomentar dengan baik dan bijak

      2
      13
  • 14 Mei 2021 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Denda 1juta sudah tertera jelas di syarat ketentuan indihome di bagian sanksi, bisa dibaca di https://indihome.co.id/syarat-ketentuan. saya kutip sebagian:
    Apabila: (i) PELANGGAN memutuskan untuk berhenti berlangganan Layanan IndiHome; atau (ii) Kontrak Berlangganan berakhir karena kesalahan PELANGGAN], dalam waktu 12 (dua belas) bulan pertama setelah Layanan IndiHome ber-Status Completed Non Aktif, PELANGGAN akan dikenakan Denda Pengakhiran sebesar Rp1.000.000,- (satu juta Rupiah).

    Anda mau berlangganan indihome kenapa tidak baca dulu syarat ketentuannya? Kalau mau berlangganan otomatis anda menyetujui ketentuan indihome, anda tidak bisa protes.

    10
    1
    • 14 Mei 2021 - (17:14 WIB)
      Permalink

      bisa kok
      Ini saya bisa protes.
      Saya di sini mencari win win solution.
      Saya juga membayar tagihan saya sendiri
      Kenapa anda yg sewot

      17
          • 14 Mei 2021 - (21:20 WIB)
            Permalink

            Tenang aja gak usah panik, kasus nya sama kyak temen sya baru beberapa bulan mau berhenti langganan, awal nya emang suruh bayar denda 1jt tapi akhir nya gak cuma bayar tagihan terakhir doank. Bawa aja rooter nya ke plaza telkom bilang mau berhenti berlangganan gak sanggup bayar terus kalo suruh bayar denda 1jt jangan mau bilang aja gak sanggup jangan iya² aja indihome mah perlu sedikit di gertak. Besok nya saya coba juga tuh ternyata berhasil.

            4
            8
      • 15 Mei 2021 - (07:40 WIB)
        Permalink

        Hei bodoh, ini forum bebas. Kau yang bodoh yang nggak baca kontrak koar2 dimintain denda. Kami yang komen baca koar2mu kau protes. Dimana otak kau simpan heh?

      • 17 Mei 2021 - (11:51 WIB)
        Permalink

        downgrade itu solusi win-win solution
        tapi kalo mau berhenti sama sekali sih pasti denda gak bisa dihilangkan

  • 14 Mei 2021 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Terima kasih sudah berkomentar dan membuat postingan saya semakin ramai.
    Dalam hal ini saya sampaikan, saya masih ada i’tikad baik untuk selalu membayar tagihan saya.
    Saya hanya menyampaikan keberatan tentang denda yg begitu besar.
    Akhirnya pihak telkom memberikan solusi yaitu downgrade paket ke one play yaitu layanan telpon saja.

    Terima kasih pihak media konsumen telah memposting keluh kesah saya,
    Sekali lagi terima kasih.

    11
    • 15 Mei 2021 - (10:38 WIB)
      Permalink

      Dari 10 tahun yg lalu belum marak tv kabel hanya indo**sion semata jg udah ada perturan begono. Situ kl gak punya duit gak sanggup langganan please deh.. jd smart customer. Baca dulu S&K yg berlaku. Jgn seenak jidat sepihak gitu. Sok ye ngerti tp gak mau dikritik. Capekdeh. .

  • 14 Mei 2021 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Jika anggaran terbatas ga usah banyak langganan, akibatnya baru berlangganan 3 bulan sudah mau berhenti. Jika anggaran cukup tentu gak perlu berhenti bukan? Alasan WFH sudah selesai dan kegiatan sekolah offline akan dimulai kembali tentu tidak bisa diterima oleh Indihome.

    6
    2
    • 14 Mei 2021 - (22:21 WIB)
      Permalink

      Lucu sekali anda
      Yang mau berhenti saya
      Kok anda yang ngatur
      😃😃😃

      1
      15
      • 15 Mei 2021 - (07:41 WIB)
        Permalink

        Hei bodoh, ini forum bebas. Kau yang bodoh yang nggak baca kontrak koar2 dimintain denda. Kami bebas komen karena baca koar2mu kau protes,kenapa pula kau ngatur2 kalau kami nggak boleh komentar?

  • 14 Mei 2021 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah ada ketentuan dendanya, mau diprotes gimana pun, ga bakal didengerin pihak terkait. Kecuali kalau belum ada pemberitahuan

  • 14 Mei 2021 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Lha waktu pasang emang ga dibaca dulu kontraknya, baca pasal2 terms and condition memang panjang, tp penting untuk dibaca biar tau aturan untuk pasang indihome. Kalo ga dibaca trus main tanda tangan yaa kesalahan sendiri itu mah.. artinya udah setuju… Coba baca lagi..

  • 15 Mei 2021 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Silakan dicermati dulu Syarat & Ketentuan pemasangan IndiHome, barangkali ada dijelaskan tentang denda penalty sebelum kontrak 1 tahun (XL Home setahu saya juga memberlakukan begini). Kalau saya cukup pake koneksi 4G saja meski byar-pet putus nyambung dan lelet, daripada harus dipusingkan dengan IndiHome. Kalau mau pasang internet fiber, lebih baik selain IndiHome karena layanannya yang terkenal buruk. FYI, di komplek tempat saya tinggal “dikuasai” oleh Telkom jadi nggak ada opsi untuk pasang, karena prospek pengguna internetnya juga tidak banyak. Saya pernah daftar mau pasang IndiHome waktu awal-awal WFH, untungnya tidak diproses, sehingga saya terselamatkan dari ribet dan buruknya layanan provider tersebut.

  • 15 Mei 2021 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Model ginian yang kalo di supermarket gak mau antri, giliran dilayani gak jadi beli karena kemahalan. Tobat tobat manusia macam ini masih ada

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Denda Berhenti Langganan IndiHome Rp1.000.000

oleh Achmad dibaca dalam: <1 min
39