Keberatan dengan Keputusan Komplain Admin Bukalapak

Dear Media Konsumen,

Terima kasih atas dimuatnya tulisan saya yang kesekian kali. Surat ini saya tujukan kepada admin komplain Bukalapak. Singkat cerita, saya berbelanja di Bukalapak dengan pelapak: KUKE. Dalam pilihan warna barang, saya sudah memilih warna sesuai yang tersedia di pelapak, dan saya menulis pula warna di catatan untuk pelapak.

Namun, pelapak berbuat curang dengan sengaja mengirim barang yang tidak sesuai pilihan dan tidak sesuai catatan. Saya mengajukan komplain. Saat komplain, pembeli DIPAKSA menyetujui bahwa ongkir ditanggung masing-masing pihak yang melakukan pengiriman.

Saya keberatan karena ini murni kesalahan pelapak KUKE yang secara sengaja melakukan kecurangan dengan mengirimkan barang tidak sesuai deskripsi dan pilihan warna yang disediakan pelapak. Saya keberatan jika pelapak yang melakukan kesalahan, tapi pembeli yang harus menanggungnya.

Mohon menjadi perhatian admin komplain Bukalapak untuk memberikan punishment kepada pelapak curang.

Regards,

Risan Yusup
Bandung, Jawa Barat


Update (18 Mei 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari Bukalapak sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Risan Yusup

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa kendala yang dialami...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Saya melihat penulis sangat presisi, perfectsionis pokoknya. Meski cuma seharga 15rb harus sesuai permintaan, tidak boleh tidak. Meski harus korban ongkir lebih mahal dr hrg barang, tetep dilakoni. Ni olang hebat.

      Pengalaman saya beli kipas spt itu, biasanya toko menambah catatan, kl warna yg diminta habis akan dikirim warna lainnya. Membeli = setuju.

  • Kalau cuma beda warna kenapa gak diterima saja, yang penting produknya sama. Apalagi harganya cuma Rp 15 rebu, rugi ongkir untuk return.

    Harga Rp 15 rebu bukan berarti kecil, cuma me-return barang dengan harga segitu buang-buang ongkir dan waktu. Bersikap bijak terkadang diperlukan agar tidak menambah beban hidup yang tidak perlu.

  • Saran saya, jangan gunakan lagi BukaLapak, silakan pakai marketplace lain. Sudah kapok dengan kesalahan sistem dan pelayanan buruknya.

  • tapi sesuai aturan, ongkir ditanggung masing² meski kesalahan ada pada pelapak, cara lain pake asuransi ongkir pengembalian, ini khas bukalapak, tapi memang secara logika harusnya ongkir pengembalian ditanggung pihak yang salah

  • Kalo gw belanja ga mao pusing kalo harga masih di bawah 100 ribu,,memang kesel kalo beda warna .tp kdang2 bijak sajalah,,selama produk yg di kirim sama & berfungsi..buang waktu ..apalgi kipas prtable gtu,,tp masing2 balik lagi ke orangnya,,kalo mau ribet ya silahkan,ongkir memang di tanggung masing2,kecuali ada kesepakatan bersama..15 ribu retur seh kebangetan kall mslah warna,kecuali ambil banyak ya mngkin deh,itu jga pasti di random warnanya,,retur kalo ga berfungsi saja ...saran lho ya

  • Terima kasih untuk customer service bukalapak yng langsung merespon dengan memberikan solusi ongkir return ditanggung bukalapak.
    Apresiasi tertinggi untuk bukalapak dan team.

    Terima kasih untuk rekan-rekan mediakonsumen dan para pembaca.

    Sebagai dropshipper ada tanggungjawab juga kepada pembeli.
    Jika memang pilihan warna tidak tersedia, pelapak bisa konfirmasi via chat atau wa.
    Dari ribuan pelapak produk yang sama, saya memilih pelapak KUKE karena menyediakan pilihan warna, jika dikirim warna random, bisa saja memilih pelapak lain.