Penipuan dengan Modus Hadiah Voucher Belanja Shopee

Assalammualaikum wr. wb.,

Pada tanggal 7 Mei 2021 hari Jumat saya di-WA oleh seseorang yang mengaku staf Shopee resmi dengan mencantumkan ID card si penipu dan logo Shopee di profil WA si penipu.

Melalui whatsapp tsb saya diberikan undian dengan mendapatkan 2 pilihan hadiah, voucher belanja atau uang tunai, yang pada akhirnya saya memilih opsi 2. Saya mau melakukan hal tersebut dikarenakan WA tersebut terlihat amat sangat resmi.

Singkat cerita saya disuruh masukan nomor OTP, dengan cara mengisi ke ShopeePay sejumlah Rp569.000. Namun saldo tsb hilang diambil oleh si penipu Andini Cell.

Kemudian dia juga menanyakan kartu ATM BCA saya. Dia bisa masuk dengan cara meng-SMS 69888 dengan kata-kata yang ada di WA si penipu, yang kemudian saya salin kirim melalui SMS ke 69888. Akhirnya ATM saya dibobol dengan jumlah Rp44 ribu sekian, sehingga total kerugian saya menjadi Rp600 ribu.

Akhirnya saya komplain ke Shopee dan BCA. Pihak Shopee hanya bilang tidak menjanjikan apapun, yang jelas jelas penipuan atas nama Shopee. BCA pun sama tidak bisa menjanjikan apa-apa.

Yang saya ingin tegaskan kepada pihak Shopee mohon pertanggungjawabannya agar bisa dikembalikan dana saya sejumlah Rp596 ribu, dikarenakan penipuan ini dilakukan mengatasnamakan Shopee. Bagi saya jumlah itu amat sangat berarti. Terima kasih.

Lis Sri Prihatini
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:45    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

40 komentar untuk “Penipuan dengan Modus Hadiah Voucher Belanja Shopee

    • 15 Mei 2021 - (05:43 WIB)
      Permalink

      Saya sebelumnya juga dapat sms dari pihak yg mengatasnamakan shopee. Dia wa dan setalh itu telepon. Tapi karena saya sudah banyak lihat cerita dari orang di media konsumen saya langsung blok no tersebut.

      Buat mbak nya semoga di beri rezeki pengganti untuk uang yg hilang. Dan semoga bisa lebih hati-hati kedepannya.Dan jangan main balas atau chat dengan no yang mencurigakan. Karena pihak shopee juga sudah memberitahukan di website tentang menghindari modus penipuan.

  • 14 Mei 2021 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Satu lagi korban penipuan WA yang mengaku2 Shopee.
    Wa-nya pakai kode +1 (amerika) jelas bukan shopee indonesia, kode OTP sudah tertulis jangan diberikan kepada siapapun tapi anda tetap meberikan kode OTP.
    SMS BCA sudah ada tulisan pastikan anda tidak mendapat SMS ini dari pihak lain malah anda kirim ke 6988.
    Sekarang anda minta tanggung jawab Shopee dan BCA, bukannya anda sendiri yang memberi kunci ke si penipu?

    jadikan pelajaran saja, anggap sedang sial. setelah ini kalau ada wa/sms/telepon meragukan jangan ditanggapi.
    Segera ganti password, pin shopee dan BCA anda

    39
  • 14 Mei 2021 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Astagaaaa.. +1 itu loh mba sriiiii ini bukan indonesia..bener2 lugu or sengaja memang mau di tipu … Semua yg di suruh di ikutin.. Gampang banget.. enak bener yg nipunya ya..

    17
  • 14 Mei 2021 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Hukum sebab akibat masih berlaku. Dalam kasus diatas jelas kesalahan dari penulis sendiri yang tergiur iming-iming hadiah, akibatnya tertipu mentah-mentah.

    Semoga kedepannya lebih berhati-hati jika ada yang menawarkan hadiah, dengan mengatasnamakan Shopee atau apapun, semua itu modus penipuan. Dari kata-kata yang ditulis si penipu di WA juga terlibat bahwa itu modus penipuan, tapi penulis terhipnotis oleh hadiah sehingga tidak memperhatikan.

    19
    • 14 Mei 2021 - (21:04 WIB)
      Permalink

      Dan terjadi lagi, kisah lama yang terulang kembali

      Jengkel sih bukan sama penipunya tapi sama korbannya, kenapa gak pernah belajar sih dengan mudahnya akses internet harusnya di gunakan juga untuk membaca dan hal2 bermanfaat lainnya

      Ts mau bukan karena wa meyakinkan tapi tergiur uang mudah.
      Sepertinya ibu2, remaja/wanita labil target empuk bget sepertinya
      Mungkin ini sedikit agak kasar tapi tidakkah hal ini sangat bodoh sampe bisa berulang kali terjadi dengan modus yang sama

      20
      2
  • 14 Mei 2021 - (19:04 WIB)
    Permalink

    “Saya mau melakukan hal tersebut dikarenakan WA tersebut terlihat amat sangat resmi.” – atas dasar apa yah?

    Saya sarankan, mulai sekarang jangan punya Mobile Banking, jangan punya yg berbau digital, jangan punya lagi smartphone (pengguna smartphone harus lebih smart dari phone nya)

    Semua balik lagi ke jaman dulu.

    Secara mental anda belum siap ikut-ikutan trend digital.

    Semoga kasusnya cepat selesai dan keikhlasan anda adalah kunci dari penyelesaian kasus ini.

    20
    • 15 Mei 2021 - (08:27 WIB)
      Permalink

      Lagi lagi “kunci” rumah sendiri diberikan ke org yg ga dikenal……pas org yg tak dikenal mengambil brg2 dirumah anda…anda minta tanggung jwb yg bikin rumah…haddeuuh…
      Saran sy ” budayakan membaca”….dan jadikan ini pelajaran yg sgt bermanfaat dikemudian hari..

      18
    • 15 Mei 2021 - (19:52 WIB)
      Permalink

      Selain nomer telpon dengan kode negara Amerika, tulisan SHOPEE nya saja ada yg SH0PEE (pakai nomer nol), kok ya masih percaya itu resmi.
      Lalu apa pula Shopay itu.

      Banyak doa saja deh buat TS nya. Jadikan pelajaran agar tidak tertipu lagi di kemudian hari.

  • 14 Mei 2021 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Jika belum siap menggunakan smartphone sebaiknya cukup feature phone saja, tanpa internet, tanpa WhatsApp, tanpa e-commerce dan mobile banking.

    Menggunakan smartphone harus smart agar tidak tertipu oleh penipu siber. Jika menggunakan feature phone atau HP kentang, kecil kemungkinan tertipu oleh penipu siber karena tidak bisa menggunakan akun digital.

    Agar tidak tertipu, kembali ke HP kentang saja, cuma bisa telepon dan SMS. Lebih aman!

    13
    1
    • 15 Mei 2021 - (21:54 WIB)
      Permalink

      Bodohnya kebangetan,,jadikan pelajaran saja,,kok bisa2nya OTP,Pin kasih ke Pihak lain.Dari no aja sdh ketauan,,masih saja bilang terlihat resmi.

  • 14 Mei 2021 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Di OTP Shopee udah ada tulisan “waspada penipuan mengatasnamakan Shopee”, di BCA sudah ada tulisan “pastikan isi sms tidak didapat dari pihak lain”. Trus kenapa anda minta tanggung jawab? Padahal sudah jelas itu sms dari pihak lain dan OTP nya bilang jangan dikasih termasuk Shopee, kalo anda percaya itu Shopee pun harusnya jangan dikasih. Lain kali baca kasus yang sama dulu dimari.

    14
  • 14 Mei 2021 - (20:16 WIB)
    Permalink

    ‘Pada tanggal 7 Mei 2021 hari Jumat saya di-WA oleh seseorang yang mengaku staf Shopee resmi dengan mencantumkan ID card si penipu dan logo Shopee di profil WA si penipu.

    Saya mau melakukan hal tersebut dikarenakan WA tersebut terlihat amat sangat resmi.’

    sedih bacanya…profil WA mau pake logo siapapun dan apapun bisa …

    semoga ada solusi buat permasalahannya

  • 14 Mei 2021 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Haduh.. pengen ketawa takut dosa. dengan polosnya data pribadi di umbar keorang lain, sampai otp dikasih, PIN Bank di kasih. Untung saldo engga banyak dibank. Jadikan pelajar mba. Staff Shopee mana mungkin chat wa pribadi dan kode area bukan dari Indonesia. 👍👍

    15
  • 14 Mei 2021 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Ini lah contoh bahayanya orang yg gak ngerti susah buat paham nya lola kalo pegang smartphone. Sekadar saran aja, buat orang seperti anda lebih baik itu hp dipake buat sosial media aja kyak whatsapp dan fb udh cukup. Gak usah pakai mobile banking, wallet digital belanja online dsb. Bahaya bisa² anda yg rugi sendiri.

    10
  • 14 Mei 2021 - (21:53 WIB)
    Permalink

    Apa cm aku aja yg ngerasa ini settingan ya? Supaya dpt voucher BCA. Sebagai korban (real) kenapa ga minta tanggung jawab BCA juga walaupun cm 44 rb.
    Sudah pakai M-banking tp masih kena tipu, dan polos ngasih pin bank.
    Hmmm… mencurigakan..

    4
    1
    • 14 Mei 2021 - (22:12 WIB)
      Permalink

      Kasian Mbak nya. Selama ini gak pernah baca media konsumen yah ? Sudah banyak yang kena korban penipuan seperti ini sebelum Mbak nya . Peringatan dari Sopi dan BCA juga sudah jelas, “waspada penipuan”, dengan gampangnya anda berikan kode otp dan pin ke pihak penipu. Buat pelajaran saja mbak. Ada pepatah , “Pengalaman Mahal Harganya”.

  • 14 Mei 2021 - (22:24 WIB)
    Permalink

    Yang nulis di MK biasanya modus pengen minta ganti rugi pihak yg terlibat padahal kelalaian sendiri. Kemaren2 pernah ada yg ngaku2 lagi hamil tua, mungkin supaya tidak dibully sama pembaca MK atau mungkin ada udang dibalik bakwan.

    17
    1
  • 14 Mei 2021 - (22:59 WIB)
    Permalink

    Salah sendiri ngasih informasi OTP dan SMS BCA-MOBILE ke orang ga dikenal, eh malah minta pertanggungjawaban ke shopee dengan alasan penipuan itu mengatasnamakan shopee. Trus apa gunanya shopee dan BCA ngasih SMS Kode Rahasia kalau disebarin lagi ke penipu? Ibarat ngasih kunci brankas ke maling, tapi yg disalahin yg bikin kuncinya

  • 15 Mei 2021 - (03:47 WIB)
    Permalink

    OTP singkatan dari Otak Tumpul Parah.
    Jadi itu bukan password jadi nggak apa-apa di bagi bagi.
    Males kasus Syofii melulu. Geregetan.

    • 15 Mei 2021 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Maap maap nih ya, bukannya mau ngebela si penipu atau pihak shopee maupun pihak BCA. Kalo sy baca dr awal sampai akhir, sepertinya anda ga berhak meminta pertanggungjawaban atau ganti rugi ke pihak manapun deh. Kenapa ? Karna anda sendiri yg secara sadar memberikan uang anda ke si penipu dengan sangat mudahnya cuma karna diiming”in voucher. Ibarat kata, kode otp dan pin itu kunci rumah anda yg gaboleh oranglain tau selain anda sendiri. Terus ada orang lain nanya nih, eh anda kasih tuh kunci gara” tergiur duit. Terus klo udah ketipu malah nyalahin pihak lain dan minta pertanggung jawaban. Ya mana bisa. Kan anda ketipu karna anda sendiri yang terlalu polos tanpa mikir matang” sebelum bertindak. Jd klo mau nyalahin ya salahin aja diri anda sendiri. Ikhlasin, jadiin pelajaran berharga. Intinya, jgn pernah berpikir untuk dapet sesuatu atau uang gratis dengan cara instan. Karna itu udah pasti penipuan ! Gaada yg gratis di dunia ini. Sekian.

  • 15 Mei 2021 - (05:20 WIB)
    Permalink

    Lagi2 tergiur hadiah, hadeeh…🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️

    .

    • 15 Mei 2021 - (13:06 WIB)
      Permalink

      Mbak nya itu kan pada wa shopee yg kirim kode OTP ada tertulis sangat jelas bahkan di capslock, ” JANGAN BERI kode ini ke siapapun, TERMASUK SHOPEE. WASPADA PENIPUAN !” dari tulisan tersebut harusnya anda paham jgn tergiur sama duit, semua orang butuh duit dan siapa juga yg mau bagi2 duit lagi musim korona kek gini

  • 15 Mei 2021 - (11:34 WIB)
    Permalink

    “terlihat amat sangat resmi” 🤦🏻‍♂️
    wadaw, padahal baru sekilas saja sudah terlihat itu penipuan 😑

  • 15 Mei 2021 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Miris aja,kasus dh bnyak tp korban baru terus muncul,heran aja sama yg tergiur hadiah gratisan,yg pinter penipunya apa korban yg terlalu go-block 😁😁

    2
    1
  • 16 Mei 2021 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Kayaknya bukan orang Amefika . Oang indonesia pake nomor Amerika. Pake bahasa Indonesia. Kok bisa ?

    • 17 Mei 2021 - (07:19 WIB)
      Permalink

      Itu namanya masking, jd bs pakai semua nomer, lha orang indonesia di amerika yg nipu jg bs khan, ada org ngebobol nasa/ pentagon aja jg bisa apalgi cuma ini.

      Malah sindikat penipu dr nigeria dan india itu bs pakai semua bahasa.

      Intinya sering baca, baca, baca, waspada, otp sdh ada tulisan jgn kasih ke siapapun malah dikasih

  • 17 Mei 2021 - (12:28 WIB)
    Permalink

    padah udah jelas tulisan dr shopee otp
    jangan berikan kode kepada siapapun termasuk shopee
    kayaknya paling banyak kasus kaya gini

    3
    1
  • 17 Mei 2021 - (17:29 WIB)
    Permalink

    “Yang saya ingin tegaskan kepada pihak Shopee mohon pertanggungjawabannya agar bisa dikembalikan dana saya sejumlah Rp596 ribu, dikarenakan penipuan ini dilakukan mengatasnamakan Shopee. “

    Kalau ada yg nipu saya atas nama Anda, berarti Anda hang harus tanggung jawab dan kembalikan dana saya yah? Karena kan pakai nama Anda.

    Media Konsumen, yang kayak gini ga usah di publish lah.

    • 18 Mei 2021 - (06:05 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yang sama dengan mbnya… saya harap pihak shopee menerapkan pengamanan berlapis untuk masuk account shopee tidak hanya berdasarkan OTP saja.. contoh seperti mobile banking BNI yang menerapkan pengamanan berlapis, hanya bisa diakses melalui hp yang terdaftar jika ada yang buka di hp baru dengan nomer yang berbeda otomatis sistem akan terblokir.. jangan hanya menyalahkan penguna saja tp bagaimana kedepannya shopee bisa melindungi pelanggan dengan baik.

      10

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Penipuan dengan Modus Hadiah Voucher Belanja Shopee

oleh Lis Sp dibaca dalam: 1 min
40