Akun Shopee Saya Dibobol Melalui Kode OTP

Pada tanggal 17 Mei 2021, sekitar pukul 16.00, saya ditelepon melalui WhatsApp dengan nomor +1 (270) 525-8979 yang mengaku dari pihak Shopee, yang mengabarkan kalau saya mendapatkan cashback Rp3.000.000. Untuk mendapatkan cashback tersebut, saya disuruh menyebutkan SMS OTP kepada pihak Shopee dan disuruh transfer ke ShopePay saya sebesar Rp200.000, buat pancingan agar saldo cashback bisa masuk ke ShopeePay saya.

Kemudian saya ditanya, apakah dananya sudah masuk atau belum? Saya jawab belum, padahal saya sudah isi saldo ShopePay Rp200.000 melalui mobile banking. Karena belum masuk, saya disuruh transfer lagi Rp200.000 ke ShopePay. Tapi pas transfer ke virtual account melalui mobile banking, di nominal transfer depannya dikasih kode 01200000, kalau diklik jadi Rp1.200.000.

Saya bilang “Kok jadi 1.200.000 mas?”. Dia jawab “Ndak apa-apa bu, itu nanti uangnya bisa kembali kan transaksi di account ibu sendiri, jadi enggak bakal hilang,”.

Saya mulai curiga ketika saya cek account Shopee saya, tiba-tiba ShopePay yang barusan saya isi Rp1.400.000 uangnya hilang dengan keterangan pembayaran melalui Bank Nobu. Pada saat itu saya sadar kalau saya ditipu dan account saya diakses melalui HP lain.

Tindakan saya pada saat itu saya langsung menghubungi pihak Shopee melalui live chat dan telepon call center 1500702 minta transaksi saya dibatalkan dan dana saya dikembalikan. Dari pihak Shopee saya disuruh tunggu 3×24 jam dan menunggu tindakan dari divisi terkait.

Yang saya sesalkan dari kejadian ini kenapa log in account sebesar Shopee tidak didukung keamanan berlipat, hanya mengandalkan SMS OTP bisa langsung masuk account? Kalau seperti ini jelas saja pembobolan account sangat mudah terjadi. Saya hanya berharap uang saya bisa dikembalikan karena uang tersebut bagi saya sangat banyak, kerugian saya sekitar Rp1.400.000.

Saya sudah komplain ke pihak Shopee dan saya disuruh menunggu dihubungi dan untuk sementara account Shopee saya sudah diblokir selama 3 hari ke depan. Saya sangat berharap itikad baik dari pihak Shopee dalam menyelesaikan komplain saya.

Faalia Rahmawati
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kejadian ini sama seperti apa yang saya alami . .tapi kerugian saya lebih besar kalau di total hampir 10jt lebih . Karena pelaku telah berhasil membobol akun shopee saya sebelumnya .tolong shopee sebagai salah satu e-comers terbesar di indonesia di tingkatkan keamanan akun para pengguna shopee agar hal ini tidak terus terulang dan merugikan para konsumen.

    • Kalo misalkan pengguna shopee 10 akun, dan yg kena tipu cuma 1 akun, bukan berarti shopee ga aman. Mungkin pengguna akunnya saja yg kurang pandai.
      Coba riset dan share, diantara sekian pengguna shopee, berapa persen sih yg kena tipu.

      • Semuanya tergiur hadiah,voucher dll,,sembarangan kasih OTP,,,,jelas buyer harus cerdas

        • Malas baca curhat gini trus di media konsumen hanya memamerkan kebodohan korban sendiri. OTP itu ibarat kunci gembok kalau itu kunci sudah dikasih pada orang lain lalu di salahkan ecommerce nya bilang keamanan kurang berlapis. Ibarat orang sewa safety box di sebuah bank suatu hari di kasih kunci safety box nya sama orang lain lalu di kuras isi yang disalahkan pihak bank katanya keamanannya tidak berlapis.

          • Salah sendiri OTP dikasihkan..
            kan sudah sering diiklankan atau diberitahukan kalo jangan sekali kali memberikan kode OTP ke orang lain ..

  • mau dapat hadiah pakai pancingan segala.. logika dari mana ..

    semoga beres dah

  • selalu berulang penipuan kaya gini pasti yg disalahkan shopeenya
    padahal diri sendiri ga mau introspeksi kenapa kode penting otp malah dikasi ke penipu padahal disms nya jelas dengan huruf besar semua
    JANGAN BERIKAN KODE INI KEPADA SIAPAPUN TERMASUK YG MENGAKU DARI SHOPEE

    tapi karena tergiur uang jadi gelap mata dan kehilangan logika dalam berpikir mana ada si orang dapet hadiah pake pancingan dulu 😅😅😅😅😅

    ya udah anggap aja biaya belajar dalam memaknai hidup pihak shopeee juga mudah mudahan aja ga ketawa geli melihat surat anda ini

    • Turut prihatin ya mbak. Mbak kemana aja selama ini, sudah banyak kejadian seperti ini, tergiur iming-iming hadiah bla..bla..bla, mbak gak pernah baca media konsumen sepertinya ya, setelah kejadian sama mbak sendiri baru datang kesini.

      Setelah terjadi lalu menyalahkan sistem keamanan shopee yang kata mbak tidak berlapis-lapis. Sudah jelas kode OTP itu sifatnya rahasia dan ditulis peringatan untuk tidak memberikan ke siapapun. Tapi karna mbak tergiur ya sudah main kasih aja deh
      Seandainya OTP nya berlapis minta dua, tiga atau 10 kali, saya rasa mbak ini juga akan kasih juga itu. Karena itu tadi sudah tergiur dan gak ada mikir dari awal ah jangan-jangan ini penipuan.

      Semoga ada jalan keluar ya mbak, mari jadikan ini pelajaran untuk tidak gampang TERGIUR

    • Terimakasih atas saran dan pesannya... saya tahu saya salah... saya bicara disini ingin memberitahukan pengalaman saya
      agar orang lain tidak seperti saya... saya berharap dan bicara sebagai pelanggan agar diberikan rasa aman. Saya tidak pernah tahu kalau account shopee bisa dibuka secara bersamaan dengan 2 hp yang berbeda dan nomer yang berbeda dan uang saya bisa hilang dengan tiba2.. Waktu kejadian tersebut saya sedang tidak siap menerima telp karena sedang bekerja... dan secara tidak sengaja memberikan informasi tersebut.. dan begonya saya saya percaya dengan pelaku dia bilang kepada saya account shopee ibu kan ibu sedang pake sekarang.. jd tidak mungkin kl bisa dipake pelaku..

      • Yg sabar ya mbak , Ya allah andaikan aku keburu baca ini mungkin aku tadi pagi gak sampe ketipu kayak mbak juga , ceritanya pagi hari saya lagi sibuk ngasih baby saya makan terus ada tu no yg ngaku dari Shopee , no nya persis cuma beda di belakang aja sama punya mbak , di bilang saya mendapatkan shopepay 5jt , saya sebenarnya gak percaya karna udah sering liat penipuan kayak begitu . Yg buat saya yakin dia kirim kode sms nya melalu no Shopee yg biasa ingatkan saya buat bayar Spaylater saya , maka nya saya percaya aja , kerugian saya 1jt lebih , mana uang nya sampe minjam punya adik ipar karna gak megang uang 500rb untuk di Top Up ke Shopepay supaya hadiah 5jt nya bisa cair😭😭

        • Mb tulis aja di MK biar didenger pihak shopee siapa tau nanti dibantu mencari solusi

  • Wkwkwk mau ketawa takut dosa. lagi dan lagi, shopee udah baik ko dari segi keamanan gimana kita nya aja sebagai user. OTP itu keamanan terakhir kaya kunci. kalo dikasih orang bisa leluasa masuk deh😀😀. Semoga cepet kelar ya dan jangan minta balikin dana, kan salah sendiri🙏😀

    • Yg salah itu bukan shopee. Pengamanan OTP itu ud yg terbaik. Perlu ditambah apalagi, apa hrs telpon ke mbak dl gt tiap ada transaksi.
      Intiny adalah, ga ada yg gratis di dunia ini tiba2 dpt duit. Logika lah

  • Kode OTP dipake buat login ke akun Shopee, tapi buat transaksi ShopeePay kan harus pake PIN. Apakah PIN ShopeePay nya dikasih tau jg ke si penipu? 🤔

    • Kalau otp sudah di berikan, otomatis penipu bisa log akun buat ganti dan edit password. Jadi penipu bisa akses semua yg ada di akun shopee.

      • Sama persis seperti yg saya alami, kerugian yg saya derita waktu itu Rp. 2.000.000,00

    • Tidak saya kasih.. karena saya sudah sadar saya ditipu jeda waktu hanya 5 menit ketika saya mau menarik uang saya kembali sudah terlambat akhirnya saya melakukan chat live kepada pihak shopee untuk memblokir account saya.

  • Hmm..

    Menurut saya dengan adanya fitur sms OTP harusnya sudah aman 100% apabila tidak ada kesalahan pada system yang menimbulkan suatu kejebolan tanpa melalui proses sms OTP itu sendiri

    otp sms dikirim kepada pemilik akun untuk sebuah konfirmasi ataupun adanya suatu aktifitas yang mencurigakan. karna apabila akun kena hack orang itu tidak memiliki akses penuh tanpa verifikasi kode otp itu

    Saran saya jangan pernah memberikan kode OTP kepada siapapun. Karna sudah pasti 100% itu penipuan apabila ibu sendiri tidak melakukan permintaan kode tersebut

    Mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang tepat 🙏

    Terimakasih

  • Untuk meminimalisir pembobolan akun, harusnya login pakai email, lalu tautkan nomor telpon tapi khusus untuk akun shopee nya pake email login nya........

    Mungkin itu bisa mengirangi kali yah?!?

    Untuk kasus diatas, itu mueni kesalahan anda sendiri, masa kode OTP dikasih ke orang lain, itu artinya anda memberikan akses masuk akun shopee anda ke orang lain dong?!?

    Sama hal nya dengan akun gojek driver, hanya yang punya akun dan nomor hape yamg sesuai dengan nomor akun gojek driver yang bisa masuk, kalo OTP nya dikasih ke orang lain yah orang lain itu bisa juga masuk ke akun gojek saya, lebih ngeri lagi itu..........

  • Maaf neng cantik, kalo penghuni MK mesti barbar dengan penguna sopi yang mengeluh sopi dibobol dengan OTP.

    "Yang saya sesalkan dari kejadian ini kenapa log in account sebesar Shopee tidak didukung keamanan berlipat, hanya mengandalkan SMS OTP bisa langsung masuk account?"

    MAau dilkasih berlipat, kalo penguna kasih ke penipu sama aja, itu OTP dah ada rambu2nya juga: jangan diberikan kepada siapa saja termasuk pihak sopi.

    Coba2, pengaman berlipat bagaimana lagi.

    Neng, yang harus upgrade diri, banyak baca, jangan banyak selfi dan sopi.

    Sering2 mampir sini biar tambah pintar dan waspada.

    Ditunggu aja, nti dapat voucher buat penghibur.

    • Banyak2 baca Mk jangan banyak selpih dan sopih...bahahaha... benerjuga...

    • Sya belanja ditempat lain selain otp saya juga harus masukan pasword transaksi/pin account saya... sedangkan saya tidak memberikan info tersebut transaksi bisa dilakukan. Wajar donk saya berharap diberikan rasa aman.

    • ngakak bacanya. 🤣🤣🤣 udah apal ye ama kelakuan shopee buat nyenengin korban.

  • Yg sabar ya kalau di bully sama penghuni MK, tapi bntar lagi biasa nya di tawarin voucer koq ama shopi.