Surat Pembaca

Akun Shopee Saya Dibobol Melalui Kode OTP

Pada tanggal 17 Mei 2021, sekitar pukul 16.00, saya ditelepon melalui WhatsApp dengan nomor +1 (270) 525-8979 yang mengaku dari pihak Shopee, yang mengabarkan kalau saya mendapatkan cashback Rp3.000.000. Untuk mendapatkan cashback tersebut, saya disuruh menyebutkan SMS OTP kepada pihak Shopee dan disuruh transfer ke ShopePay saya sebesar Rp200.000, buat pancingan agar saldo cashback bisa masuk ke ShopeePay saya.

Kemudian saya ditanya, apakah dananya sudah masuk atau belum? Saya jawab belum, padahal saya sudah isi saldo ShopePay Rp200.000 melalui mobile banking. Karena belum masuk, saya disuruh transfer lagi Rp200.000 ke ShopePay. Tapi pas transfer ke virtual account melalui mobile banking, di nominal transfer depannya dikasih kode 01200000, kalau diklik jadi Rp1.200.000.

Saya bilang “Kok jadi 1.200.000 mas?”. Dia jawab “Ndak apa-apa bu, itu nanti uangnya bisa kembali kan transaksi di account ibu sendiri, jadi enggak bakal hilang,”.

Saya mulai curiga ketika saya cek account Shopee saya, tiba-tiba ShopePay yang barusan saya isi Rp1.400.000 uangnya hilang dengan keterangan pembayaran melalui Bank Nobu. Pada saat itu saya sadar kalau saya ditipu dan account saya diakses melalui HP lain.

Tindakan saya pada saat itu saya langsung menghubungi pihak Shopee melalui live chat dan telepon call center 1500702 minta transaksi saya dibatalkan dan dana saya dikembalikan. Dari pihak Shopee saya disuruh tunggu 3×24 jam dan menunggu tindakan dari divisi terkait.

Yang saya sesalkan dari kejadian ini kenapa log in account sebesar Shopee tidak didukung keamanan berlipat, hanya mengandalkan SMS OTP bisa langsung masuk account? Kalau seperti ini jelas saja pembobolan account sangat mudah terjadi. Saya hanya berharap uang saya bisa dikembalikan karena uang tersebut bagi saya sangat banyak, kerugian saya sekitar Rp1.400.000.

Saya sudah komplain ke pihak Shopee dan saya disuruh menunggu dihubungi dan untuk sementara account Shopee saya sudah diblokir selama 3 hari ke depan. Saya sangat berharap itikad baik dari pihak Shopee dalam menyelesaikan komplain saya.

Faalia Rahmawati
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • sy bingung cm diiming2in hadiah duit 200rb aja pd kasi kode otp jd akunnya terbobol. lah sy dpt sms yg katanya dpt hadiah 50jt ngaku2 dr shopee aja kaga pernah sy klik tuh... wkkkkkkkk

    • Dan terjadi lagi dan lagi,
      Pada gampang banget seh di begoin dapet hadiah ?, pantes aja kang tipu makin banyak

    • ada kali ratusan sms model begitu kalo diakumulasi 6 tahunan, tidak ditanggapi dan langsung diblokir ?

  • Sering aku juga dpt tlp tipu2 ngaku dari shopee, pernah tuh aku pura2 bego dan si penipu marah bilang aku anjing,ya aku teriak anjing juga haahaa..

  • Tak selamanya pengguna smartphone itu adalah orang yang smart.. atau baru kenal sama dunia online.. ya udah, semoga masalahnya cepat beres

  • Saya prnh juga di tlp via wa sm penipu mengatasnamakan shoppie,pake profil wajah laki2 dgn berpakaian rapi dibelakang nya ada lambang shoppie. Tp karna gw ga ngerasa trlalu banyak belanja di Shopie dan ga prnh pake shoppie pay gw biasa aja nanggepin penipu itu,malah gw kerjain dgn alasan saya org kampung ga pake Shopie,saya hanya tau bajak sawah..hehe.. eh penipunya Malah marah2 ga jelas... Dipikirnya gw senang dapat hadiah dr shoppie pay sebesar 2 juta..?

  • +1 itu nomer yg dh gk jelas dan setau aq kode otp itu hanya kita yg tau apalagi dri pihak shopee pun gk boleh tau,krn pengalaman pribadi sya jg hampir kena tipu dia mnta kode otp tapi saya acuhin.

  • Keamanan berlipat2 sebanyak apa pun ga akan mempan kalo penggunanya mudah tergiur hadiah cashback dan penipu itu bilang semua informasi yg dia minta itu pancingan.
    Misalnya si pelaku pertama kali bilang kode OTP itu sebagai kode pancingan, pasti si korban percaya trus dikasi. Trus si pelaku minta PIN penarikan buat pancingan juga, pasti dikasi. Trus si pelaku minta nomor kartu debit buat pancingan, pasti dikasi juga. Begitu seterusnya sampai semua nomor rahasia kebobolan tanpa disadari korban

    • Giliran udah kebobolan semua, yg disalahin & dimintai tanggung jawab siapa? Pasti SHOPEE. Jarang ada korban yg mau introspeksi diri.
      Padahal kalo jadi aku sih, nomor telepon bukan shopee tapi ngakunya shopee (depannya angka +1), langsung aku reject

  • Lagi2 seperti ini. Bu, kalau kode OTP sdh anda berikan artinya akun anda sudah anda serahkan, tentu saja bisa rubah dan digunakan oleh Kang Tipu....?‍♂️?‍♂️?‍♂️

  • Semoga saran dan masukkan dari teman lain dikomentar ini juga dibaca sama mbaknya yah buat dijadikan pengalaman.✌